Wahaby, sebuah catatan

Salafy, sebuah pemahaman dalam islam, mulanya tidak begitu menarik. Ia-nya seperti pemahaman di dalam organisasi terbesar di negara ini, muhammadiyah, hanya lebih ekstrem/keras. Terkesan tidak suka dzikir tahlil, tidak suka ziarah kubur, tarawih 8 rakaat, dsb.

Salafy, ternyata adalah nama yang agung milik generasi para sahabat kanjeng nabi saw. Kemudian diwariskan kepada generasi selanjutnya, tabi’in, dan selanjutnya lagi, generasi tabi’ttabi’in. Inilah yang merupakan generasi salaf, generasi terbaik umat islam. Generasi-generasi selanjutnya tidak dinamakan salafy lagi. Memang demikianlah..sesuai hadits kanjeng rasul saw bahwa generasi umat terbaik adalah pada masa beliau, kemudian selanjutnya, kemudian selanjutnya.. dan seterusnya.

Kemudian di abad akhir ini.. muncul sebuah kelompok yang mengklaim merujuk pada generasi salaf. Mereka menamakan dirinya kelompok salafy. Tetapi orang pada umumnya menyebut mereka sebagai wahaby, sebagai pembeda dengan generasi salaf yg sebenarnya. Yang menarik adalah klaim bahwa mereka adalah kelompok yang paling benar. Bahkan yang paling ekstreem menyebut umat/kelompok yang lain sebagai ahli bid’ah, sesat, dan masuk neraka.

Interaksi dengan para anggota salafy/wahaby ini secara langsung maupun tidak langsung, menyebabkan rasa ingin tahu tentang kelompok ini, dan kemudian berkembang menjadi sebuah catatan tentang aliran salafy/wahaby ini. Setiap hal-hal yang menarik (bagi penulis) direkam, di catat. Ada yang masuk ke blog ini .. dan lebih banyak lagi yang terekam di otak, tidak sempat tercopy-paste atau tertulis. Tulisan-tulisan tentang siapa pencetusnya, ulama yang di-taqlid-i, daerah asalnya, sejarahnya, sepak terjangnya, dll.

Advertisements

3 thoughts on “Wahaby, sebuah catatan

  1. saya tahu salafy/wahaby itu organisasi yang lebih memurnikan Al-Qur’an dan Al-Hadist, tetapi saya lebih tidak tahu kalau menurut catatan harian di atas organisasi tersebut mencurangi Riyadus Sholikhin. Bantulah saya yang awam ini dengan faham/ilmu yang benar benar benar, karena sesuatu ilmu yang saya terima dan saya pas, maka saya menjadi mantap dan lebih khusyu’ mengamalkan.

  2. ass..numpang komentar,sekelompok org yg mengatakan paling benar itu dan menggangap kelompok lain bid,ah malah sebaliknya mereka ahli bid,ah kenapa??mrk pake hp,tv,spd motor,mobil dsb gimana? seharusnya diam saja jgn menghujat kelompok lain karena org yg paling mulia di sisi ALLOH adlh yg paling bertakwa,pakelah ilmu padi makin tua/berisi makin menunduk wass…

  3. Orang Kristen, Orang Hindu, Orang Budha pun mengklaim ajaran mereka adalah ajaran yang paling benar. Namun kebenarannya di atas apa?

    Cuman orang – orang bingung yang mengatakan bahwa semua agama berada di atas kebenaran yang sama.

    “Tidak ada satupun orang didunia ini yang mengklaim bahwa agama dirinya adalah agama yang paling salah.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s