Tentang Blog Ini

garengpetrukbagong1.jpg

Assalamu’alaikum wrwb.

Ini blog sebagai catatan harian kami, sebagai seorang yg muslim. Segala berita yang menarik perhatian kami, artikel, dalam segala bidang, agama/umum, sosial politik, kesehatan, engineering, dll, insya Allah kami blog-kan di sini.

Perhatian yang besar dalam hal islam, saat ini fokus ke sini. Mohon maaf jika tidak berkenan. Ini hanyalah sebuah catatan berdasarkan fakta..insya Allah.

Mereka nge-link ke sini

Ketika tahu bahwa blog ini di-link secara permanen oleh situs/blog lain, maka kami tentu sangat bergembira. Ada yang menganggap sebagai sahabat, sebagai rujukan, atau sekedar teman blog. Kami sangat berterima kasih, dan sebagai balasan mereka pun akan di-link ke sini. Sebagai tanda persahabatan maya.

Namun akhir-akhir ini ada beberapa link blog/website yang sudah kadaluwarsa, sudah almarhum. Maka dengan terpaksa akan kami lepas pula link ke sana. Agar tidak mengecewakan pembaca ketika ng-click link tersebut.

Demikian juga, ada beberapa blog yang setelah dulu membina hubungan link, kini tak mencantumkan lagi link ke sini. Entah alasannya. Kami berkomitmen untuk tidak lebih dulu menghapus link. Namun mohon maaf, karena judulnya adalah … Mereka nge-link ke sini .. maka setelah kami tahu sebuah situs/blog tidak lagi me-link ke sini , maka tanda link itu pun kami hapus juga.

Tentang komentar

Ini adalah blog, bukan milist atau forum. Sebagai pemilik blog, kami adalah tuan rumah. Sedangkan komentar-komentar saya anggap sebagai tamu.

Kami punya opini dengan tulisan-tulisan di blog ini. Namun pendapat berbeda tetap dipersilahkan. Tetapi adalah wajar jika pendapat yang berseberangan akan kami sanggah sesuai keyakinan kami. Diskusi yang baik yang diharapkan.

Mohon maaf .. sebagai tamu, maka etika kesopanan pengunjung sangat diharapkan. Penggunaan tata bahasa yang baik sangat kami hargai agar mudah dipahami.

Sebisa mungkin kami tidak men-delete komentar yang masuk. Namun komentar yang tak sopan, memakai HURUF BESAR, berupa caci maki, mengandung kata-kata kebun binatang, di luar konteks, komentar yang membingungkan, akan saya hapus. Komentar yang terlalu panjang dan/atau hanya copy-paste saja akan kami cut (sebagian). Lebih baik jika dirujuk saja.

Semoga bisa diambil manfaatnya.

amien

61 thoughts on “Tentang Blog Ini

  1. gus, identitasnya yg jelas juga dong … masak tidak berani terbuka. basis di surabaya? begitu juga dengan identitas kyai2 yg dirujuk, misal Kyai Miftah, ini Kyai Miftah yg mana? Syuriyah PWNU Jatim kah?

    –> Salam kenal.. Eehh ehh.. anda mengomentari yang mana siichh..:-\

  2. Assalamualaikum Wr Wb
    Salam kenal. Maaf sebelumnya klo saya baru perkenalan disini, padahal sudah “nyelonong” kasih komentar di dialog2. Saya ingin tanya, keterangan identitas pemilik blog ini dimana ya? Saya ingin menjalin silaturahmi.
    Wassalamualaikum Wr Wb

    –> Wa’alaikum salam wrwb. Salam kenal juga mas sigis, senang anda sudi berkunjung ke sini. Jika ingin bersilaturahmi.. mohon lewat blog ini saja. Kami ada keterbatasan waktu untuk surat-suratan via email saat ini. MOhon maaf sebelumnya.

  3. assalamu `alaikum wr. wb.
    mas q sangat seneng sekali baca blog ini khususnya masalah islam..sampeyan nulis dgn santun, argumen kuat, dan tidak mudah terpancing emosi..bener2 saya sangat respek dgn blog ini..q bisa mencerna dalil2 dan argumen sampeyan tentang amalan keseharian yg juga saya praktekan seperti dzikir jamaah, sholawatan, dll yg dianggep bid`ah sama “golongan yg sok salafy”….
    semoga anda selalu dirohmati Allah…amien..

    –> Wa’alaikum salam wrwb. Terima kasih mas.. amien atas doanya. Semoga ridlo Allah selalu menyertai kita.. Amien.

  4. Ini baru namanya santri melek teknologi! (sambil ngacungin tiga jempol)
    Sekarang banyak sekali faham yang menyerang santri lewat blog dan internet. Ayo santri, jangan hanya pandai Bahtsul Masa`il di kandang sendiri, tetapi harus juga menebar pesona dakwah ke penjuru dunia.

    –> Salam kenal mas yasir..

  5. Assalamualaikum
    syukur nih ane dapet banyak informasi dari blog nyang bagus nih . santri ame kiyai emang harus melek tehnologi supaya ahlussunah waljamaah atau salafi yang bener-bener salafi, jangan diaku ama orang-orang aneh yang sukanya nyesatin orang. Wallahu a’lam.

    –> wa’alaikum salam wrwb… salam kenal mas abdul

  6. aslmkm..
    salam kenal.. :)
    blog yg bagus.. :D

    –> Wa’alaikum salam wrwb. Salam kenal juga mas .. doakan selalu. amien.

  7. Assalamu’alaykum..
    Salam kenal.. Saya baru baca beberapa postingan di blog ini. Sejauh ini alhamdulillah bagus, cukup objektif, dan jadi nambah referensi baru.
    Semoga menjadi manfaat ^_^
    Wassalamu’alaykum..


    –> Wangalaikum salam wrwb. Salam kenal juga. Thanks kunjungannya .. Amien doanya. Btw saya ga bisa komentar balik. Multiply harus login.

  8. assalamu’alaikum, wr. wb
    Salam kenal, salut.. salut! smoga diberkahi Allah.
    Maaf saya telat mengetahui blog ini.
    Wallahul muwaffiq ila aqwamit thariq,
    wassalaum’alaikum, wr. wb
    (http://mif-agency.blogspot.com)

    –> Wa’alaikum salam wrwb. Salam kenal juga. Mohon doa-nya. Amien.

    Barusan ku lihat blog sampeyan. Sekedar usul… bocorkan serba sedikit isi-isi buku yg anda promosikan/ tampilkan. Insya Allah menjadi penambah darah segar hujah-hujah ahlu sunnah waljamaah dalam beramal. Amien.

  9. Alhamdulillah,saya akhirnya menemukan blog yang saya cari,maklum diantara mungkin ribuan blog yang ada (maaf semuanya belum atau mungkin tidak tertelusuri),blog ini memberikan pencerahan yang baik dan santun ,mohon izin untuk mengcoppy arsipnya untuk resensi dan sarana mencari ilmu.oh ya saya ingin tanya mengenai organisasi “perti” apa dan bagaimana organisasi tersebut apakah sama dengan NU? apakah masih ada? terima kasih atas informasinya.

    –> Salam kenal .. mas budi. alhamdulillah jika blog ini masuk kriteria yang anda cari. Silakan dicopy, hanya mohon link-nya jangan lupa. Bukan untuk riya’, tapi inilah etika. Ada yg bertanggung jawab thd isi tulisan. Dan tidak menjadi selebaran gelap. Hadits pun ditulis dgn mengutip sumber (sanad) nya.

    Mengenai PERTI (Persatuan Tarbiyah Islamiyah Indonesia), memang demikianlah. Organisasi ini sangat mirip dengan NU, ber-aqidah ahlus sunnah wal jamaah, dan bermadzab Syafi’i. Jika NU berasal dari Jawa Timur (Jombang), PERTI berasal dari ranah Minang (Sumatera Barat), didirikan oleh anak (cucu) murid Syeikh Ahmad Khatib Minangkabawi, mufti syafi’i di Makkah al mukaramah pada abad silam. Jika anda tahu KH. Siradjudin Abbas (pengarang buku 40 Masalah Agama), nahh PERTI ini salah satu pendirinya adalah ayah beliau (Syeikh Abbas Qadhi, dll).

    Setahu saya PERTI masih ada sampai sekarang .. hanya pengaruhnya tak begitu besar. Ada juga beberapa pesantren yg dikelola di sana, namun tak begitu berkembang.

    Semoga manfaat.

  10. salam kenal pak moderator.
    saya tertarik dengan blog anda.
    ada wawasan keislaman, wawasan teknologi dan sosial politik juga ya?
    judul-judul yang disajikan juga menarik (minimal untuk saya). bagus sekali.
    jangan bosan ya pak. bersemangat !!!


    –> Salam kenal juga. Senang anda sudi berkunjung ke sini. Doakan selalu. Amien.

  11. Blog ini menurut saya sangat bagus, untuk pencerahan umat Islam baik yang segolongan atau tidak, semadzhab atau tidak.Sehingga pemahaman yang hanya tahu dan kaku di wilayah sendiri (kandang sendiri ) bisa menjadi luwes, toleran dan bijaksana dalam memutuskan atau berpendapat.
    Semoga blog ini dapat berlangsung terus dan bermanfaat serta diberkati Allah. Amiin. Allahumma yubaarik fik.

    –> Amien amien amien.. terima kasih doa dan dukungannya. Doakan selalu. Ulasan anda di berbagai artikel kami pun sangat mencerahkan. Salam kenal mas..

  12. Assalamu’alaikum..
    saya kira website dbwh ini layak dlink dblog ini
    http://www.pejuangislam.com
    skedar saran smoga Anda pemilik blog ini mengcopy smua yg ad pd blog ini,sblm kjadian pemblokiran sepihak terjadi..
    jazakallah ahsanu jaza’

    –> Wa’alaikum salam wrwb. Thanks kunjungan dan sarannya. Salam kenal.

  13. Assalamu’alaikum wr.wb
    Sebelumnya salam kenal ya..semoga menjadikan amal yg di terima Allah SWT buat yg punya blog ini dan juga yg sudi/berkenan membcanya,benar2 blog yg pantas di beri pujian,blog yg santun,semoga bisa menularkan teladan yg mudah ditiru oleh para bloger2 yg ada saja yg dengan maksud menaikan ratting dan mengundang traffik shg banyak yg menempatkan media2,sarana yg berbau pornografi,asusila dll sbg bumbu blognya.Terima kasih
    Wassalam

  14. ass.wr.wb
    tulisan yang bagus, mohon dilengkapi referensi kitab dan halnya.krn jadi acuan utk bisa disebarkan.
    was.

    –> www. terima kasih. Mohon doa.

  15. السلا م عليكم ورحمة الله وبر كا ته
    Mohon ijin untuk Ikut gabung mas di blog ini mas.

    wasalam

    –> Wa’alaikum salam wrwb. silakan ..

  16. terimakasih atas informasi di blog ini ,semoga menjadi ganjaran pahala dari Allah,Minta izin sama pemilik blog ini untuk mengcopy semua isi di blog ini,untuk saya simpan baik itu di fb ,dll.

    –> sama-sama mas.. amien atas doanya. silakan di-copy. Jangan lupa cantumkan sumber kami. ma kasih.

  17. assalamu’alaikum,
    salam kenal, ane suka baca blog ne dan singgah disini,
    ijin bergabung dan menduplikat isi blog ini,buat teman ane biar tau banyak maslah islam, dan tetap ane cantum kan sumber pengambilan nya,,,mohon ijin ya,,,,

    –> wangalaikum salam wrwb. salam kenal juga. Silakan dicopy. Semoga sukses selalu. amien.

  18. Blog spt ini bagus untuk menyeimbangkan keringnya pemikiran di luar sana… Seluruh makhluk Allah yang di langit maupun di bumi berdoa untuk orang2 yg menyebarkan kebaikan…
    Ikhlaskan niat, beningkan hati, tetaplah santun dan teruslah menyebarkan kebaikan, saudaraku…
    Saya ikut berdoa untuk kebaikan antum…

    –> Amien. Terima kasih, semoga kebaikan dan kebahagiaan juga selalu menyertai anda… amien.

  19. Kalau ngambil haditsnya boleh ga, tidak mencantumkan sumber.agak susah juga kalau ngambil satu hadits nyantumin situs ini ,kalau Tulisan(topik) insyaAllah saya cantumin sumbernya

    –> silakan..

  20. heh,,bwt yg punya blog ini jgn sotoy nt ya..!!
    itu hadist yg nt pajang dia atas sana matannya dr mna??!!
    redaksi kitab shohih bkhori muslim dr sampul mpe smpul g da yg kya gt..!!
    “….dan aku tdk mrisaukan kmusyrikan…”,,ni dr mana??!!
    skali lg jgn sotoy,,!
    “….perkara baru yg baik…”ni apa lg??>……yg ada jg amalan yg baik g pke BARU!!!!!!
    mksd nt pngen jdiin dalil bwt bid’ah hasanah…??!
    asal mata nt ngebuka aja,,,para ulama dr zman bheula mpe skrng smua dah ngejelasin klo bid’ah tu smuanya dholaalah!!!g da yg hasnah!!
    mkanyya baca kitab2 yg brbbot,,
    yaah mga mga aja gue ga slh orng nulis ni cment…

    –> hadits 1 ada di sini. Hadits 2 ada di buku riyadus shalihin (ada terjemahnya). Jika di referensi anda tak ada .. jangan-jangan telah diedit para wahhabiyun. Hadits 2 ada di link ini juga. Saya kutibkan di sini, untuk menjawab klaim anda bahwa “para ulama dr zman bheula mpe skrng smua dah ngejelasin klo bid’ah tu smuanya dholaalah!!!g da yg hasnah!!”

    .

    Pendapat para Imam dan Muhadditsin mengenai Bid’ah

    1. Al Hafidh Al Muhaddits Al Imam Muhammad bin Idris Assyafii rahimahullah (Imam Syafii)
    Berkata Imam Syafii bahwa bid’ah terbagi dua, yaitu bid’ah mahmudah (terpuji) dan bid’ah madzmumah (tercela), maka yg sejalan dg sunnah maka ia terpuji, dan yg tidak selaras dengan sunnah adalah tercela, beliau berdalil dg ucapan Umar bin Khattab ra mengenai shalat tarawih : “inilah sebaik baik bid’ah”. (Tafsir Imam Qurtubiy juz 2 hal 86-87)

    2. Al Imam Al Hafidh Muhammad bin Ahmad Al Qurtubiy rahimahullah
    “Menanggapi ucapan ini (ucapan Imam Syafii), maka kukatakan (Imam Qurtubi berkata) bahwa makna hadits Nabi saw yg berbunyi : “seburuk buruk permasalahan adalah hal yg baru, dan semua Bid’ah adalah dhalalah” (wa syarrul umuuri muhdatsaatuha wa kullu bid’atin dhalaalah), yg dimaksud adalah hal hal yg tidak sejalan dg Alqur’an dan Sunnah Rasul saw, atau perbuatan Sahabat radhiyallahu ‘anhum, sungguh telah diperjelas mengenai hal ini oleh hadits lainnya : “Barangsiapa membuat buat hal baru yg baik dalam islam, maka baginya pahalanya dan pahala orang yg mengikutinya dan tak berkurang sedikitpun dari pahalanya, dan barangsiapa membuat buat hal baru yg buruk dalam islam, maka baginya dosanya dan dosa orang yg mengikutinya” (Shahih Muslim hadits no.1017) dan hadits ini merupakan inti penjelasan mengenai bid’ah yg baik dan bid’ah yg sesat”. (Tafsir Imam Qurtubiy juz 2 hal 87)

    3. Al Muhaddits Al Hafidh Al Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf Annawawiy rahimahullah (Imam Nawawi)
    “Penjelasan mengenai hadits : “Barangsiapa membuat buat hal baru yg baik dalam islam, maka baginya pahalanya dan pahala orang yg mengikutinya dan tak berkurang sedikitpun dari pahalanya, dan barangsiapa membuat buat hal baru yg dosanya”, hadits ini merupakan anjuran untuk membuat kebiasaan kebiasaan yg baik, dan ancaman untuk membuat kebiasaan yg buruk, dan pada hadits ini terdapat pengecualian dari sabda beliau saw : “semua yg baru adalah Bid’ah, dan semua yg Bid’ah adalah sesat”, sungguh yg dimaksudkan adalah hal baru yg buruk dan Bid’ah yg tercela”. (Syarh Annawawi ‘ala Shahih Muslim juz 7 hal 104-105)

    Dan berkata pula Imam Nawawi bahwa Ulama membagi bid’ah menjadi 5, yaitu Bid’ah yg wajib, Bid’ah yg mandub, bid’ah yg mubah, bid’ah yg makruh dan bid’ah yg haram.
    Bid’ah yg wajib contohnya adalah mencantumkan dalil dalil pada ucapan ucapan yg menentang kemungkaran, contoh bid’ah yg mandub (mendapat pahala bila dilakukan dan tak mendapat dosa bila ditinggalkan) adalah membuat buku buku ilmu syariah, membangun majelis taklim dan pesantren, dan Bid;ah yg Mubah adalah bermacam macam dari jenis makanan, dan Bid’ah makruh dan haram sudah jelas diketahui, demikianlah makna pengecualian dan kekhususan dari makna yg umum, sebagaimana ucapan Umar ra atas jamaah tarawih bahwa inilah sebaik2 bid’ah”. (Syarh Imam Nawawi ala shahih Muslim Juz 6 hal 154-155)

    Al Hafidh AL Muhaddits Al Imam Jalaluddin Abdurrahman Assuyuthiy rahimahullah
    Mengenai hadits “Bid’ah Dhalalah” ini bermakna “Aammun makhsush”, (sesuatu yg umum yg ada pengecualiannya), seperti firman Allah : “… yg Menghancurkan segala sesuatu” (QS Al Ahqaf 25) dan kenyataannya tidak segalanya hancur, (*atau pula ayat : “Sungguh telah kupastikan ketentuanku untuk memenuhi jahannam dengan jin dan manusia keseluruhannya” QS Assajdah-13), dan pada kenyataannya bukan semua manusia masuk neraka, tapi ayat itu bukan bermakna keseluruhan tapi bermakna seluruh musyrikin dan orang dhalim.pen) atau hadits : “aku dan hari kiamat bagaikan kedua jari ini” (dan kenyataannya kiamat masih ribuan tahun setelah wafatnya Rasul saw) (Syarh Assuyuthiy Juz 3 hal 189).

    Maka bila muncul pemahaman di akhir zaman yg bertentangan dengan pemahaman para Muhaddits maka mestilah kita berhati hati darimanakah ilmu mereka?, berdasarkan apa pemahaman mereka?, atau seorang yg disebut imam padahal ia tak mencapai derajat hafidh atau muhaddits?, atau hanya ucapan orang yg tak punya sanad, hanya menukil menukil hadits dan mentakwilkan semaunya tanpa memperdulikan fatwa fatwa para Imam?

    Walillahittaufiq

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wallahu a’lam

    • Benar Saudaraku… yang punya blog ini ga bermutu…
      GA JELAS SUMBERNYA…. ISINYA MAKIAN AKAN KEBENARAN….
      TAPI HAL BID’AH DIBELA-BELA HABIS…
      TOBATLAH ENTE YANG PUNYA BLOG INI!

  21. “Barang siapa merintis (memulai) dalam agama Islam perkara baru yang baik maka baginya pahala dari perbuatan tersebut juga pahala dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya tanpa berkurang sedikitpun pahala mereka, dan barang siapa merintis dalam Islam perkara baru yang buruk maka baginya dosa dari perbuatan tersebut juga dosa dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya tanpa berkurang dosa-dosa mereka sedikitpun” (H.R. Muslim)

    MOHON HADIST TERSEBUT DISEBUTKAN MATANNYA…..
    JANGAN ASAL CANTUM UCAPAN TERSEBUT DARI RASULULLAH…. MEMFITNAH NABI NAMANYA!

    –> MEMFITNAH NABI?? maaf .. tak paham maksud anda.

  22. assalamu’alaykum…
    salam kenal,,,

    subhanalloh blog’nya bagus,
    bisa menambah ilmu agama bagi pembacanya…
    mudah-mudahan selalu diberi istiqomah ya,
    walaupun ada beda2 pendapat tapi ukhuwah harus dijaga..

    alhamdulillah blog ini memberi pencerahan kepada saya bagaimana menjalankan agama ini,
    intinya saya jadi lebih berhati-hati dalam beramal, karena dangkalnya ilmu yang saya miliki…

    dari pada takut terjerumus dalam bid’ah..entah hasanah atau dlolalah, maka berhati-hati itu lebih baik buat saya..
    bagi saya meninggalkan hal2 tersebut lebih baik dari pada menjalankan amalan yang masih diperdebatkan..
    maklum ilmu belum cukup untuk menghukumi,,,hihi
    makasih…

    wassalamu’alaykum,

  23. Assalamualaikum, Salam Kenal, saya mestinya memanggil apa nih kepada pemilik/admin blog ini, FYI umur saya 34 thn, tinggal di Pontianak,
    Saya Sangat Senang dgn hadir ke Blog ini, menambah ilmu, wawasan, dan dapat melihat komentar beragam dari semua.
    Syiar Islam harus terus di tegakkan, jangan surut kepada mereka yg mengaku Kaum Salaf yg justru berusaha memudarkan Syiar Islam.

    –> wa’alaikum salam wrwb. silakan anda memanggil saya apapun.. asal bukan panggilan yang buruk. Terima kasih dukungannya, semoga Allah selalu meridloi. amien.

  24. Assalamualaikum, mas Orgawam.

    Saya menulis komentar di topik ini bukan untuk mengajak berkenalan, karena kita sudah saling kenal, bukan?.

    Saya hanya ingin memberi masukan tentang gambar Petruk, Gareng dan Bagong di bagian atas. Dalam mitologi Jawa mereka adalah putra-putra angkat dari Semar yang merupakan dewa dalam budaya animisme Jawa kuno, dan Semar sendiri saat ini masih disembah oleh segelintir penganut aliran kepercayaan.

    Seandainya blog ini adalah blog tentang budaya Jawa, hal itu tak mengapa. Tapi bukankah blog ini adalah blog Islami ?. Jadi saya rasa gambar tersebut kurang pantas untuk dijadikan ikon di blog ini.

    –> wa’alaikum salam wrwb. wah .. siapa nihh yaa.
    Saya adalah penggemar wayang. Setahu ku ..tokoh wayang adalah tokoh ciptaan yang sebenarnya tak pernah ada. Seperti tokoh si Jempol, superman, dll dalam dongeng anak-anak.

    Dalam hal punakawan .. setahu saya, ini adalah tokoh ciptaan para wali dalam menyebarkan islam melalui wayang. Tak ada tokoh punakawan di dalam kisah Mahabharata atau Ramayana di india sana. Saya pernah baca, tokoh Gareng dengan bentuk fisiknya yang pincang .. perlambang kita harus berhati-hati dalam melangkah. Tokoh petruk yang serba panjang .. melambangkan sifat jujur. Bagong melambangkan sifat yg apa adanya. Waduhh .. banyak yg lupa mas.. soalnya itu sudah lama. Jika anda mendengarkan suluk ki dalang menjelang goro-goro .. kadang di sana diterangkan.

    Saya suka gambar di atas karena itu khas punakawan, ketika berdialog/keluh kesah sebagai rakyat kecil atas kehidupan real yg dihadapinya. Punakawan selalu digambarkan sebagai rakyat jelata. Atau ketika memberi nasehat, belajar, dll. Itu semua terjadi pas goro-goro.

    Kalau disembah dan lain sebagainya .. saya malah tidak tahu. Justru itu adalah penyimpangan dari cita-cita para wali.

    Maaf .. itu sudut pandang saya.

    Untuk menjadi islam .. saya tak harus menjadi orang arab, dan membuang semua budaya/tradisi tanah kelahiran saya. Saya akan tetap mencintai dan menjunjung tinggi kampung halaman dengan segenap budayanya, selama itu tak melanggar ajaran islam.

    Kita tak perlu merobohkan/meluluhlantakkan bangunan masjid hanya karena berasal dari bekas gereja atau tempat ibadah lain. Demikian pula dalam hal budaya atau tradisi.

    maaf kl tak berkenan. wallahu a’lam.

  25. @ mas Orgawam.

    Saya malah baru tahu kalau punakawan adalah ciptaan para wali. Ya, kalau anda yakin gambar tersebut tidak melanggar aturan dalam Islam, silahkan pasang saja. Toh tuan rumahnya adalah anda dan saya hanya tamu.

  26. alhmdulillah…
    nie blog emang brmanfaat bngt bagi bnyk orang.
    mdh2an blog nie kdepan’a bsa mmbrkn mnfaat bnyk bgi bnyk orang…
    mturswun kang ^_^

    –> terima kasih.. amien amien amien, mohon doa.

  27. assalamu ‘alaikum Tadz, Subhanalloh. Blog yang bagus. mengajak orang untuk belajar dewasa dalam keberagaman, .mohon ijin mengcopy paste untuk bahan pembelajaran saya dan keluarga serta kelompok pengajian2…di kampungku. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi Ustadz dan membimbing dalam menjaga keistiqamahan.Jazakallah

    –> wa’alaikum salam wrwb. Terima kasih. Semoga kita selalu dalam kebenaran dan mendapat ridla-Nya. amien.

  28. Assalammuallaikum,..

    Blognya bagus sekali,.. saya sudah/ berlangganan blog ini,.. semoga bisa membantu saya dalam hal belajar tentang agama,….

    –> wa’alaikum salam wrwb. Terima kasih,.. mohon doa agar selalu dalam lindungan-Nya. amien.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s