Sejarah Perang Salib

PERANG SALIB (1095 – 1291 M)

Sebab-sebab Terjadinya Perang Salib

Sejumlah ekspedisi militer yang dilancarkan oleh pihak Kristen terhadap.kekuatan muslim dalam periode 1096 – 2073 M. dikenal sebagai perang salib. Hal ini disebabkan karena adanya dugaan bahwa pihak Kristen dalam melancarkan serangan tersebut didorong oleh motivasi keagamaan, selain itu mereka menggunakan simbol salib. Namun jika dicermati lebih mehdalam akan terlihat adanya beberapa kepentingan individu yang turut mewarnai perang salib ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang turut melatarbelakangi terjadinya perang salib.

Gambar diambil dari: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/31/Map_of_First_Crusade_-_Roads_of_main_armies-fi.png

Pertama, bahwa perang salib merupakan puncak dari sejumlah konflik antara negeri barat dan negeri timur, jelasnya antara pihak Kristen dan pihak muslim. Perkembangan dan kemajuan ummat muslim yang sangat pesat, pada akhir-akhir ini, menimbulkan kecemasan tokoh-tokoh barat Kristen. Terdorong oleh kecemasan ini, maka mereka melancarkan serangan terhadap kekuatan muslim.

Kedua, munculnya kekuatan Bani Saljuk yang berhasil merebut Asia Kecil setelah mengalahkan pasukan Bizantium di Manzikart tahun 1071, dan selanjutnya Saljuk merebut Baitul Maqdis dari tangan dinasti Fatimiyah tahun 1078 M. Kekuasaan Saljuk di Asia Kecil dan yerusalem dianggap sebagai halangan bagi pihak Kristen barat untuk melaksanakan haji ke Bait al-Maqdis. padahal yang terjadi adalah bahwa pihak Kristen bebas saja melaksanakan haji secara berbondong-bondong. pihak Kristen menyebarkan desas-desus perlakuan kejam Turki Saljuk terhadap jemaah haji Kristen. Desas-desus ini membakar amarah umat Kristen-Eropa.

Ketiga, bahwa semenjak abad ke sepuluh pasukan muslim menjadi penguasa jalur perdagangan di lautan tengah. Para pedagang Pisa, Vinesia, dan Cenoa merasa terganggu atas kehadiran pasukan lslam sebagai penguasa jalur perdagangan di laut tengah ini. Satu-satunya jalan untuk memperluas dan memperlancar perdagangan mereka adalah dengan mendesak kekuatan muslim dari lautan ini”

Keernpat, propaganda Alexius Comnenus kepada )aus Urbanus ll. Untuk membalas kekalahannya dalam peperangan melawan pasukan Saljuk. Bahwa paus merupakan sumber otoritas tertinggi di barat yang didengar dan ditaati propagandanya. Paus Urbanus II segera rnengumpulkan tokoh-tokoh Kristen pada 26 November 1095 di Clermont, sebelah tenggara Perancis. Dalam pidatonya di Clermont sang Paus memerintahkan kepada pengikut kristen agar mengangkat senjata melawan pasukan musim.

Tujuan utama Paus saat itu adalah memperluas pengaruhnya sehingga gereja-gereja Romawi akan bernaung di bawah otoritasnya. Dalam propagandanya, sang Paus Urbanus ll menjanjikan ampunan atas segala dosa bagi mereka yang bersedia bergabung dalam peperangan ini. Maka isu persatuan umat Kristen segera bergema menyatukan negeri-negeri Kristen memenuhi seruan sang Paus ini. Dalam waktu yang singkat sekitar 150.000 pasukan Kristen berbondong-bondong memenuhi seruangsang Paus, mereka berkumpul di Konstantinopel. Sebagian besar pasukan ini adalah bangsa Perancis dan bangsa Normandia.

Jalannya Peperangan

Perang salib yang berlangsung dalam kurun waktu hampir dua abad, yakni antara tahun 1095 – 1291 M., terjadi dalam serangkaian peperangan.

Diambil dari: http://www.hist.umn.edu/courses/hist3613/calendar/1stCrusade/images/First%20Crusade%20Map.jpg

Perang Salib 1

Pada tahun 490 H/1096 M. sebuah pasukan salib yang dipimpin oleh komandan Walter dapat ditundukkan oleh kekuatan Kristen Bulgaria. Kemudian Peter yang mengkomandoi kelompok kedua pasukan salib bergerak melalui Hungaria dan Bulgaria. Pasukan ini berhasil menghancurkan setiap kekuatan yang menghalanginya. Seorang sultan negeri Nice berhasil menghadapinya bahkan sebagian pimpinan salib berkenan memeluk lslam dan sebagian pasukan mereka terbunuh dalam peperangan ini.

Setahun kemudian yakni pada tahun 491 H/1097 M. pasukan Kristen di bawah komandan Coldfrey bergerak dari Konstantinopel menyeberangi selat Bosporus dan berhasil menaklukkan Antioch (Antakia) setelah mengepungnya selama 9 bulan. Pada pengepungan ini pasukan salib melakukan pembantaian secara kejam tanpa prikemanusiaan.

Setelah berhasil menundukkan Antioch, pasukan salib bergerak ke Ma’arrat al-Nu’ man, sebuah kota termegah di Syria. Di kota ini pasukan Salib juga melakukan pembantaian ribuan orang. Pasukan salib selanjutnya menuju ke Yerusalem dan dapat menaklukkannya dengan mudah. Ribuan jiwa muslirn menjadi kurban pembantaian dalam penaklukan kota Yerusalern ini. “Tumpukan kepala, tangan dan kaki terdapat disegala penjuru jalan dan sudur kota”. Sejarah telah menyaksikan sebuah tragedi manusia yang memilukan. Goldfrey selanjutnya menjabat sebagai penguasa atas negeri Yerusalem. Ia adalah penguasa yang cakap, dan komandan yang bersemangat dan agresif.

Pada tahun 503 H/1109 M., pasukan salib menaklukkan Tripoli. Mereka selain membantai masyarakat Tripoli juga membakar perpustakaan, perguruan dan sarana industri hingga menjadi abu.

Selama terjadi penyerangan di atas, kesultanan Saljuk sedang dalam kemunduran. Perselisihan antara sultan-sultan Saljuk memudahkan pasukan salib merebut wilayah-wilayah kekuasaan islam. Dalam kondisi seperti ini muncullah seorang sultan Damaskus yang bernama Muhammad yang berusaha mengabaikan konflik internal dan menggalang kesatuan dan kekuatan Saljuk untuk mengusir pasukan salib. Baldwin, penguasa Yerusalem pengganti Goldfrey, dapat dikalahkan oleh pasukan Saljuk ketika ia sedang menyerang kota Damaskus. Baldwin segera dapat merebut kembali wilayah-wilayah yang lepas setelah datang bantuan pasukan dari Eropa.

Sepeninggal Sultan Mahmud, tampillah seorang perwira muslirn yang cakap dan gagah pemberani. Ia adalah Imaduddin Zangki, seorang anak dari pejabattinggi Sultan Malik Syah. Atas kecakapannya, ia menerima kepercayaan berkuasa atas kota Wasit dari Sultan Mahmud. Belakangan penguasa Mosul dan Mesopotamia juga berlindung kepadanya. la menerima gelar Attabek dari khalifah di Bagdad. Ia telah mencurahkan kemampuannya dalam upaya mengembalikan kekuatan pemerintahan Saljuk dan menyusun kekuatan militer, sebelum ia mengabdikan diri di kancah peperangan salib.

Masyarakat Aleppo dan Hammah yang menderita di bawah kekuasaan pasukan salib berhasil diselamatkan oleh Imaduddin Zangki setelah berhasil mengalahkan pasukan salib. Tahun berikutnya ia juga berhasil mengusir pasukan salib dari al- Asyarib. Satu-persatu Zangki meraih kemenangan atas pasukan salib, hingga ia merebut wilayah Edessa pada tahun 539 H/1144 M. Dalam pada itu, bangsa Romawi menjalin kekuatan gabungan dengan pasukan Perancis menyerang Buzza. Mereka menangkap dan membunuh perernpuan dan anak-anak yang tidak berdosa. Dari sini mereka melancarkan serangan ke Caesarea. Penguasa negeri ini yakni Abu Asakir nneminta bantuan pasukan Imaduddin Zangki. Zangki segera mengerahkan pasukannya dan ia berhasil mengusir kekuatan Perancis dan Romawi secara memalukan. Wilayah perbatasan di Akra berhasil digrebek hingga menyerah, demikian pula kota Balbek segera ditaklukkan, untuk selanjutnya pendudukan kota Balbek ini dipercayakan kepada komandan Najamuddin, ayah Salahuddin.

Penaklukan Edesa merupakan keberhasilan Zangki yang terhebat. Oleh umat Kristen Edessa merupakan kota yang termulya, karenanya kota ini dijadikan sebagai pusat kepuasan. Dalam penaklukan Edessa, Zangki tidak berlaku kejam terhadap penduduk sebagaimana tindakan pasukan salib. Tidak seorang pun merasakan tajamnya mata pedang Zangki, kecuali pasukan salib yang sedang bertempur yang sebagian besar adalah pasukan Perancis.

Dalam perjalanan penaklukan Kalat Jabir, Zangki terbunuh oleh tentaranya sendiri. Selama ini Zangki adalah seorang patriot sejati yang telah berjuang demi membela tanah airnya. Baginya, “pelana kuda lebih nyaman dan lebih dicintainya dari pada kasur sutra, dan juga suara hiruk-pikuk di medan peperangan terdengar lebih merdu dan lebih dicintainya daripada alunan musik”.

Kepemimpinan Imaduddin Zangki digantikan oleh putranya yang bernama Nuruddin Mahmud. Ia bukan hanya seorang prajurit yang cakap, sekaligus juga ahli hukum, dan juga seorang ilmuan. Pada saat itu umat Kristen Edessa dengan bantuan pasukan Perancis herhasil mengalah pasukan muslim yang bertugas di kota ini dan sekal i gus membanta i nya. N uruddi n segera mengerahkan pasukannya ke Edessa dan berhasil merebutnya kembali Sejumlah pasukan Edessa dan para pengkhianat dihukum dengan mata pedang, sedangkan bangsa Armenia yang bersekutu dengan pasukan salib diusir ke luar negeri Edesa.

Perang Salib 2

Dengan jatuhnya kembali kota Edesa oleh pasukan muslim, tokoh-tokoh Kristen Eropa dilanda rasa cemas. St Bernard segera menyerukan kembali perang salib melawan kekuatan muslim. Seruan tersebut membuka gerakan perang salib kedua dalam sejarah Eropa. Beberapa penguasa Eropa menanggapi poiitif seruan perang suci ini. Kaisar jerman yang bernama Conrad III, dan kaisar perancis yang bernama Louis VII segera mengerahkan pasukannya keAsia. Namun kedua paiukan ini iapat dihancurkan ketika sedang dalam perjalanan menuju Syiria. Dengan sejumlah pasukan yang tersisa mereka berusaha mencapai Antioch, dan dari sisi mereka menuju ke Damaskus.

Pengepungan Damaskus telah berlangsung beberapa hari, ketika Nuruddin tiba di kota ini. Karena terdesak oleh pasukan Nuruddin, pasukan salib segera melarikan diri ke Palestina, sementara Conrad III dan Louis VII kembali ke Eropa dengan tangan hampa. Dengan demikian beiakhirlah babak ke dua perang salib.

Nuruddin segera rnulai memainkan peran baru sebagai sang penakluk. Tidak lama setelah mengalahkan pasukan salib, ia berhasil rnenduduki benteng Xareirna, merebut wilayah perbatasan Apamea pada tahun 544 H/1149 M., dan kota Joscelin. Pendek kata, kota-kota penting pasukan salib berhasil dikuasainya. la segera menyambut baik permohonan masyarakat Damaskus dalam perjuangan melawan penguasa Damaskus yang menindas. Keberhasilan Nuruddin menaklukkan koia damaskus membuat sang khalifah di Bagdad brerkenan rnemberinya gelar kehormatan “al-Malik al- ’Adil”.

Ketika itu Mesir sedang dilanda perselisihan intern dinasti Fatimiyah. Shawar, seorang perdana menteri Fatimiyah., dilepaskan dari jabatannya oleh gerakan rahasia. Nuruddin mengirimkan pasukannya di bawah pimpinan komandan Syirkuh. Namun ternyata Shawar justru memerangi Syirkuh berkat bantuan pasukan perancis hingga berhasil rnenduduki Mesir.

Pada tahun 563 H/1167 M. Syirkuh berusaha datang kembali ke Mesir. Shawar pun segera rneminta bantuan raja Yerusalem yang bernama Amauri. Gabungan pasukan Shawar dan Amauri ditaklukkan secara mutlak oleh pasukan Syirkuh dalam peperangan di Balbain. Antara mereka terjadi perundingan yang melahirkan beberapa kesepakatan: bahwa Syirkuh bersedia kembali ke Damaskus dengan imbalan 50.000 keping emas, Amauri harus menarik pasukannya dari Mesir. Namun Amauri tidak bersedia meninggalkan Kairo, sehingga perjanjian tersebut batal secara otomatis. Bahkan mereka menindas rakyat.

Atas permintaan khalifah Mesir Syirkuh diperintahkan oleh Nuruddin agar segera menuju ke Mesir. Masyarakat Mesir dan sang khalifah menyambut hangat kedatangan Syirkuh dan pasukannya, dan akhirnya Syirkuh ditunjuk sebagai perdana menteri. Dua bulan sesudah penundukan ini, Syirkuh meninggal dunia, kedudukannya digantikan oleh kemenakannya yang bernama Salahuddin. Ketika kondisi politik dinasti Fatimiyah semakin melemah, Salahuddin al-Ayyubi segera memulihkan otoritas Khalifah Abbasiyah di Mesir, dan setelah dinasti Fatimiyah hancur Salahuddin menjadi penguasa Mesir (570-590 H/1174-1193 M).

Salahuddin, putra Najamuddin Ayyub, lahir di Takrit pada tahun 432 H/1137 M. Ayahnya adalah pejabat kepercayaan pada masa lmaduddin Zangki dan masa Nuruddin. Salahuddin adalah seorang letnan pada masa Nuruddin, dan telah berhasil mengkonsolidasikan masyarakat Mesir, Nubia, Hijaz dan Yaman.

Sultan Malik Syah yang menggantikan Nuruddin adalah raja yang masih berusia belia, sehingga amir-amirnya saling berebut pengaruh yang menyebabkan timbulnya krisis poiitik internal. Kondisi demikian ini memudahkan bagi pasukan salib untuk menyerang Damaskus dan menundukkannya. Setelah beberapa lama tampillah Salahuddin berjuang mengamankan Damaskus dari pendudukan pasukan salib.

Lantaran hasutan Gumusytag, sang sultan belia Malik Syah menaruh kemarahan terhadap sikap Salahuddin ini sehingga menimbulkan konflik antara keduanya. Sultan Malik Syah menghasut masyarakat Alleppo berperang melawan Salahuddin. Kekuatan Malik Syah di Alleppo dikalahkan oleh pasukan Salahuddin. Merasa.tidak ada pilihan lain, Sultan Malik Syah rneminta bantuan pasukan salib. Semenjak kemenangan melawan pasukan salib di Aleppo ini, terbukalah jalan lernpang bagi tugas dan perjuangan Salahuddin di masa-masa mendatang hingga ia berhasil mencapai kedudukan sultan. Semenjak tahun 575H/1182M, kesultanan Saljuk di pusat mengakui kedudukan Salahuddin sebagai sultan atas seluruh wilayah Asia Barat.

Sementara itu Baldwin III menggantikan kedudukan ayahnya, Amaury. Baldwin III mengkhianati perjanjian genjatan senjata antara kekuatan muslim dengan pasukan Salib-Kristen. Bahkan pada tahun 582H/11 86 M. Penguasa wilayah Kara yang bernama Reginald mengadakan penyerbuan terhadap kabilah muslim yang sedang melintasi benteng pertahanannya. Salahuddin segera mengerahkan pasukannya di bawah pimpinan Ali untuk mengepung Kara dan selanjutnya menuju Galilee untuk menghadapi pasukan Perancis. Pada tanggal 3 Juli 1187 M. kedua pasukan bertempur di daerah Hittin, di mana pihak pasukan Kristen mengalami kekalahan. Ribuan pasukan mereka terbunuh, sedang tokoh-tokoh militer mereka ditawan. Sultan Salahuddin selanjutnya merebut benteng pertahanan Tiberia. Kota Acre, Naplus, Jericho, Ramla, Caesarea, Asrul Jaffra, Beyrut, dan sejumlah kota-kota lainnya satu persatu jatuh dalanr kekuasaan Sultan Salahuddin.

Selanjutnya Salahudin memusatkan perhatiannya untuk menyerang Yerusalem, di mana ribuan rakyat muslim dibantai oleh pasukan Salib-Kristen. Setelah mendekati kota ini, Salahuddin segera menyampaikan perintah agar seluruh pasukan Salib-Kristen Yerusalem menyerah. Perintah tersebut sama sekali tidak dihiraukan, sehingga Salahuddin bersumpah untuk membalas dendam atas pembantaian ribuan warga muslim. Setelah beberapa larna terjadi pengepungan, pasukan salib kehilangan semangat tempurnya dan memohon kemurahan hati sang sultan. Jiwa sang sultan terlalu lembut dan penyayang untuk melaksanakan sumpah dan dendamnya, sehingga ia pun memaafkan mereka. Bangsa Romawi dan warga Syria-Kristen diberi hidup dan diizinkan tinggal di Yerusalem dengan hak-hak warga negara secara penuh. Bangsa Perancis dan bangsa-bangsa Latin diberi hak meninggalkan Palestina dengan membayar uang tebusan 10 dinar setiap orang dewasa, dan 1 dinar untuk setiap anak-anak. Jika tidak bersedia mereka dijadikan sebagai budak. Namun peraturan seperti ini tidak diterapkan oleh sang sultan secara kaku. Salahuddin berkenan melepaskan ribuan tawanan tanpa tebusan sepeser pun, bahkan ia mengeluarkan hartanya sendiri untuk menrbantu menebus sejumlah tawanan. Salahuddin juga membagi-bagikan sedekah kepada ribuan masyarakat Kristen yang miskin dan lemah sebagai bekal perjalanan mereka pulang. Ia menyadari betapa pasukan Salib-Kristen telah membantai ribuan rnasyarakat muslim yang tidak berdosa, namun suara hatinya yang lembut tidak tega untuk melampiaskan dendam terhadap pasukan Kristen.

Pada sisi lainnya Salahuddin juga membina ikatan persaudaraan antara warga Kristen dengan warga muslim, dengan memberikan hak-hak warga Kristen sama persis dengan hak-hak warga muslim di Yerusalem. Sikap Salahuddin demikian ini membuat umat Kristen di negeri-negeri lain ingin sekali tinggal di wilayah kekuasaan sang sultan ini. “sejumlah warga Kristen yang meninggalkan Yerusalem menuju Antioch ditolak dan bahkan dicaci maki oleh raja Bahemond. Mereka lalu menuju ke negeri Arab di mana kedatangan mereka disambut dengan baik”, kata Mill. Perlakuan baik pasukan muslim terhadap umat Kristen ini sungguh tidak ada bandingannya sepanjang sejarah dunia. Padahal sebelumnya, pasukan Salib-Kristen telah berbuat kejam, menyiksa dan menyakiti warga muslim.

Perang Salib 3

Jatuhnya Yerusalem dalam kekuasaan Salahuddin menimbulkan keprihatinan besar kalangan tokoh-tokoh Kristen. Seluruh penguasa negeri Kristen di Eropa berusaha menggerakkan pasukan salib lagi. Ribuan pasukan Kristen berbondong-bondong menuju Tyre untuk berjuang mengembalikan prestis kekuatan mereka yang telah hilang. Menyambut seruan kalangan gereja, maka kaisar Jerman yang bernama Frederick Barbarosa, Philip August, kaisar Perancis yang bernama Richard, beberapa pembesar kristen rnembentuk gabungan pasukan salib. Dalam hal ini seorang ahli sejarah menyatakan bahwa Perancis mengerahkan seluruh pasukannya baik pasukan darat maupun pasukan lar.rtnya. Bahkan wanita-wanita Kristen turut ambil bagian dalam peperangan ini. Setelah seluruh kekuatan salib berkumpul di Tyre, mereka segera bergerak mengepung Acre.

Salahuddin segera menyusun strategi untuk menghadapi pasukan salib. Ia menetapkan strategi bertahan di dalam negeri dengan mengabaikan saran para Amir untuk melakukan pertahanan di luar wilayah Acre. ”Demikianlah Salahuddin mengambil sikap yang kurang tepat dengan memutuskan pandangannya sendiri’” ungkap salah seorang ahli sejarah. Jadi Salahuddin mestilah berperang untuk menyelamatkan wilayahnya setelah pasukan Perancis tiba di Acre.

Pada tanggal 14 September 1189 M. Salahuddin terdesak oleh pasukan salib, namun kemenakannya yang bernama Taqiyuddin berhasil mengusir pasukan salib dari posisinya dan mengembalikan hubungan dengan Acre. Dalam hal ini Ibn al-Athir menyatakan, “pasukan muslim mesti melanjutkan peperangan hingga malam hari sehingga mereka berhasil mencapai sasaran penyerangan. Namun setelah mendesak separuh kekuatan Perancis, pasukan muslim kembali dilemahkan pada hari berikutnya.

Kota Acre kembali terkepung selama hampir dua tahun. Sekalipun pasukan rnuslim menghadapi situasi yang serba sulit selama pengepungan ini, namun mereka tidak patah semangat. Segala upaya pertahanan pasukan muslim semakin tidak membawa hasil, bahkan mereka merasa frustasi ketika Richard dan Philip August tiba dengan kekuatan pasukan salib yang maha besar. Sultan Salahuddin merasa kepayahan menghadapi peperangan ini, sementara itu pasukan muslim dilanda wabah penyakit dan kelaparan. Masytub, seorang komandan Salauhuddin akhirnya mengajukan tawaran damai dengan kesediaan atas beberapa persyaratan sebagaimana yang pernah diberikan kepada pasukan Kristen sewaktu penaklukan Yerusalem dahulu. Namun sang raja yang tidak mengenal balas budi ini sedikit pun tidak memberi belas kasih terhadap ummat muslim. la membantai pasukan muslirn secara kejam.

Setelah berhasil menundukkan Acre, pasukan salib bergerak menuju Ascalon dipimpin oleh Jenderal Richard. Bersamaan dengan itu Salahuddin sedang mengarahkan operasi pasukannya dan tiba d i fucalon I e6l h awil. Ketika tiba di Ascalon, Richard mendapatkan kota ini telah dikuasai oleh pasukan Salahuddin. Merasa tidak berdaya mengepung kota ini, Richard mengirimkan delegasi perdamaian menghadap Salahuddin. Setelah berlangsung perdebatan yang kritis, akhirnya sang sultan bersedia menerirna tawaran damai tersebut. ”Antar pihak Muslim dan pihak pasukan salib menyatakan bahwa wilayah kedua belah pihak saling tidak rnenyerang dan menjamin keamanan masing-masing, dan bahwa warga negara kedua belah pihak dapat saling keluar masuk ke wilayah lainnya tanpa, gangguan apa pun”. Jadi perjanjian damai yang menghasilkan kesepakatan di atas mengakhiri perang salib ke tiga.

Setelah keberangkatan Jenderal Richard, Salahuddin masih tetap tinggal di Yerusalem dalam beberapa lama. Ia kemudian kembali ke Damaskus untuk menghabiskan sisa hidupnya. Perjalanan panjang yang meletihkan ini mengganggu kesehatan sultan dan akhirnya ia meninggal enam bulan setelah tercapai perdamaian, yakni pada tahun 1193 M. Seorang penulis berkata, “Hari kematian Salahuddin merupakan musibah bagi islam dan ummat lslam, sungguh tidak ada duka yang melanda mereka setelah kematian empat khalifah pertarna yang melebihi duka atas kematian Sultan Salahuddin”.

Salahuddin bukan hanya seorang Prajurit, ia juga seorang yang mahir dalam bidang pendidikan dan pengetahuan. Berbagai penulis berkarya di istananya” Penulis yang ternama di antara mereka adalah Imaduddin, sedang hakim yang termasyhur adalah al-Hakkari. Sultan Salahuddin mendirikan berbagai lembaga pendidikan seperti madrasah, perguruan, dan juga mendirikan sejumiah rumah sakit di wilayah kekuasaannya.

Perang Salib 4

Dua tahun setelah kematian Salahuddin berkobar perang salib keempat atas inisiatif Paus Celestine III. Namun sesungguhnya peperangan antara pasukan muslim dengan pasukan Kristen telah berakhir dengan usianya perang salib ketiga. Sehingga peperangan berikutnya tidak banyak dikenal. Pada tahun 1195 M. pasukan salib menundukkan Sicilia, kemudian terjadi dua kali penyerangan terhadap Syria. Pasukan kristen ini mendarat di pantai Phoenecia dan menduduki Beirut. Anak Salahuddin yang bernama al-Adil segera rnenghalau pasukan salib. la selanjutnya menyerang kota perlindungan pasukan salib. Mereka kemudian mencari tempat perlindungan ke Tibinim, lantaran semakin kuatnya tekanan dari pasukan muslim, pihak salib akhirnya menempuh inisiatif damai. Sebuah perundingan menghasilkan kesepakatan pada tahun 1198M, bahwa peperangan ini harus dihentikan selama tiga tahun.

Perang Salib 5

Belum genap mencapai tiga tahun, Kaisar Innocent III menyatakan secara tegas berkobarnya perang salib ke lima setelah berhasil rnenyusun kekuatan miliier. Jenderal Richard di lnggris menolak keras untuk bergabung dalam pasukan salib ini, sedang mayoritas penguasa Eropa lainnya menyarnbut gembira seruan perang tersebut. Pada kesempatan ini pasukan salib yang bergerak menuju Syria tiba-tiba mereka membelokkan geiakannya menuju Konstantinopel. Begitu tiba di kota ini, mereka membantai ribuan bangsa romawi baik laki-laki maupun perempuan secara bengis dan kejam. pembantai ini berlangsung dalam beberapa hari. Jadi pasukan muslim sama sekali tidak mengalami kerugian karena tidak terlibat dalam peristiwa ini.

Perang Salib 6

Pada tahun 613 H/1216M, Innocent III mengobarkan propaganda perang salib ke enam. 250.000 pasukan salib, mayoritas Jerman, mendarat di Syria. Mereka terserang wabah penyakit di wilayah pantai Syria hingga kekuatan pasukan tinggal tersisa sebagian. Mereka kemudian bergerak menuju Mesir dan kemudian mengepung kota Dimyat. Dari 70.000 personil, pasukan salib berkurang lagi hingga tinggal 3.000 pasukan yang tahan dari serangkaian wabah penyakit. Bersamaan dengin ini, datang tambahan pasukan yang berasal dari perancis yang bergerak menuju Kairo. Narnun akibat serangan pasukan muslim yang terus-menerus, mereka men jadi terdesak dan terpaksa rnenempuh jalan damai. Antara keduanya tercapai kesepakatan damai dengan syarat bahwa pasukan salib harus segera meninggalkan kota Dimyat.

Perang Salib 7

Untuk mengatasi konflik politik internal, Sultan Kamil mengadakan perundingan kerja sarna dengan seorang jenderal Jerman yang bernarna Frederick. Frederick bersedia membantunya rnenghadapi musuh-musuhnya dari kalangan Bani Ayyub sendiri, sehingga Frederick nyaris menduduki dan sekaligus berkuasa di yerusalem. Yerusalem berada di bawah kekuasaan tentara salib sampai dengan tahun 1244 M., setelah itu kekuasaan salib direbut oleh Malik al-shalih Najamuddi al-Ayyubi atas bantuan pasukan Turki Khawarizmi yang berhasil meiarikan diri dari kekuasaan Jenghis Khan.

Perang Salib 8

Dengan direbutnya kota Yerusalern oleh Malik al- Shalih, pasukan salib kembali menyusun penyerangan terhadap wilayah lslam. Kali ini Louis IX, kaisar perancis, yang memimpin pasukan salib kedelapan. Mereka mendarat di Dirnyat dengan mudah tanpa perlawanan yang beranti. Karena pada saat itu Sultan Malikal-shalih sedang menderita sakit keras sehingga disiplin tentara muslim merosot. Ketika pasukan Louis IX bergerak menuju ke Kairo melalui jalur sungai Nil, mereka mengalami kesulitan lantaran arus sungai mencapai ketinggiannya, dan mereka juga terserang oleh wabah penyakit, sehingga kekuatan salib dengan mudah dapat dihancurkan oleh pasukan Turan Syah, putra Ayyub.

Setelah berakhir perang salib ke delapan ini, pasukan Salib-Kristen berkali-kali berusaha mernbalas kekalahannya, namun selalu mengalami kegagalan.

Akibat Perang Salib

Perang salib yang berlangsung lebih kurang dua abad membawa beberapa akibat yang sangat berarti bagi perjalanan sejarah dunia. Perang salib ini menjadi penghubung bagi bangsa Eropa mengenali dunia lslam secara lebih dekau yang berarti kontak hubungan antara barat dan timur semakin dekat. Kontak hubungan barat-timur ini mengawali terjadinya pertukaran ide antara kedua wilayah tersebut. Kemajuan ilmu pengetahuan dan tata kehidupan masyarakat timur yang”maju menjadi daya dorong pertumbuhan intelektual bangsa barat, yakni Eropa. Hal ini sangat-besar andil dan peranannya dalam meahirkan era renaissance di Eropa.

Pasukan salib merupakan penyebar hasrat bangsa Eropa dalam bidang perdagangan dan perniagaan terhadap bangsa-bangsa timur. Selama ini bangsa barat tidak mengenal kemajuan pemikiran bangsa timur. Maka perang salib ini juga membawa akibat timbulnya kegiatan penyelidikan bangsa Eropa mengenai berbagai seni dan pengetahuan penting dan berbagai penemuan yang teiah dikenali ditimur. Misalnya, kompas kelautan, kincir angin, dan lain-lain, Mereka juga menyelidiki sistem pertanian, dan yang lebih penting adalah mereka rnengenali sistem industri timur yang telah maju. Ketika kembali ke negerinya, Eropa, mereka lantas mendirikan sistem pemasaran barang-barang produk timur. Masyarakat barat semakin menyadari betapa pentingnya produk-produk tersebut. Hal ini menjadikan sernakin pesatnya pertumbuhan kegiatan perdagangan antara timur dan barat. Kegiatan perdagangan ini semakin berkembang pesat seiring dengan kemajuan pelayaran di laut tengah. Namun, pihak muslim yang semula menguasai jalur pelayaran di laut tengah kehilangan supremasinya ketika bangsa-bangsa Eropa menempuh rute pelayaran laut tengah secara bebas.

Runtuhnya  DINASTI ABBASIYAH

Ketika itu, selama periode perang salib, panglima dan pasukan muslim telah menunjukkan sikap mereka yang sangat menawan dan bijaksana. Mereka penuh kesabaran dalam berjuang dan gigih dalam pertahanan, pemaaf dan ksatria.

Sementara itu bersamaan dengan periode ini, kekhilafahan Abbasiyah di Bagdad tengah dilanda konflik politik internal. Bahkan ketika kekuasaannya terancam oleh serangan pasukan salib, mereka sama sekali tidak mengambil sikap peduli. Mereka tenang saja di istana Bagdad bermalas-malasan dan boros. Pola kehidupan sang khalifah yang demikian ini berlangsung terus-menerus sampai Bagdad ditundukkan oleh Hulagu Khan, cucu Jenghis Khan. Hulagu dengan sangat mudah menghancurkan kota Bagdad dan membunuh Khalifah Abbasiyah yang terakhir, yakni al-Musta’sim. peristiwa ini terjadi pada tahun 1258 M. yang menandai akhir masa kekuasaan dinasti Abbasiyah.

Sumber: Prof. K Ali, A study of Islamic History, versi terjemahan “Sejarah Islam (Tarikh Pramodern)”, PT RajaGrafindo Persada, 1996, Jakarta.

About these ads

198 gagasan untuk “Sejarah Perang Salib

  1. Assalamu’alaikum, wr wb.
    Blog Anda sangat bermanfaat.Yang bodoh ini,Mohon ijin turut menimba ilmu. sekaligus nge – link. semoga tambah bermanfaat. Amin
    Salam kenal.terimakasih.
    Wasalamu’alaikum wr. wb.

  2. Assalamualiakum Wr Wb ya gitu memang kaum Nasrani/kafir tidak akan pernah puas karena balas dendam serius dan kronis sebab “tuhannya” disiksa dan dihinakan sampai sekarang masih balas dendam tak berujung SEMOGA KITA SELALU DIRIDHOI DAN DIBERI HIDAYAH ALLOH SWT AMIN

      • iia..liat dulu dan pelajari dulu agama mu..turuti aja kprcyaan masing2…ngpain nguus orang lain!!!
        :@

      • Agama saya dalam kitab al-quran Allah berfirman Lakum di nukum waliyyadin yang artinya agamamu agamaku jadi kita umat islam tidak pernah mau ambil pusing tentang urusan agama orang lain jika anda tertarik untuk mempelajari islam dan agama-agama lainya di muka bumi ini kami umat islam tidak pernah mau ikut campur karena itu adalah hak anda sebagai manusia so semua agama dan isi langit dan bumi ini adalah milik ALLAH SWT bukan milik manusia karena manusia di ciptakan dan diturunkan di muka bumi ini hanya untuk mengelolanya saja bukan untuk hal-hal yang lain..ok keep smile with everyone cause we are same

      • assalmualaikum

        semoga saja semua non islam dibuka hati nuraninya oleh ALLAH S.W.T ,sesungguhnya mereka adalah kaum yang salah jalan

      • salam damai beserta mu. saya seorang katolik, tapi tentang perang salip ini memang terjadi karena keserakahan manusia yang tidak mengerti jalan Kebenaran dalam Hidup ini .sebab ada tertulis dalam kitab kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.dan dalam perang salib ini sepertinya mereka semua salah jalan tidak memegang ajaran Kristus dimana yang menjadi dasar dari ajaran ini adalah kasih. tapi jika di bilang salah jalan saya sebagai seorang katolik mengatakan perang ini salah. dan semua perang adalah salah, apalagi yang mengatas namakan Tuhan. sebab Tuhan memliki Nama yang Kudus yang tidak boleh di nodai dengan pembunuhan, keserakahan dan hal buruk lainya.

      • Yg nulis kliatan bngt berat sebelah!! gush jlek2n agama lah, sampai2 ngmongn agama lain kafir!!

        g ada agama yg tidak baik, jgn mudah trprovokasi
        jgn mudah prcaya hanya dengan 1 sumber yg g jelas asalny sdra2..

        Hidup ini damai jika kita saling menghargai dan menghormati satu sama lain

        –> mas/mbak.. ngemeng2, ibu anda siapa?

    • Sudahlah.
      Islam mengajarkan “TOLERANSI antar umat beragama”.
      Toh semua agama mengajarkan kebaikan, kemanusiaan, dan yang terpenting ketuhanan.
      Saya muslim tapi tetap bermain dengan orang” beragama lain, bahkan konsep Tritunggal nasrani juga saya pelajari.
      Perdamaian itu indah kawan.

      Intinya dalam toleransi beragama : agamamu kepercayaanmu, agamaku kepercayaanku.

    • Omong kosong, umat muslim waktu kalian tdk akan lama lg di muka bumi, kalian orang kafir tp sok suci, sy g hbs pikir btapa bodohx kalian umat islam karena pergi naik haji hnya untuk memperkaya arab saudi doang kamu bego, air zamzam atw sbgx itu air PDAM doang kok, berdoa jungkir balik tiap hari tp nafsu binatang kalian g pernah hilang, yg perempuan pake jilbab tp pepex di makan ulat, PSK yg ada di indonesia 99% adalah wanita muslim berjilbab,

      • ada berita baik, datang dari surga,. Yesus masuk ISLAM!!!! HHAHAHAHAHA

        –> itu bukan berita, itu sejak dulu mas… hehehe

      • Kan Indonesia, gmn dengan pelacur2 amerika, eropa, apa mereka mayoritas muslim, tidak …mereka mayoritas KRISTEN…
        .dan bagaimana dg Pastor Gay, Pendeta yang menghamili biarawatinya, klau mau menjelek2an, kami orng MUSLIM pun tidak kekurangan bahan dan faktanya…Agama ISLAM bagi saya sebagai MUSLIM adalah agama sebaik2 agama, namun semua kembali ke pribadi masing2, manusia tdk mungkin dr lahir sampai mati tidak punya dosa.Anda sendiri, yakinkah anda orang yang sama sekali tidak punya dosa ???
        Daripada ngurusin agama orang dan cara KAMI MUSLIM beribadah, lebih baik anda urusi ibadah anda, dan iman anda, semakin jauh anda menghina ISLAM, semakin saya mengimani apa yang saya yakini

      • dinegara eropa, siapa yg masuk islam,, akan dibantai.. karena dibenua eropa sekitar 95% org kristen..
        islam=ajaran sesat…

      • Untuk anti Muslim. Kenapa situ melenceng dari pokok bahasan ??? Ini membahas kekejian kaum kristen dalam perang salib. kenapa kok membahas ibadah haji hanya memperkaya Arab Saudi & menyamakan air zam-zam dengan air pdam, apa hubungannya ??? Islam situ katakan ajaran sesat, ngaca dulu ya !!! Coba baca tuh ayat2 bibel dari perjanjian lama { Kejadian 12:10-20, yg mengajarkan ajaran dusta & menghalalkan segala cara & ayat2 perjanjian baru 1 korintus 9:19-23 yang mengajarkan penipuan & kemunafiqan.} Kamu kristen ya, bisa jawab pertanyaanku ??? Kalau tdk bisa menjawab, saranku ” DAUR ULANG ” kitab bibelmu !!!

      • Ahmad bagus
        Sampai baca bible juga yh.., apa bosen bca kitab sndiri
        ckck

        katanya agamamu kepercayaanmu, agamaku kepercayaanku.
        :)

    • benar slau begitu umat nasrani dia ingin blas dendam ke kita umat muslim biarkan lah kita sabar saja biar ALLOH SWT yang membalas nya takbir ALLOH HUAKBAR

      • Syalom,
        Tidak semuanya orang kristen berbuat demikian, ada yang terlalu menghayati hukum” tsb membuat mereka mangambil jalan yang salah. karena Yesus mengajarkan kita semua untuk saling mengasihi, saling mengampuni, serta memberikan pipi kanan kita jika pipi kiri kita di tampar. yang artinya harus memaafkan. Kiranya Allah mengasihi sekeluarga anda.

  3. Muslim, orang yg memegang teguh ajaran agamanya, mesti dahulu banyak orang muslim dibantai secara keji oleh tentara kristen/salib, tapi pada kemenangan akhir, sangat mulia para pemimpin muslim tidak melakukan hal yg sama, bahkan memaafkan dan memberikan ampunan…,,,amin…

  4. Islam akan selalu jaya karena Allah sebagai pelindung. tapi umat islam saat ini wajib menjunjung tinggi komitmen Islamnya sebagaimana para pejuang islam saat dahulu. membaca sejarah perjuangan Islam meneguhkan keyakinan saya akan bensarnya jalan islam yg baru sesaat saya miliki.

  5. assalmu’alaikum thanks bwt artikelnya, ada bae’nya, kommennya ga ush nyinggung kepercayaan laen :p
    islam rahmatan lil alamin

    –> wa’alaikum salam wrwb. terima kasih kembali. ini peringatan juga boeat man-teman yg lain.

  6. assalmu’alaikum.
    makasi atas tulisanya :)
    kebetulan saya iseng membadingkan dengan perang salib di mata penganut kristen , dan ceritanya aga beda.. haha..
    skali lagi terimakasih atas ilmunya yg bermanfaat ini.
    wassalamu’alaikum.

    • assalamu’alaikum.
      cerita perang salib memang bayak berbeda antara sejarawan timur tengah dengan sejarawan barat karena karena mereka melihat dengan sudut pandang yang beda pula.
      aku pernah membaca buku seorang sejarawan abad 20 an yang sangat disegani di dunia barat bahwa kerajaan barat memang kejam terhadap dan menindas terhadap rakyatnya sendiri, dengan kedatangan umat islam membuat rakyat merasa diselamatkan dan di jujung tinggi hak nya.
      beliau berkata bahwa sejarawan barat kalau mencatat dokumen kurang jujur utuk mencatak peristiwa peristiwa perang salib dan membuat desas sesus yang negatif terhadap timur tengah. klw sejarahwan timur tengah mereka menjunjung tinggi kejujuran penulisan tentang perang salib sampai mendetail walaupun mengalami kekalah yang menyakitkan pun mereka tulis dengan sejujur jujurnya.

      • Buat semua para komenters sekalian yang bijak, tidak mengindahkan keaslian cerita yang mana harus di ikuti , untuk penilaian mengenai kekejaman pemerintahannya bangsa barat dan kesabaran dan keramahtamahan yang di tunjukkan oleh bang sa timur (islam) bagi saya tidak perlu diragukan lagi. menyadur dari referensi film yang popular (Kingdom of Heaven) dalam mengkisahkan perang alib di masa Sultan Salahudin , itu semua sudah membuktikan bila Islam memang sangatlah adil dalam memperlakukan manusianya.. (terlihat pada scene akhir pada film yang membenarkan bahwa tidak ada perlakuan yang berbeda pada non muslim setelah umat muslim menduduki wilayah tsbt) ,… di tambah film ini juga digarap oleh umat Kristen secara dominan..

      • ATHEIS. . . . .
        aqhu sependapat dengan Anda,, Mreka terlalu Fanatik hingga saling tuduh,, saling bentak,, saling hina,, :(

        menyedihkan sekali melihat sesama manusia saling menjatuhkan & menghardik satu sama laiind. . . . padahal dalam ajaran manapun tidak diperkenakan hal tersebut :(

  7. Hei smua yg ditampilkan di sini berat sebelah, kalo memang apa yg disajikan di sini fakta, coba berikan buktinya Jangan asal tulis dong

    • makanya,,,, sikapilah tulisan dengan kritis…. tidak usah emosional karena tidak akan menyelesaikan kehausan kita akan ilmu……. berterimakasih saja sama semua orang yang sudah mau menuliskan pengetahuan yang dimilikinya,,, masalah setuju atau tidak itu diserahkan kepada pembaca…

    • kata-kata yang di jadikan sejarah selalu berlainan 1 dengan yang lain, bukan membela mana tapi apa yang di haruskan kita percaya yang mana. percayalah apa yang menurut anda Benar. bukan berdasarkan tulisan. melainkan iman anda. dan lakukanlah dengan penuh kasih tentang Iman anda tersebut

    • Ada atau tidak bukti dari tulisannya, sekedar memberi referensi bahwa kisah diatas sudah diceritakn difilm sekaliber box office (Kingdom of Heaven) yang notebene dibuat oleh orang barat pula… Buat semua para komenters sekalian yang bijak, tidak mengindahkan keaslian cerita yang mana harus di ikuti , untuk penilaian mengenai kekejaman pemerintahannya bangsa barat dan kesabaran dan keramahtamahan yang di tunjukkan oleh bang sa timur (islam) bagi saya tidak perlu diragukan lagi. menyadur dari referensi film yang popular (Kingdom of Heaven) dalam mengkisahkan perang alib di masa Sultan Salahudin , itu semua sudah membuktikan bila Islam memang sangatlah adil dalam memperlakukan manusianya.. (terlihat pada scene akhir pada film yang membenarkan bahwa tidak ada perlakuan yang berbeda pada non muslim setelah umat muslim menduduki wilayah tsbt) ,… di tambah film ini juga digarap oleh umat Kristen secara dominan.. apa perlu dibuktikan lagi kesahihan dari Perang Salib itu sendiri????

  8. Ping-balik: Sejarah Perang Salib (via Catatan harian seorang muslim) « Yaxzein's Blog

  9. trims…
    saya harus paham dan mengerti tentang perang salib.. versi Islam dan Kristen. biasanya versi kristen tidak objectif. saya akan harus cari penulis non muslim yg objectif

    • loh ternyata tidak objektif ya?? liat filmnya aja. cukup keren loh filmnya kalo ga salah judulnya “kingdom of heaven.” ^_^ lebih baik kalo nyari penulis itu milih yang tengah aja yang punya backgroud bukan kristen atau muslim. karena itu yang netral biasanya..

      • dalam al qur’an telah jelas, ,

        120. Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
        (al baqarah)

  10. Alhamdulillah hari ini jam ini di kotaku rukun banget antara muslim dan nasrani…sebetulnya semua agama diajarkan untuk saling mengasihi…Peace aja deh kan enak….gk da yg sakit hati..akhirnya bisa awet muda..yg realistis aja dah

  11. Terimakasih atas tulisannya, saya telah membaca sejarah perang salib Versi Islam dan Kristen, setelah dibandingkan Pimpinan Isalam lebih lembut dan pema’af.
    dari versi kriten ada komentar bahwa mereka menyadari tidak boleh menyentuh situs suci orang lain.

  12. Jd siapa sbnrnya yg mengajarkan agma kasih??
    Mrka slalu menggembar-gemborkan agma kasih. . .
    Mrka yg slalu menggembr-gemborkan muslim agama teroris. . .
    Nyatanya?
    Mrka yg memulai perang salib, Mrka yg memulai perang dunia 1, 2, sbntr lg 3. . .
    Mrka yg mendirikan paham nazi,komunis, dan saudara2nya,
    Mrka yg membantai minoritas yahudi,muslim d eropa,
    Merka yg membom Hiroshima dg senjata pembunuh masal!
    Knpa mrka membuat senjata pmbunuh masal? Apakah mrka tdk brfikir akibatnya? Karna memang tabiat mrka, mrka mnyukai yg instant.. Dlu dg pedang dan api mrka tga membantai dan membumi hanguskan sglanya. . Skrang dg hanya mnekan 1 tombol mrka bsa mlakukan itu. . .
    Walluhu a’lam

    • TIdak usah berkomentar yg mana yg salah…agama tidak menjamin seseorang itu suci ataupun kafir. Yg penting adalah hati yg bersih dan perbuatan yg terpuji yg tdk didasarkan oleh kemunafikan. Kalau mau bicara kejelekan, kedua belah pihak ada kejelekan masing2.

      –> kata-kata anda membingungkan.

      • sip lah.. mana yang benar atau yang salah hanya tuhan yang maha tahu. Saya percaya adanya hari Pengadilan/pembalasan setelah mati.. Mau tahu yang benar tunggulah setelah kita mati..haaa haa..

    • loh… kenapa bilang seperti itu… jangan lupa agama tuh bukan aliran kepercayaan saja dan kalo di anut dengan baik akan menjadikan kedamaian kita. wah ini belajar sejarah dimana?? perang dunia 1,2 yang nyebakan siapa sich? menurut pelajaran sejarah rata2 penyebabnya adalah negara bukan Agama. lalu yang mengakhiri perang adalah koalisi negara lawan bukan agama lawan. kalau hiroshima tidak di bom Indonesia apa Bisa melangsungkan proklamasi?? loh paham contohnya nazi dan komunis itu juga aliran kepercayaan atau agama ya??

      • wahh… tambah ngelantur dari topik..
        liat artikel bro..tuh perang salib..
        emang yang meneybabkan tuh latar belakang agama..yang menggerakkan adalah pemimpin agama..!!
        baca kakagak nih..
        mungkin saja agama mereka tidak mengajarkan yg jelek..
        tapi yang mengumandagkan alais ngajak umatnya unutk perang tuh kan pemimpin agamanya…!!
        perkara perang dunia , nazi , komunis and lain2..tunggu saja artikel yg terkait buat koment….
        yag jelas buat saya hanya agama saya yg baik…tidak agama lain..
        hanya ajaran agama saya melarang untuk menganggu atau menghujat agama lain dan pemeluknya….

    • makanya pande lah lae…
      untuk apalah kao ini sok sok an komen sok hebat gitu, sok ngerti gitu..
      jangan sok bener kao..
      cerita bom lah , kafir, atau senjata pemusnah massal..
      lihat aja kenyataan Nya , ga usah banyak komentar.
      Tuhan mengasihi “umat” yang dikasihi Nya..
      “aku dan kau “..
      orang barat lebih maju dan makmur dari kita berarti ,
      Tuhan mengasihi mereka juga kan..
      berarti kasih Tuhan lebih besar kepada mereka dari pada Aku dan kao.
      sehingga mereka bisa hidup lebih sejahtera dan makmur…
      karna apa kita kurang diberi hikmat
      karna terlalu banyak kemunafikan yang kita lakukan, sok jujur, sok taat , sok benar
      kita tidak pernah menyadari ke dalam diri kita.
      tanyalah diri kita sendiri..
      perbuatan baik apa yang telah kulakukan , baik dimata Tuhan maupun manusia..?

      –> Allah itu ar Rahmaanu, memberikan kasih sayang-Nya pada semua makhluk-Nya di dunia ini. Tidak peduli muslim atau kafir, taat atau tidak. Semuanya diberi kasi sayang-Nya. Ini yg anda ungkap di komentar anda.

      Selain itu, Allah juga ar Rahiimu, memberikan kasih sayang-Nya hanya kepada makhluk-makhluk yg taat kepada-Nya, beriman kepada-Nya. Itu lah antara lain berupa kenikmatan iman islam di dunia ini, hal yg tidak bisa dinikmati oleh orang-orang yang tdk beriman kepada-Nya. Kasih sayang ar Rahiimu ini akan diberikan lebih-lebih lagi di akhirat nanti. wallahu a’lam.

      • ..ngaco, bilang tuhan lebih mengasihi orang barat..dapat laporan dari mana..asal nyocot aja..
        jangan sok ngutip ayat kalo gak ngerti penafsirannya..!!
        sudah kaha anda belajar agama dengan benar…
        bagai amnakah Ia menunjuk kan kasih sayang-Nya terhadap umatnya..
        apa ahnya dengan kecukupan ekonomi ala Barat..??
        atau kemajuan teknologi ala Barat..??
        ngaca dulu sebelum mengutip ayat…
        atau ngaji dulu sama ortumu…atau gak penah ngaji ya…??

    • Knapa jadi NAZI dibawa2 ??
      NAZI sama sekali tak ada kaitannya dan tak pernah bermusuhan dengan muslimin, tak tahukah anda bahwa sbanyak kurang lebih 60.000 militer nazi adalah muslimin ??tak tahukah anda bahwa banyak sekali entara dari negeri timur tengah yang denga sukarela menjadi prajurit sukarelawan Nazi ?, dan tahukah anda bahwa HITLER sangat menghormati kaum muslim ? bahkan dia bersahabat baik dengan Mufti Jerussalem ??, tak pernah ada sejarahnya, NAZI memusuhi kaum muslimin, satu hal kesamaan MUSLIMIN dengan NAZI, bahwasanya sama2 memiliki musuh yang bahkan dalam Al-Qur’an sudah dicap sebagai kaum termunafik dan licik yang ada di muka bumi, YAHUDI

  13. Ass..
    Artikel ini bisa bikin banyak orang pengetahuan dan ane sangat yakin bahwa artikel ini BENAR-BENAR NYATA!!!
    Ane mau izin Ctrl+C + Ctrl+V ato Copy singkatnya Paste gan..
    hhe..
    Wass..

  14. Begitulah bila agama hasil rekayasa dan propaganda…. Sy yakin tuan ‘Saul of Tarsus’ sang Pioneer sdg merasakan apa yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. di alam sana. Bila kita perhatikan, tidak ada aturan agama yg jelas disana, yang ada hanyalah ‘doktrin’ yg keluar dari mulut sang pendeta. karena Bible tidak memilki aturan hidup yang jelas. yang ada hanyalah pertentangan yang luar biasa antara ‘Perjanjian Baru’ dan Perjanjian Lama’. tidak ada agama ‘cinta kasih’ disana, yang ada hanyalah ‘kristenisasi’ yang semakin merejalela, yang selalu berusaha mengelabui saudara muslim kita yang miskin dan dangkal akidah. Dari semenjak 14 abad yang lalu Allah SWT. telah mengingatkan kita bahwa,”Sesungguhnya orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang padamu (Muhammad) sampai engkau mengikuti mereka”. HaturNuhun pisan artikelna! Mugi janten amal sholeh…Amin!

    • wah anda orang yang paham banget dengan Perjanjian Baru dan Lama. tapi anda mengerti cara membacanya tidak? saya seorang katolik salut banget dengan anda. Btw saul of tarsus dulu juga menganiaya orang yang percaya dengan kristus loh… atau pada jaman tersebut di sebut Kristen. dan apa yang terjadi dia adalah orang yang paling sering menyebarkan kekristenan. kalau anda lihat banyak sekali surat yang di tulis olehnya di perjanjian baru. loh dasarnya kan kasih, buktinya apakah dalam surat2 tersebut ada kalimat mengancam? bandingkan dengan kata “mengecam”. kok bisa di bilang mengelabui orang muslim?? dan salam damai besertamu

    • maaf ya mas. menurut saya yang benar itu adalah satu. tidak mungkin ada dua yang beda tapi semua benar, yang mungkin adalah salah satu salah, atau keduanya salah. jadi untuk menuju hal yang benar perlu pengetahuan dan kajian yang mendalam, walaupun kita juga harus tetap menjaga toleransi antar muat beragama

      • semua sama saja nggak disana nggak disini,nggak keroco nggak jendral…menggunakan agama untuk melegalisasi kekerasan…semua pada ngaku benar sendiri….konyol…

  15. Cooooool. Mantaaaap. Maju terus pembodohan dan penyesatan informasi dan pengetahuan. Go to hell !!!!!

    –> yang pembodohan dan penyesatan yang mana mas? artikel diambil dari sumber shahih. Lihat sumber.

  16. kalau ingin cerita yang netral baca aja wikipedia, gitu aja susah

    –>wikipedia itu justru tidak bisa dipakai sebagai rujukan, karena setiap orang dapat mengganti dan menulis sesuai kehendak masing-masing.

  17. saya Muslim (kita ga usah cari yg mana yg benar yg mana yg salah dalam setiap agama pasti ada orang yg baik dan ada yg anarki maka yg sudah terjadi biarlah terjadi) andai ada kesalahan pada saat itu bknlah dari agamanya tapi dari personal orang itu sendiri yg mungkin saja memegang kekuasaan pd saat itu. tugas bagi kita sekarang bagaimana cara menjaga perdamaian saat ini jgn membuat provokasi dsb. apa yg terjadi didunia ini sudah menjadi suratan tinggal bagaimana cara kita menjalaninya.

    Nb: Jalani aja apa yg menjadi kepercayaan masing-masing karena karena kita hanya bertanggung jawab atas dosa kita sendiri bukan dosa orang lain.

    (cuma pendapat dari seorang yg tidak bnyk mengetahui sejarah & Agama)
    Terima kasih.

  18. Sejarah Perang Salib adalah perisitwa heroik dari pertahanan kaum Muslim dan sebuah realita fitnah yang ditimpakan kepada mereka. Cukuplah itu sebagai sejarah. Tapi bukan sekedar sejarah. Kemenangan kaum Muslim pada Perang Salib hendaknya dijadikan bukti nyata bahwa jihad fi sabilillah itu akan menjanjikan kemenangan jika disertai persatuan di dalam tubuh kaum Muslim; untuk menghilangkan penyakit Wahn yang diramalkan Rasulullah.

    Tidak perlu mencela orang-orang Nasrani. Itu akan membuahkan kebencian (maksudnya malah terjadi sengketa ejek-mengejek antar agama di forum ini). Kalau memang itu benar (dan memang benar) dari ayat-ayat Allah tentang realita sebagian orang Nasrani dan Yahudi terhadap kaum Muslim, cukup kaum Muslim saja yang tahu.

    Semangat jihad fi sabilillah harus ditanamkan pada hari ini untuk menjauhi sifat cinta dunia (realita terkini). Ingat, bahwa Perang Salib Baru telah terjadi di negeri Timur Tengah; Palestina, Afganistan, Irak, dan negeri kaum Muslim lain (sebagian negeri kaum Muslim dilemahkan dari segi ideologinya untuk mengekor pada budaya Barat yang sekuler). Semangat jihad, harus dihimpun sejak dini, mulai hari ini.

    Itu adalah nasihat yang baik dan bijaksana yang bisa diambil dari sejarah Perang Salib.

  19. kalaupun sekarang terjadi lagi serangan(perang) dari negara2 kristen terhadap negara Islam,saya mah yakin bahwa negara2 Islam tidak akan bersatu seperti pada zaman kekhalipahan dulu. Kenapa? karena penguasa/pemimpinnya sekarang mah lebih cinta kepada kedudukan dan harta daripada kpada agama…..dan mereka sangat takut dengan mati. banyak negara yg tak mau ambil pusing ketika umat Islam ditindas negara lain…karena kalau ikut2an perang mereka takut negaranya hancur, kedudukannya tergusur….ya seperti Saddam Husein itu. “Biarin lah yg lain menderita dan ditindas yang penting bukan kita”gitu kira2 prinsip para pemimpin negara Islam sekarang ini.

  20. meskipun nama saya jelek , tapi saya tetap prcaya akan agama islam yg mulia ini ..
    Smoga smua umat muslim tahu sejarah* tntang islami seperti ini :)

  21. disitus yang ditulis crist dikatakan bahwa penyebab perang salib adalah karena pemerintahan muslim menghalangi umat nasrani berziarah ke yerusalem? apa benar begitu? tapi kenapa mereka (tidak semuanya) tidak menulsikan tentang kekejaman pasukan salib atas umat muslim pada saat menduduki Yerusalem, bukankah film holywood sendiri (kingdom of Heaven, dibintangi Orlando Blomm) telah menggambarkan bagaimana pasukan salib betindak kejam sementara pemimpim muslim Salahudin Al Ayyubi begitu pemaaf? lebih parah lagi, sebagian mereka (sebagian ya, ga semuanya) menyangkal adanya pemusnahan etnis muslim di Bosnia, padahal bukti-bukti begitu nyata, bahkan menumpahkan kealahan dan menyatakan kaum muslim adalah teroris, kenapa ya mereka (sebagian, tidak semua) begitu membenci kita?

  22. assalamualikum,,
    keren bgt pembahasanya dapat diterima dengan logika
    kenapa fakta banyak diputar balikkan??? karena media dikuasai dunia barat,,umat islam berperang untuk mempertahankan hak-hak yang dimilikinya karena itu sebuah kewajiaban semua umat islam sedangkan bangsa barat (kristen) berperang untuk merebut hak-hak yg telah dimiliki oleh orang lain…pejuang kemredekaan indonesia semuanya islam termasuk sisingamangaraja dan patimura kecuali bali,, mana ada pejuang indonesia orang kristen secara agamanya aja yg bawa penjajah( belanda dan portugis),,,,semasa indonesia dijajah org kristen indonesia menjadi antek2 belanda termasuk tentara belanda orang indonesia,,,orang muslim dan penganut anismisme di indonesia tertindas oleh belanda,,,indonesia merdeka org muslim menerima org kristen sebagi warga negara indonesia dengan terbuka…..

    • peperangan bukan lah suatu pemechan masalah ,sbab saya percaya apa yang didasarkan allah semua nya baik dan berkenan,BUKAN PEPERANGAN ,sadar perang salib yang terjadi hanya lah berbau keserakahan kekuasaan antara 2 peseteru,tetapi yang di ingin kan allah adlah kesatuan,sbab manusia adalah ciptaan yng sempurna dan berhaga dimata nya matanya

    • tanpa sadar kita tidak bisa saling menyalahkan …politik jangan di satukan dengan dekrit agama,sejarah biarlah sejarah tetapi jadi manusia yang baru dan haus akan kebenaran dan hati nurani,musuh kita adalah pengusa yng tidak terlihat ( iblis) itulah yng sesungguhnya

    • yang membawa kadalam perselisihan keturunan,hati 2 ALLAH tidak memeberikan hawa napsu membunuh dan berperang ,tetapi perangilah orang yng tersesat dan bawalah dalam kebenaran .itulah pemenang di mata ALLAH.yes thanks brother kita adalah anak anak TERANG.jadilah TERANG dalam KEGELAPAN

  23. perang salib jilid III sudah hampir mulai lho, hayu siap-siap,,,ambil senjata ……grak!!!
    lho,,,,,ko pada balik kanan semua? :o

  24. assalamualaikum wr. wb saudaraku ..
    agama islam sama agama kristen dari dulu ampe skrg sering berperang ..
    tapi kalo di liet liet agama laen adem adem aja yaa hehehe
    gk gembar gembor kaya gini ..
    tapi kalo di liet dari cerita perang ini kliatan yaa siapa yg memulainya lebih dahulu ..

  25. Insya Allah kisahnya shahih.nasihat untk diri kami dn saudara2 muslimq yg lain:tdk usah menjelek-jelekkan agama mereka(non muslim), krn dikhawatirkn mreka akn berbalik mengejek agama qt yg mulia dg ejekn yg jauh lbh buruk,fitnah.ini tlah diingatkn olh Rasulullah. Biarkn mreka dg hatix yg mati tersesat, di akhirat mreka akn menyesal sedalam dalamx. Yg perlu skrg adlh perbaiki aqidah, akhlak, dn ibadah, dn brsiap berperang.Allahu Akbar.long life islam.

  26. inti dari perang salib adalah memperebutkan tanah suci yarussalem, tau kenapa?
    karena disitulah tempat suci 3 agama, yaitu Yahudi, Nasrani (kristen) dan Islam.
    Yahudi dengan kuil tembok ratapannya, Nasrani dengan tempat lahirnya Isa (yesus) di tanah Yarussalem dan Islam dengan Masjidil Aqso, (tempat Nabi Muhammad melakukan mi’raj). dan sampai sekarang perang itu masih terjadi meskipun bukan perang salib lagi namanya, yaitu penjajahan Israel (yahudi) yang didukung penuh Amerika (nasrani) terhadap Palestina (Islam)… bisa disimpulkan bahwa perang tidak akan berhenti selama masing2 Agama ingin menguasai secara penuh tanah Yarussalem tersebut.

    …….alangkah indahnya jika ke 3 agama tersebut bisa hidup berdampingan di tanah suci Yarussalem tanpa tanpa adanya konflik agama dan saling menjujung tinggi hak2 yang dimiliki masing2 agama seperti pada masa sultan Sallahudin al-Ayyubi merebut kota Yarussalem…..
    apakah hal tersebut bisa terjadi saat ini ?? mungkinkah???

    • saya rasa gak akan mungkin karena iblis gak akan pernah putus asa menghancurkan manusia sampai saat kiamat tiba, jurus paling licik yg dimiliki iblis setelah godaan nafsu tdk lg mempan kpd manusia, dia akan menyerang kepada keyakin orang itu sendiri. (yakni agama)

    • saya juga ingin di jerusalem terjadi kerukunan 3 umat beragama. tapi ada sebuah kalimat yang mengatakan bahwa didaerah itu masalah pertikaiannya tidak akan selesai hingga akhir jaman.

  27. SIAPAKAH TERORIS ITU?
    APAKAH MUSLIM?
    Saya sangat menyukai jawaban salah
    seorang Sarjana Muslim Jerman ketika
    ditanya tentang Islam dan Terorisme.
    Dia bilang,
    “Siapa yang memulai Perang Dunia I?
    Muslim?
    Siapa yang membunuhi sekitar 20 juta
    orang Aborigin di Australia? Muslim?
    Siapa yang mengirimkan bom-bom
    nuklir ke Hiroshima dan Nagasaki?
    Muslim?
    Siapa yang membunuhi lebih dari 100
    juta Indian di Amerika Utara? Muslim?
    Siapa yang membunuhi lebih dari 50
    juta Indian di Amerika Selatan? Muslim?
    Siapa yang mengambil sekitar 180 juta
    orang Afrika sebagai Budak dan 88%
    dari mereka mati dan dibuang di
    Samudera Atlantik? Muslim?
    Tidak, mereka bukan Muslim! Pertama,
    anda harus mendefinisikan Terorisme
    dengan tepat! Jika seorang non Muslim
    melakukan sesuatu yang salah, maka itu
    adalah
    kejahatan. Namun jika seorang Muslim
    melakukan satu hal yang sama, maka
    dia adalah Teroris. Jadi, pertama,
    buanglah standar ganda itu.

  28. ini cerita dari sudut pandang muslim, ya pastinya jalan ceritanya mejelek-jelekan agama lawan, kemudian mengaggungkan agamanya, mudah d tebak jalan pikiran narator………………………..

      • Pikir dlu aja, klo kingdom of heaven dibkin jelekin islam mana brani mreka, org islam reaksinya dikit2 ngamuk
        Utk mreka yah mending ganyinggung islam lah, makanya borok2 islam ga dikasi liat
        Slain itu org barat sana ideologinya ud sekuler, jd jgn blang seakan2 mreka “kristen yang ngaku bersalah” dengan membuat film itu

      • Untuk Toni, bagaimana pendapat anda tentang film Fitna & Innocent of muslim, juga tentang berbagai karikatur yg menghina Junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Dusta & sangat pandai menfitnah ya org kristen ??? Coba baca Kejadian 12:10-20, apa itu artinya ??? Kalau pendapatku sih itu dogma ” MENGHALALKAN SEGALA CARA ” tanpa mau tau apa akibatnya utk org lain, agaimana pendapat anda ???

    • sebagai seorang muslim sebaiknya jangan mengikuti APRIL MOP. ini adalah bukan kegiatan orang islam, dan orang islam dilarang untuk meniru niru kegiatan orang yang beragama lain

  29. Saya rasa apa eang ditulis dalam blog ini sudah mendekati fakta dan tidak untuk mendeskriditkan agama laen!
    Sudah bnyk kita bhkn saya pribadi membaca sejarah tg kelakuan para misionaris dari dulu hingga skrg!
    Mereka umumnya akan memakai segala cara untuk memerangi islam!
    Bhkn dg berdusta sekalipun!
    Entah apa agama anda.
    Namun eang pazti coba buka injil dan lhat pernyataan
    rasul(palsu) paulus
    ” dan apabila karena dustaku maka kerajaan alah akan megah!
    Masihkah aku dianggap sbg pendosa”

    dalil eang menjadi landasan bgi umat kristiani untuk menghalalkan sgal cara demi berkembangnya kristen bhkn dg berbohong skalipun!
    Adalah naif jika alamat pendusta ditujukan kpda kami!
    Anda jangan lupa bgsa eang dulu menjajah kita adlah bgsa brat eang agamanya jelas.khatolik atau sejenisnya.dan diboncengi oleh misionaris2 eang ingin memaksakan agamanya pada orang eang sudah beragama!
    Teorinya khatolik adlh agama kasih.tapi faktanya agama ini penuh dg darah dan kekejian!
    “dan bukanlah aku datang dg kasih tapi dg pedang!”
    fakta laennya?
    Terlalu bnyk!
    Saya takut anda bosan mendengar saya ceramah!
    Dmikian !

    • beuh…. hebat ya… dapat secuil ayat dri kitab laen aja sudah bisa ceramah…
      lalu menyebarkan…kebencian..dan pastinya menyakiti..
      kenapa ya.. orng barat.. yang berbuat saudara sendiri di embat…
      bukan kah kita ini hidup berdampingan? bertetangga?bahkan ad yg bersaudara…
      bagi yg pengen comment berikutnya… ingat aja apa yang engkau tabur itu yang engkau tuai (i think)
      jika anda menabur kebencian anda akan manuai kebencian..
      jika anda menabur kasih sayang anda akan meneriama kasih sayang…

  30. agama tidaklah menyelamatkan,
    adakah orang yang tidak pernah melakukan kejahatan???
    adakah orang yg tidak berdosa???
    jika Anda orang yang berdosa, apakah Anda mampu untuk mengatakan orang lain jahat???
    jika Anda juga pernah melakukan hal yg salah, bisakah Anda menghakimi orang yang salah juga???
    kita semua manusia yang pernah berbuat dosa. baik agama Kristen atau Muslim, pasti punya kesalahan, oke ada oknum yang melakukan kejahatan atas nama agama Kristen, namun ada juga oknum yang melakukan kejahatan atas nama agama Islam.
    jadi agama manakah yg benar jika kedua agama sama2 pernah melakukan kejahatan???
    pikirkanlah, jika Anda memang percaya Tuhan, percayalah kepada Tuhan itu sendiri bukan kepada agama. carilah siapa Tuhan itu, kenali dan pahami. saya pribadi mengenali Tuhan itu dalam pribadi Yesus Kristus. terserah Anda mau kemana Anda mencari dimana Tuhan itu, yang pasti setiap agama hanyalah hasil perenungan manusia terhadap Tuhan. dan hasil perenungan bisa salah bisa benar.

    • kalau ada yang mengatakan bahwa islam itu adalah teroris. saya tidak setuju, misalkan pemgeboman wtc yang katanya dilakukan umat islam, kami umat islam mengatakan walaupun dia mengatakan islam tetapi ketika melakukan pembunuhan terhadap manusia yang tidak berdosa maka kami katakan dia sudah murtad. karena kali islam akan melindungi semua umat walaupun berbeda agama.

      nah masalah Tuhan adalah hasil perenungan. saya terus terang tidak setuju, menurut agama kami, Tuhan itu nyata ada dan berada pada arsh yang sangat tinggi. jadi tuhan bukan hasil perenungan Tuhan adalah nyata, tempat semua akan bertemu. yang kita pahami tentang semua isi di agama adalah wahyu dari tuhan (bukan hasil perenungan)

      jadi maafkan saya.

  31. Salam damai semua……
    Wah apa tidak capek ya berdebat masalah doktrin,kepercayaan dan Iman….Apakah tidak cukup masing2 kita beriman sesuai dengan kepercayaannya masing2 toh kalau ajal menjemput kita pun mempertanggungjawabkannya secara pribadi. Tidak rindukah perdamaian?
    Saya seorang Kristen, tapi banyak sahabat saya juga dari muslim bahkan saudara sepupu ibu saya seorang mualaf kami saling bantu dan kami saling menyayangi,soal agama/ apalah itu biarlah menjadi tanggung jawab kita dengan Sang Kuasa.Kalau semua kembali ke sejarah,pernahkah kita berpikir perjuangan para Pahlawan? Mereka ada yang Islam, Kristen dan agama/ kepercayaan lain. Siapa yg mereka bela? Selama saya belajar sejarah, tidak ada satu pun yg membela agamanya/ keyakinan masing2. Yang mereka bela siapa?RAKYAT INDONESIA,NKRI sehingga ada PANCASILA! Kalau sejarah pernah membuktikan ada pertiakaian antara Islam dan Kristen bertikai (Perang Salib) apakah kita bisa membuat Sejarah dan membuktikan pada dunia kalau kita ini bisa hidup rukun? Kita ini hidup di dunia.
    Ayo berubalah,bersikap arif,jangan mau terprofokasi…..Hargai pendahaulu kita….Tidak bisa berdamai jangan tinggal di Indonesia…..
    Tuhan memberkati Indonesia…..

  32. btw ini sumber diambil dari buku yah??makasih banyak ya info nya :)smoga yg nulis dapat pahala.menimba ilmu juga mmperbanyak pahala.btw brrti mmng benar sbnry negara timur itu dulu maju,cmn ilmu nya bnyk diambil negara barat

    –> iyaah.. mbak/mas. Sumber tercantum di bagian bawah.

  33. Kayanya ni tulisan judulnya Sejarah Perang Salib dulu dch, tpi knpa skarang yang baca jdi perang komentar ya??? jdi bingung, apalagi si cast angel tuh kyanya gk bosen2 ceramah di depan orang2 muslim, bagus sih komennya judulnya damai terus,,, tpi kyanya percuma, ampe brbusa tuh mulut kagak bkalan ada yg denger,,, bner jga kata injilnya harus licik bagaikan ular, dbalik kata2 mnisnya tersembunyi kedengkian.. reader yang melaksanan rukun iman yang 6 keep on our faith…. long life Islam…. Inna dina ‘indallohil Islam

    • Bung. Cast Angel dak salah.. yang salah konsepnya..Anjuran buat cinta kasih dan damai ada, tapi membunuh, mempitnah, sadisme bisa di ampuni dengan pengampunan dosa. Seperti pada Perang Salib, perang Bosnia, Apganistan,Irak, Palestina dll ,dan kita sendiri di Jaman Penjajahan Belanda telah merasakan itu. Terhadap lawan yang dianggap musuh mereka sering melakukan pembantaian..tak peduli wanita dan anak-anak jadi korbannya. setelah itu mereka akan memberi santunan terhadap korban perang itu atas dasar Cinta Kasih dan setelah itu mereka menganjurkan DAMAi.
      Itulah sifat mereka. Ini akan kita saksikan terus selagi mereka memakai DOKTRIN tersebut, standar ganda tetap ada samapai peradaban manusia punah..

  34. Hai para agamanis kenapa kalian berperang lagi nihh.
    Kalian telah di perdaya oleh agama kalian. Tercatat dalam sejarah banyak peristiwa, Peperangan disertai dengan pembantaian dan pemerkosan secara biadab karena pemahaman agama yang sempit oleh para pengikutnya, seperti yang terjadi pada peristiwa Perang Salib. Pihak Kristen pada perang Salim banyak melakukan Pembantaian secara sadis terhadap lawan-lawannya karena mereka merasa tak berdosa melakukannya toh mereka nantinya akan di ampuni dosanya seperti yang dijanjikan Oleh Paulus dan dalam kitap Injilnya. Hal ini banyak terjadi pada peristiwa Kolonialisasi oleh Barat yang notabennya pengikut Kristen dan sampai sekarang kita dapat menyaksikannya. Dalam perang Salib ini Demikian pula pada pengikut Islam, Yahudi dll. yang melakukan pengeboman, peperangan atas dasar lawan lain adalah Kafir. Dan saya yakin sampai nantipun peristiwa ini akan terus terjadi.
    Jadi menurut saya ada yang salah dalam doktin agama kalian ( maaf ini hanya pendapat ) kalau boleh Doktin KaFir dan Pengampunan Dosa diralat atau di hapukan dalam pasal-pasal/ ayat- ayat Kitap suci Kalian menurut saya ini biang kerok kejadian diatas. Demi untuk kemaslahan umat seperti Undang – Undang kalau pasal –pasal nya banyak menimbulkan konplik kan bisa repisi…ha.ha.ha

    • hei jangan asal bicara saja ya, kamu ini manusia yg tidak ber akhlak ya. ayat ayat suci yang terdapat dalam al qur’an itu firman ALLAH dan mutlak kebenarannya dan tidak bisa kita manusia seenaknya merubah2. manusia itu justru wajib berpedoman kpd Al-Qur’an, hadist dan sunah rasul. bener bener sudah sesat nih orang bego

  35. jangan terprovokasi dengan permasalahan agaama mana yg benar dan yg salah.semua mengajarkan yg benar tinggal kita menyikapinya dan kita sebgai umat beragaaama seharusnya bisa menerima perbedaan dan kekurangan!!

  36. peperangan bukan lah suatu pemechan masalah ,sbab saya percaya apa yang didasarkan allah semua nya baik dan berkenan,BUKAN PEPERANGAN ,sadar perang salib yang terjadi hanya lah berbau keserakahan kekuasaan antara 2 peseteru,tetapi yang di ingin kan allah adlah kesatuan,sbab manusia adalah ciptaan yng sempurna dan berhaga dimata nya matanya
    Balas
    the xurnia berkata
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Agustus 22, 2012 pada 18:24

    tanpa sadar kita tidak bisa saling menyalahkan …politik jangan di satukan dengan dekrit agama,sejarah biarlah sejarah tetapi jadi manusia yang baru dan haus akan kebenaran dan hati nurani,musuh kita adalah pengusa yng tidak terlihat ( iblis) itulah yng sesungguhnya
    Balas
    the xurnia berkata
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Agustus 22, 2012 pada 18:29

    yang membawa kadalam perselisihan keturunan,hati 2 ALLAH tidak memeberikan hawa napsu membunuh dan berperang ,tetapi perangilah orang yng tersesat dan bawalah dalam kebenaran .itulah pemenang di mata ALLAH.yes thanks brother kita adalah anak anak TERANG.jadilah TERANG dalam KEGELAPAN
    Balas

  37. 2 peseteru sedang berdebat dan saling menghujam.,..iblis tertawa hahahahaha.1 gua merasa benar 2 gua merasa, gua lah yang paling benar.3 (iblis)hahhahaha saling lah menghancurkan,timbulkan peradapan perang salib ini saling menyalahkan,>>>>>>>mat 15;9 percuma mereka beribadah kepadaku,sedang kan ajaran yang mereka ajarkan,ialah perintah manusia.”

    • Apa kamu ngak pernak lihat yg banyak melakukan zina itu org agama apa???banyak yg melakukan video lucah itu org agama kristen kan???tanya saja sama patung jesus kamu yg ngak pakai baju yg ngak akan menjawab semua persoalan kamu…karena jesus iti patung yg dijadikan oleh manusia…begok..nyembah patung…

  38. inti nya masa pendeta nyuruh pedosa kelelep di sungai buat nyari tuhan.hahahaha.sesungguh nya injil telah di robah dgn tangan manusia.munculnya perjanjian baru:pada tahun 70 an seseorang dari negeri barat meminta kepada kaum muslim utk menjelskan kandungan al quran.setelah tulisan arab di artikan ke inggris seorang pendeta mencari kelemahan/kekurangan AL QURAN ,pendeta itu mengadaadakn/menulis yg tdk ada di AL QURAN.makanya ada injil perjanjian baru.pda masih ingat kgk orang dari negeri barat yg bilang bahwa bumi itu bulat.tapi di ayat AL QURAN pada saat ALLAH menciptakan alam semesta.ALLAH menciptakan bumi dgn bentuk bulat.dan inti nya injil yg asli seharusnya tdk boleh d bca oleh bukan kaum bani israel

  39. assalamualaikum ……
    jaman jahiliah adalah mereka mempercakebodohan tentang aqidah,,,yang pada intinya mereka mempercayai adanya tuhan namun mereka buat dengan cara perantara yakni dengan menyembah berhala dll

  40. Anak2 sebangsa dan setanah air, apa yang kalian perdebatkan adalah sia2 karena yang benar, umat kristen masa lalu hanya terpancing oleh perbedaan2 seperti cara berpikir adik2 sekarang. Sebenarnya siapa sih yang suka perang, tetapi karena kurangnya pengetahuan para pendahulu kita pada masa itu, mereka masing2 mengakui paling benar. akibatnya terjadilah peperangan. Dalam hal ini agama Kristen sebagai agama yang paling dulu lahir (650 tahun sebelum islam) merasa tersaingi, tetapi sekarang umat kristen masa kini sadar bahwa berperang itu tidak sesuai dengan ajaran Yessus. Karena itu mereka tidak menggunakan Ilmu pengetahuan dan teknology untuk berperang. bayangkan saja kalau mereka tidak sadar akan kesalahan masa lalu, maka dengan peralatan yang ada sekarang ini sejarah umat manusia, bukan hanya umat Islam akan hancur.
    karena itu sadarlah, damailah, bangun saja negerimu.

  41. org islam memang munafikk.. selama 11bulan mereka melakukan kejahatan, seks, teroris, korupsi, narkoba, perzinaha, dll.. trus kalo bulan ramadhan mereka sok suci and maaf2an,, trus kalo sdh ramadhan, mereka melakukan kejahatan lagi selama 11 bulan,. kalo ramadahn lg mereka minta ampun lg supaya diampuni.. umat islam akan bgtu trus sampe dunia kiamat..
    ramadhan itu tak ada gunanyaa.. islam sama sj dengan ajaran sesat,.

    anjritt.. preeet..

  42. Kok komenya lebih bnyk drpd artikelnya???? tapi makasih buat ilmunya. Gara2 film innocence of muslim tuh aku jd tertarik buat belajar sejarah islam lebih dlam dan berusha mempertebal iman. sebetulnya aku sakit hati sbg umat islam pas baca komen2 pedas kalian yg non islam. Hmmm….. semoga kami selalu diberkahi sabar dan termasuk golongan orang2 yg beruntung…..amiin

  43. jadilah org yg beradab, modern dan berpengetahuan…. jangan kampungan…!!

    org yg beradab, modern dan berpengetahuan itu bs hidup berdampingan dan punya peradaban.

    klo g bs hidup berdampingan, tinggal aja di gunung/hutan kyk tarzan..

  44. bagi yg coment berkata2 kasar tanpa ada bukti dan tuduhan yg slalu di buat2 tolong belajar sopan santun dan pelajari agama yg baik //////// jaga mulut hati dan pikiran mu,,,,,,ISlam agama yg baik dan benar …….

  45. hhhhmmm
    banyag fakta yg membuktikan kristen mang agama yg gag bener…
    note : org kristen gag usah debat ma umat muslim, krn gag kn menang.
    pengen dibuat malu lagi agama kristen kyk yg sudah2…
    org kristen banyag ngomong tapi gag punya bukt.
    law mw berbicara tentang perbedaan agama harus punya bukti n berbicara dengan fakta bukan gosip jalanan.
    anti muslim : banyag omong law ngomong pikiran ny jgn keselangkangan pi kpokok permasalahan y…
    untuk semua JURU SELAMAT kristen…
    ada baik ny kalian jd JURU MASAK jd kalian semua dapet pujian bukan hinaan..:)

  46. pemaparan yang menarik, dan menambah pengetahuan saya. namun, ada hal yang menrut saya kurang baik dalam tulisan ini, yaitu bahwa tulisan ini terlalu subjektif maksudnya penulis terlalu mengagungkan kesalehan para pemimpin muslim. saya sependapat, memang beberapa pemimpin muslim dalam peperangan salib menunjukan sikap saleh dan kesatria, tetapi saya mengusulkan mengapa saudara tidak mencoba mempelajari sisi positif para pemimpin Kristen dalam peperangan ini. karena setahu saya sultan saladin memperoleh kota Yerusalem kembali dengan sebuah perundingan yang netral, karena alasannya, telah jatuh banyak korban dari kedua belah pihak. maka kedua belah pihak sepakat menghentikan perang, dan kekuasaan diberikan kembali kepada kekuasaan Saladin, dengan persyaratan bahwa ada keamanan bagi peziarah Kristen yang akan berziarah ke Yerusalem.

    –> Saya kira artikel relatif obyektif, dengan referensi sahih. Jika anda menemukan hal-hal lain yang berbeda, silakan anda paparkan di sini. Sertakan referensinya. Biarkan pembaca menilai.

  47. Assalamualiakum Wr Wb….

    Dari pda Kita semua capek Bcara Tntang Agama2, Kita Damai aj…. Kami Orang Muslim Tidak Prnah Mnghina Kalian Para Umat Kristen…. Kami Mnghormati kalian, kalian Mnghormati Kami… Skarang Gk ada perang lagi…. jadi Gk usah Bahas Yg Bikin kita smua brantem….. Hidup Trasa lbih Indah jika kita Brdamai….. Kami Umat Muslim Mnta Tolong Jngan Bikin Film2/Video2 Yg Mnghina islam…. Bagi kalian Itu Ksenangan, Tapi Bagi Kami Itu hinaan dan cacian…. Smoga kalian Trbuka Hatinya…. Kami tak prnah brsalah kpada Orang Nasrani… Marilah kita hidup dngan Tenang dan Tidak ada perang agar kita dapat Masuk Ke Surganya Allah S.W.T …..

  48. artikelnya hebat … bagi yang komen kasar, belum dewasa … dan bukan manusia abad modern … tapi manusia jahiliah yang dilahirkan sekarang …

  49. Makanya jangan pancing kemarahan pasukan salib…, kalian udh lihat apa yang terjadi..? Palestina dihancurkan oleh pasukan ALLAH ( ISRAEL ) bangsa kesanyangan ALLAH… Tidak ada yang dapat mengalahkannya karena sudah dituliskan dalam ALKITAB.

    –> mas .. menurut sejarah, bangsa israel itu menderita selama berabad-abad. Di era Yesus sendiri mereka dijajah Romawi. Bahkan sebelum Perang Dunia 2 mau dimusnahkan sama Nazi. Saya belum pernah dengar mereka bangkit melawan penjajahan (kecuali sekali hanya di zaman Nabi Musa as). Ini bangsa paling takut ….

    Terus.. mereka baru bebas bas .. yaa baru setelah PD 2 itu. Tanah Palestina itu pun diberikan oleh Inggris untuk menempatinya, bukan karena perjuangan melawan penjajah. Kalau sekr tampak hebat, itu karena baru jaya saja. Terus sewenang-wenang. Ehm .. Di mana bukti sbg bangsa kesayangan? Saya meragukannya.

    Perang Salib sama sekali tak membahas Israel.. itu perang siapa melawan siapa jelas tertulis di artikel. Israel waktu itu tidak ada apa-apanya.

    Maaf kl tak berkenan.

    • kitab loe kaleee, bukan kitab umat muslim alias al-qur’an..ALLAH jg udah berfirman tuh di kitab Al_Qur’an kalau bangsa Bani Israil adalah bangsa yang paling licik, yang paling susah diatur.dimata ALLAH semua manusia itu sama, hanya keimanannya yg membedakan.Tuhan Kami tak pernah membedaka-bedakan ciptaanNya

  50. Assalamualaikum WR.WB ya mungkin yang nulis ini geram akan kebohongan kebohongan forum FFI http://indonesia.faithfreedom.org/forum/ coba untuk umat muslim melihat lihat dan jangan terdokrin sama forum ini tapi liat aja , initinya mereka tuh sering membalas/ menjawab dengan kata-kata bijak seperti di sini namun di dalam forum FFI mereka menghina dan menjelek jelekan islam melalui sumber logika yang mereka teliti hahaha apa yang akan kalian fikir atau kalian nilai apakah agama nya itu munafik ??? entahlah saya tidak ingin menilainya karna gak boleh

  51. assalammualaikum WR.WB

    buat teman2 dan sahabat ku,,, kita umat muslim jgn jadi org bodoh,,
    ngapain juga kita berdebat,,,
    kebenaran ada di KITA
    kurang puaskah KITA,,,,cukup,,,cuukuuup…

  52. Sejarah sangat besar manfaatnya. Banyak pelajaran-pelajaran yang baik kita ambil hikmahnya. Agar dapat menjadikan dunia yang indah dan penuh kedamaian. Membesarkan pancaran kasih Tuhan pada kita ummat manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa serta beragam kepercayaan. Meneliti sejarah adalah bagi orang-orang yang ingin menjadi manusia yang lebih “baik”. Memberi manfaat bagi manusia lainnya tanpa merugikan/menyakiti manusia lainnya pula.
    Sehingga bagi rekan2 yang memberi komentar baik yang di KTP-nya tertulis islam atau kristen orthodok atau katolik Roma atau Jahudi atau Budhis atau Zoroaster, dll, “SEMOGA TUHAN2 KALIAN KASIHAN SAMA KALIAN SEMUA AGAR MENDAPAT PETUNJUK”.

  53. thanks artikel and copasnya..

    Di Al-Quran di jelaskan bahwa pada hari pembalasan akan keluar bara api yang sangat besar yang muncul dari daerah Timur Tengah yaitu Israel,,,,
    Al-Quran adalah kitab Allah yang dijamin kebenaran isinya oleh Allah..
    dan Yesus tak pernah mengatakan bahwa dirinya itu Tuhan,.
    Trimakasihh..
    salam Damai

  54. addduhhhhh……suke benar nyari2 masalahhhh…udahlahh..kite ni pon belom tentu tak punye dose be?jgn saling mengumpt…yang penting,sape bise bantu saudara di pakistan,yox bantu.yang punye harte,sumbang,yng tax punye,bantu ngan do’e jaxxxx….yang tax bise mbantu(kwn kristen dan katolik)jgn ngumpat….dahlah,kite masing2 dengan keyakinan kite jax..pon nanti kite juax yang mempertanggung jawabkannye di hadapan sang khaliq..tentang ape yang kite percayai tu…agamamu agamamu,agamaku,agamaku…udah,jgn saling bedebat.ngabes2kn energi jax…yang ngomong kasarrrr….keliatan,pendidikan yang di capainya,ndx ade bekasnye….kasian gurunye…yang salah tu,bkn agamnye,tapi orang yang njalankannye….ngapelah,dah benar2 dari ALLOH,eh diselewengkanlah,diputar balek kanlah…tukan hanya bermanfaat tox dirinye dan komplotannye jax….yang tax tau,jadi korban,ikut2tan….qu suka ditempt qu.walau berbeda aqidah,tapi tetap menjaga, saling menghormati,dan menghargai…..antar tetangga…..aman siket dunie…

  55. Sudahlah nanti juga mereka melihat sendiri kebesaran allah maka itu kita umat MUSLIM mengalah saja ya Wassalamualaikum WR.WB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s