Macam-Macam Puasa Sunnah

HARI-HARI SUNNAH BERPUASA

.

1. Hari Arafah ; yaitu tanggal 9 Dzul Hiiiah,
bagi orang yang tidak mengerjakan Haji.

Dari Abu Qatadah Al-Anshary ra : Bahwasanya Rasulullah  saw  pemah ditanya dari hal puasa Arafah, beliau bersabda ; “Puasa itu menghapus dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang”.  Dan beliau ditanya dari hal puasa Asyura, beliau bersabda : “Menghapus dosa tahun yang lalu”. Dan beliau ditanya lagi dari hal puasa Senin, beliau bersabda : “Hari itu adalah hari dimana aku dilahirkan, dan dimana aku dijadikan Rasul dan diturunkannya padaku wahyu”. (H.R. Muslim)

.

2.   9 (Sembilan) Hari Pertama Dzulhijah

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi saw menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Hafsah r.a. menceritakan; “Empat amalan yang tidak ditinggalkan Rasulullah s.a.w. iaitu; puasa ‘Asyura, puasa al-‘asyr, puasa tiga hari pada setiap bulan dan solat dua rakaat sebelum subuh”. (Riwayat Imam Abu Daud dan an-Nasai)

Menurut ulama hadits, yang dimaksud puasa al-‘asyr dalam hadis di atas ialah hari pertama Zulhijjah hingga hari ke sembilannya.

.

3. Hari Asyura, 10 Muharram

Aisyah ra pernah ditanya tentang puasa Asyura, ia menjawab, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw puasa pada suatu hari yang beliau betul-betul mengharapkan fadilah pada hari itu atas hari-hari lainnya, kecuali puasa pada hari ke sepuluh Muharam.” (HR Muslim).

Dari Abu Qatadah Al-Anshary ra : Bahwasanya Rasulullah  saw  pemah ditanya dari hal puasa Arafah, beliau bersabda ; “Puasa itu menghapus dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang”.  Dan beliau ditanya dari hal puasa Asyura, beliau bersabda : “Menghapus dosa tahun yang lalu”. Dan beliau ditanya lagi dari hal puasa Senin, beliau bersabda : “Hari itu adalah hari dimana aku dilahirkan, dan dimana aku dijadikan Rasul dan diturunkannya padaku wahyu”. (H.R. Muslim)

Dari Ibnu Abbas RA, ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa. Rasulullah SAW bertanya, “Hari apa ini? Mengapa kalian berpuasa?” Mereka menjawab, “Ini hari yang agung, hari ketika Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya serta menenggelamkan Fir’aun. Maka Musa berpuasa sebagai tanda syukur, maka kami pun berpuasa.”Rasulullah SAW bersabda, “Kami orang Islam lebih berhak dan lebih utama untuk menghormati Nabi Musa daripada kalian.” (HR. Abu Daud).

.

4. Hari Tasu’a, 9 Muharram

Ibnu Abbas RA menyebutkan, Rasulullah SAW melakukan puasa Asyura dan beliau memerintahkan para sahabat untuk berpuasa. Para sahabat berkata, “Ini adalah hari yang dimuliakan orang Yahudi dan Nasrani. Maka Rasulullah saw. bersabda, “Tahun depan insya Allah kita juga akan berpuasa pada tanggal sembilan Muharam.” Namun, pada tahun berikutnya Rasulullah telah wafat. (HR Muslim, Abu Daud).

Berdasar pada hadis ini, disunahkan bagi umat Islam untuk juga berpuasa pada tanggal sembilan Muharam. Sebagian ulama mengatakan, sebaiknya puasa selama tiga hari: 9, 10, 11 Muharam.

.

5.   Tanggal 9, 10, 11 Muharam

Ibnu Abbas r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Puasalah pada hari Asyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Puasalah sehari sebelum Asyura dan sehari sesudahnya.” (HR Ahmad).

.

6. Tiga hari pada tiap-tiap bulan

Dari Abu Dzar ra., ia berkata : Rasulullah saw menyuruh kami berpuasa tiga hari dalam sebulan ; tanggal 13, 14, dan 15″. (Diriwayatkan oleh Nasa’i, Tirmidzi dan disahkan oleh Ibnu Hibban)

.

7. Hari Senin dan Kamis

Abu Hurairah ra  berkata : Rasulullah saw   bersabda: Amal perbuatan itu diperiksa tiap hari Senin dan Kamis, maka saya suka diperiksa amalku sedang saya puasa. (Tirmidzy)

Rasulullah saw ditanya dari hal puasa hari senin, beliau bersabda : “Hari itu adalah hari di mana aku dilahirkan, dan di mana aku dijadikan Rasul dan diturunkannya padaku wahyu”. (H.R. Muslim)

.

8. Puasa Nabi Dawud,
puasa selang-seling ( sehari puasa diikuti sehari tidak puasa dst)

Rasulullah saw bersabda, “Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur separuh malam, dan bangun pada sepertiganya, dan tidur pada seperenamnya. Beliau biasa berbuka sehari dan berpuasa sehari.” (HR. Bukhari Muslim)

.

9. Enam hari pada bulan Syawal Sesudah Hari Raya Idul fitri

Dari Abi Ayyub Al-Anshari ra. bahwasanya Rasulullah saw  bersabda : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadlan, kemudian diikutinya puasa itu dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, maka pahalanya akan sama dengan puasa satu tahun”. (HR. Muslim)

.

10. Bulan Muharam

“Sebaik-baik puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa di bulan muharam, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (HR. Muslim, Abu Daud, Tarmizi, dan Nasa’ ).

.

11. Bulan Sya’ban

Dari Usamah bin Zaid ra, dia berkata: “Saya berkata: “Ya Rasulullah, saya tidak pernah melihatmu berpuasa dalam suatu bulan dari bulan-bulan yang ada seperti puasamu di bulan Sya’ban.” Maka beliau bersabda: “Itulah bulan yang manusia lalai darinya antara Rajab dan Ramadhan. Dan merupakan bulan yang di dalamnya diangkat amalan-amalan kepada rabbul ‘alamin. Dan saya menyukai amal saya diangkat, sedangkan saya dalam keadaan berpuasa.” (HR. Nasa’i).

Dari ‘Aisyah ra berkata: “Adalah Rasulullah saw  berpuasa sampai kami katakan beliau tidak pernah berbuka. Dan beliau berbuka sampai kami katakan beliau tidak pernah berpuasa. Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat beliau berpuasa lebih banyak dari bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

.

12. Bulan-Bulan Haram

Bulan-bulan Haram itu adalah Dzul-Qaedah, Dzul-Hijjah, Muharram dan Rajab

“Puasalah pada bulan-bulan haram.” [Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad]

Dari Abi Bakrah RA bahwa Nabi SAW bersabda: “Setahun ada dua belas bulan, empat darinya adalah bulan suci. Tiga darinya berturut-turut; Zulqa’dah, Zul-Hijjah, Muharam dan Rajab”. (HR. Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Ahmad).

.

.

HARI-HARI MAKRUH BERPUASA

.

1. Khusus Hari Jum’at,
kecuali kalau telah berpuasa sejak hari sebelumnya.

Dari Abi Hurairah ra. dari Nabi saw., beliau bersabda: Jangan kalian mengistimewakan malam Jum’at untuk sembahyang daripada malam-malam lainnya, dan jangan kalian mengistimewakan hari Jum’at untuk berpuasa dan pada hari-hari lainnya, kecuali bagi seseorang di antara kalian yang kebetulan harus berpuasa di hari itu”. (HR. Muslim)

Bahwasanya Rasulullah saw bersabda : “Jangan sekali-kali seseorang diantara kamu berpuasa di hari Jum’at, kecuali ia berpuasa pula satu hari sebelumnya atau sesudahnyan”. (Muttafaq ‘Alaih)

.

2. Puasa wishal
yaitu seorang yang melakukan puasa, tidak berbuka puasa hingga waktu sahur.

Dari Abi Hurairah ra., ia berkata Rasulullah saw telah melarang betpuasa tidak berbtlka (wishal), maka berkata seorang laki-laki dari kaum muslimin: “Tapi engkau berwishal ya Rasulullah”. Beliau menjawab :”Siapa di antara kamu yang seperti aku, di waktu malam aku diberi makan dan minum oleh Allah”. Ketika mereka enggan berhenti dari wishal, beliau ajak mereka berwishal satu hari, kemudian satu hari lagi, kemudian mereka melihat hilal, lalu beliau betsabda : “Kalaulah hilal itu lambat datangnya, aku akan tambah wishal buat kamu”, sebagai memberi pelajaran kepada mereka tatkala mereka enggan berhenti dari wishal. (Muttafaq ‘alaih)

.

3. Puasa Dahriya  
yaitu puasa yang terus-menerus.

Dari Abdullah bin ‘Umar ra. ia berkata ; Rasulullah saw. bersabda’: “Tidak dianggap berpuasa orang yang berpuasa selama-lamanya” . (Muttafaq ‘alaih)

.

4. Isteri Yang Puasa Sunnah tidak dengan izin suaminya

Dari Abi Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda : “Tidak halal bagi wanita berpuasa sedangkan suaminya ada di rumah, kecuali dengan seidzinnya”. (Muttafaq ‘alaih dan lafadz ini dalam riwayat Bukhari; Abu Dawud menambah : “Kecuali puasa Ramadlan”.

.

.

HARI-HARI DIHARAMKAN UNTUK BERPUASA

.

1. Hari Raya’Idul Fithri, 1 Syawal

Dari Abi Sa’id Al-Khudlriyyi ra.: Bahwasanya Rasulullah saw. telah melarang puasa pada dua hari : hari Idul Fithri dan hari Idul Adha (Muttafaq’alaih)

.

2. Hari raya Idul Adha ; 10 Dzul Hiiiah

Lihat dalil di atas.

.

3. Hari Tasyriq ; 11, 12 dan 13 Dzul Hijjah

Dari Nubaitsah Al-Hudzali ra. ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Hari-hari tasyriq itu adalah hari makan dan minum, dan hari dzikir kepada Allah ‘Azza wa Jalla”. (HR. Muslim)

.

Dari dalil hari-hari haram berpuasa ini , maka jelaslah bahwa kita diperbolehkan puasa kapan saja (dengan memperhatikan hari/hal-hal yang dimakruhkan), kecuali pada hari-hari yang diharamkan.

.

wallahu a’lam

Dari berbagai sumber.

About these ads

46 thoughts on “Macam-Macam Puasa Sunnah

  1. Assalamu’alaikum

    mf saya mau tanya kalau seseorang punya hajat dan dia berpuasa karena Allah tiap hari supaya hajatnya terkabul Allah apa hukumnya?

    makasih

    Wassalamualaikum

    –> wa’alaikum salam wrwb. Tidak ada larangan. Itu termasuk puasa sunnah biasa, asal tidak dilakukan pada hari2 yg diharamkan dan dengan tetap memperhatikan hal2 yg makruh. Doa orang yang berpuasa insya Allah termasuk makbul.

    wallahu a’lam.

  2. assalamu’alaikum..
    sy mau tnya ustad..misalkan sy mulai puasa daud pd hr selasa, brartikan puasa daud slanjutnya hr kamis, nah sdangkan hr kamis jg ingin puasa kamis, apalagi jk brbarengan dgn tgl 11 atau 12 atau 13, jd sy hrs pilih yg mana tuh yg lebih kuat? atau apakah boleh 1hr puasa yg brbarengan dgn 3 niat-an skaligus..trima ksih ustad..
    wassalamu’alaikum..

    –> wa’alaikum salam. setahu saya boleh.

  3. bolehkah saya berpuasa untuk mengkhususkan kepada suatu tujuan tertentu??terima kasih Ustadz

    –> boleh.. bahkan doa orang berpuasa termasuk mustajab. insya allah. wallahu a’lam.

  4. assalamu’alaikum we.wb:
    mau tanya nich,,,
    …puasa daud itu … di lakukan ,,,brapa hari ??????

    –> wangalaikum salam wrwb. tidak didefinisikan. monggo silakan sekuat anda.

  5. assalamualaikum

    misalkan kalau saya melakukan puasa tetapi tidak diimbangi dengan sholat apakah puasa saya sah atau tidak

    terima kasih

    –> wangalaikum salam wrw. puasanya sah. Tidak shalat (fardlu)-nya berdosa.

  6. assalamualaikum… apakah ada puasa sunnah hari rabu,kamis dan jum’at dalam setiap minggunya? tolong beri penjelasannya. wassalam..

    –> wa’alaikum salam wrwb. kita diperbolehkan puasa kapan saja, termasuk hari rabu, kamis, atau jum’at. Untuk hari jum’at lihat bahasan di atas, bahkan disarankan untuk puasa sehari sebelumnya (kamis) atau sesudahnya.

    Diharamkan berpuasa hanya pada hari-hari yang diharamkan. wallahu a’lam.

  7. assalamu’alaikum wr wb
    bolehkah kita puasa sunnah dalam satu perbuatan namun banyak niat.?
    contohnya tanggal 10 muharram bsok bertepan dengan hari senin,
    terus saya berpuasa niat puasa senin,puasa 10 muharram dan niat puasa yang dikrjakn 1 bulan 3 kali.
    kalau boleh apakah ada hadistnya ,kalau tidak boleh alasanya kenapa?…….

    sukron kastiron……..

    –> wa’alaikum salam wrwb. setahu saya boleh. Bukankah telah disebutkan dalil ttg sunnahnya puasa di hari-hari tersebut. Ketika dua atau lebih keutamaan menyatu (terjadi dalam satu waktu), bukankah lebih utama pula berpuasa karena-nya.

    wallahu a’lam.

    • sukron kastiron………..
      maha besar allah atas segala kebenarannya,

      apakalah ada dalil yang menerangkan ,ada anjuran melakukan satu perbuatan sunnah dalam niatan banyak banyak niat…….

      –> maaf.. saya belum menemukannya. Namun menurut logika saya itu boleh. Selain tak ada larangan, bisa saja sebuah perbuatan baik (sunnah) itu muncul oleh banyak alasan/sebab. wallahu a’lam.

  8. assalmualaikum..wr wb
    bagaimana puasa yang di jalani 3 hari 3 malam…apakah ada dalil y

    –> wa’alaikum salam wrwb. Saya tidak mengetahuinya.

  9. Assalammualaikum, Pak Ustad.
    .
    Bagaimana menurut islam cara meredam seseorang dengan ilmu kajian dirinya selalu digunakan untuk mencelakai & menindas orang lain .

    Mohon penjelasannya dan terima kasih. Waalaikum salam Wr.Wb

    –> wa’alaikum salam wrwb. saya tak paham maksud anda.

  10. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh… Mohon penjelasan tentang yang membolehkan puasa sunah 5 hari dalam seminggu…dari senin sampai dengan jumat… Trima kasih……

    –> wa’alaikum salam wrwb. Yang membolehkan.. karena itu dikategorikan sebagai puasa sunnah mutlaq dan tak ada larangannya. Lihat dalil hari-hari yg diharamkan berpuasa di artikel bagian akhir.

  11. mau nanya untuk puasa tiga hari tiap tiap bulan itu yang kita pakai penanggalan biasa seperti januari,pebruari,maret dan seterusnya atau memakai penanggalan arab?makasih

    –> tanggalan hijriyah mas.. bukan masehi

  12. asalamu’alaikum ustad
    saya mau numpang tanyak ..ada temen saya itu berpuasa ..karena dia hajat untuk mempunyai ilmu ( ilmu putih )
    apakah itu haram apah tidak

    –>wa’alaikum salam wrwb. saya tidak tahu. ini di luar pengetahuan saya. ilmu apakah itu? apakah di dalamnya terdapat sesuatu yg menentang Allah dan Rasul-Nya? Tanyakan ke yang lebih ahli. Ada banyak cabang ilmu di dunia ini, dan kita tak bisa menentukan halal haram sesuatu tanpa pengetahuan yg cukup.
    mohon maaf.

  13. YUSUF BERKATA

    7,Desember,2011

    assalamu’alaikum wr.wb
    saya mau tanya ustad, bagaimana orang berpuasa tetapi tidak bisa menjaga hawa nafsunya, apakah puasanya diterima atau tidak.?

    –> hawa nafsu apa mas? makan/minum? yaa batal toh mas. Amarah? tidak batal, tapi yaa paling cuma gak dapat pahala dan manfaat dari puasanya itu. Atau .. hanya dapat lapar dan dahaga nya thok-thok.

  14. assalamu’alaikum wr.wb,

    saya mau tanya, saya pernah liat teman yang sedang bingung diantara 2 pilihan pria yang dia cintai dan dia berniat mempuasakan seseorang dari mereka?.. apa ada puasa seperti itu?…

  15. assalamu’alaikum wr.wb,

    saya mau tanya, saya pernah liat teman yang sedang bingung diantara 2 pilihan pria yang dia cintai dan dia berniat mempuasakan seseorang dari mereka?.. saya juga tidak tahu niat dan maksudnya untuk apa… apa ada puasa seperti itu?….

    –> wa’alaikum salam wrwb. untuk lebih jelasnya, tanyakan ke yang bersangkutan. Yang jelas sah2 saja berpuasa berharap (agar Allah swt memberikan) jodoh terbaik.

  16. assalamualaikum.
    1. saya ingin menayankan apakah boleh kalo saya berpuasa di hari rabu dengan alasan kondisi keuangan yang lg krisis, karena begadang dan ternyata bangun di pertengahan waktu sekitar jam 12-1 siang dan saya berniat puasa apakah itu diperbolehkan?

    –> wa’alaikum salam wrwb. setahu saya, tak ada masalah..

  17. Aslmkm.maf saya mw tanya,bolehkah berpuasa selama satu minggu untuk mencapai tujuan tertentu misal agar qt menjadi manusia yang lebih baik lagi ????

    –> boleh.. lebih baik lagi kalau kontinyu mas.. walau sedkit-sedikit.

    “Amalan yang paling di cintai Allah adalah amalan yang kontinyu walaupun sedikit.” [Bukhari dan Muslim]

  18. Aslmkm.maf saya mw tanya , puasa senin kamis itu arti sebenarnya apa , dan di mulainya hari apa .?

    –> wangalaikum salam wrwb. puasa senin kamis itu puasa pada hari senin dan/atau hari kamis. Puasa hari senin, di mulai menjelang fajar subuh dan berbuka saat maghrib. Demikian pula puasa hari kamis. Jadi bukan puasa mulai senin dan berakhir kamis atau sebaliknya.

  19. sy sering denger ada yg berpuasa 40 hari untuk menuntut ilmu.. bgmna menurut pandangan islam?

    –>wa’alaikum salam wrwb. ilmu apakah itu? apakah di dalamnya terdapat sesuatu yg menentang Allah dan Rasul-Nya? Tanyakan ke yang lebih ahli. Ada banyak cabang ilmu di dunia ini, dan kita tak bisa menentukan halal haram sesuatu tanpa pengetahuan yg cukup.
    mohon maaf.

  20. ASSALMLKUM………….
    puasa terus menerus sampai 5 bulan dengn tujun minta sesuatu pada ALLAH biar terkabu?
    haram tidak&disebut puasa apa ustad?

  21. assalamualaikum ustad,
    saya mau tanya, kan saya mempunyai tujuan san saya ingin tujuan itu terkabul itu namanya puasa apa ustad??? mohon dijelaskan ustad…

  22. Assalamu’alaikum Warahmatullah Ustadz!

    Apakah boleh jika ada yg sengaja Lillahi ta’ala berpuasa sunat setiap hari Senin sampai Kamis?

    Terima kasih Atas jawabannya, Wassalamu’alaikum warahmatullah!

    –> wa’alaikum salam wrwb. boleh..

  23. asw bapa ust.. sy insyaallah mau berangkat umroh hari sabtu.. sebelum berangkat sy niat puasa sunah hari selasanya.. bolehkah dan bagaimana ya cara niatnya.. sy niat puasa rasa syukur dan berharap Ridho Allah dlm pelaksanaan ibadah dosana.. Wass.. Terimakasih

    –> www .. boleh, niatkan saja puasa sunnah. Niat malam harinya atau keesokan harinya, silakan dalam bahasa yg anda kuasai.

  24. assalamualaikum ustad

    saya mau bertanya, apa boleh jika berpuasa hari senin sampai rabu? dan apa benar jika saya puasa dari hari senin saya tidak boleh berhenti puasa pada hari rabu, melainkan harus berhenti di hari kamis?
    terima kasih

    Wassalamu’alaikum warahmatullah

  25. assalamualaikum wr,wb
    mau tanya jikala kita puasa snin kms
    terus lupa bca niat atau niat.a smbl stgh sadar atau dlm keadaan tidur n tdk sahur it bisa gak,sah tidak
    terimakasih

    –> wangalaikum salam wrwb. insya Allah sah..

  26. assalamu alaekum,,maaf sya mau tanya,apa yah niat puasa pda tanggal 13,14,15 setiap bulan..??makasih
    wassalam

    –> wangalaikum salam wrwb. Tidak harus bhs arab kok mbak/bu.. saya berniat puasa besok tgl 13 (atau 14, 15) sunnah karena Allah ta’ala. Dalam hati juga bisa.

  27. Assalamualaikum wr wb maaf pak ustas apa beda ujian dan cobaan dan apa betul org beriman tdk lagi diuji
    Wassalam mohon maaf tolong dibalas

    –> wangalaikum salam wrwb. Menurut saya sama. Ujian adalah bahasa sekolahan, cobaan bahasa lebih umum. Semua orang di dunia ini akan diuji, termasuk orang beriman.
    wallahu a’lam.

  28. assalammu’alaikum wr wb ..
    uztad saya mau tanya .. kalo kita pengen puasa syawal .. trus hari pertama puasa itu hari jumat .. itu gimana ustad boleh gak ??

    –> wangalaikum salam wrwb. Boleh..

  29. asalammmualaikum wr wb
    kalo puasa yg di haram kan itu pada hari hari apa saja ya pak….?

    –> wangalaikum salam wrwb. lihat artikel .. bagian terakhir.

  30. Assalamu’alaikum..
    saya mau tanya mengenai puasa rajab. apabila saya ingin berpuasa selama 10 hari di bulan rajab, maka saya harus berpuasa secara berurutan atau boleh tidak berurutan? Terima kasih…

  31. Assalamu’alaikum..
    saya mau tanya mengenai puasa rajab. apabila saya ingin berpuasa selama 10 hari di bulan rajab, maka saya harus berpuasa secara berurutan atau boleh tidak berurutan? Terima kasih…

    Riwayat al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya…..”

    –> wa’alaikum salam wrwb. Puasa bulan Rajab adalah sunnah. Keutamaannya antara lain disebut di artikel, selain dalil-dalil lain seperti di sini. Tentu boleh-boleh saja tidak berurutan.
    wallahu a’lam.

  32. Assalamualaikum…
    Saya mau tanya, maksud dari “berpuasa selamanya” itu apa? Dari Abdullah bin ‘Umar ra. ia berkata ; Rasulullah saw. bersabda’: “Tidak dianggap berpuasa orang yang berpuasa selama-lamanya” . (Muttafaq ‘alaih), Apakah maksudnya puasa berturut?

    –> wa’alaikum salam wrwb. sepengetahuan saya, puasa sepanjang tahun setiap hari. wallahu a’lam.

  33. assalamualaikum ,ustad mau tanya bagaimana kalau puasa senin kamis tapi, hanya puasa senin saja atau kamis saja tiap 1 minggu

    –> gpp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s