Doa Khatam Al Qur’an

Doa Khatam Al Qur’an

Ini adalah doa khatam al Qur’an. Ada beberapa versi doa untuk khatam al Qur’an. Ini adalah salah satunya, yang biasanya terlampir pada mushaf al Qur’an edisi besar.

Berikut teks arabnya. Kebetulan saya dapatkan dari sini.

Doa khatam al Qur'an

Doa khatam al Qur'an

.

Terjemah Doa Khatam Quran (diambil dari sini)

Maha benar Allah yang Maha Agung, dan RosulNya Nabi yang mulia dan kami bersaksi atas kebenaran hal tersebut. Ya Rabb kami, terimalah amalan kami, karena sesunggguhnya Engkau maha mendengar dan maha mengetahui.

Ya Allah anugerahkanlah kpd kami kenikmatan/kemanisan bagi tiap2 hurup dari Al Qur’an, dan balasan bagi tiap2 juz dari Al Qur’an. Ya Allah jadikanlah hurup alif sebagai kelembutan, hurup ba barokah, ta taubah, tsa pahala, jim kecantikan, ha hikmah, kha kebaikan, dal dalil/petunjuk, dza kecerdasan, ra rahmah, za kesucian, sin kebahagiaan, syin syifaa/obat, shad kebenaran, dho cahaya, tho ketenangan (?), dzo keluasan, `ain ilmu, gho kekayaan, fa kemenangan, qo kedekatan, qaf kemuliaan, lam kelembutan, mim nasehat, nun cahaya, wa wushlah/sarana (?), ha petunjuk, ya keyakinan.

Yaa Allah berikanlah kami manfaat dengan Al Qur’an yang agung dan tinggikanlah derajat kami dengan ayat2nya dan terimalah bacaan kami dan maafkanlah segala kesalahan, kelupaan, perubahan kalimat dari tempatnya, mengawalkan atau mengkahirkan, penambahan atau pengurangan, penafsiran yang tidak sesuai denga apa yang Engkau turunkan, keraguan atau sahwun (?), sui ilhanin(?), dan terburu2 ketika tilawah, kemalasan atau kesesatan lidah, waqof (berhenti) bukan pada tempatnya, mengidghomkan (mendengungkan bacaan) yang bukan idghom, mengidzharkan (bacaan tanpa dengung) yang bukan idzhar, madd (memanjangkan bacaan), mentasydid, hamzah, atau sukun, i’rab yang bukan pada tempatnya, atau kurangnya rasa cinta dan senang terhadap ayat2 yang memeberii berita gembira, dan kurangnya rasa takut ketika membaca ayat2 ancaman, maka ampunilah kami ya Allah, dan jadikanlah kami sebagai oarang yang syahid.

Ya Allah terangilah hati kami dengan Al Qur’an, dan hiasilah akhlak kami dengan Al Qur’an, jauhkanlah kami dari api neraka dengan Al Qur’an, masukkanlah kami ke surgamu dengan Al Qur’an. Jadikanlah Al Qur’an sebagai teman di dunia, di dalam kubur sebagai penerang/teman , cahaya di atas titian (shirath), dan teman di dalam surga, dan penghalang dan hijab dari api neraka, sebagai petunjuk untuk segala kebaikan dan tetapkanlah kami dlm kesempurnaan , anugrahkan kepada kami kemudahan dlm mengamalkan Al Qur’an dgn hati dan lisan, senantiasa cinta kpd kebaikan, kebahagiaan, kegembiraan atau keindahan iman. Dan sholawat dan salam yg senantiasa tercurah kpd junjungan Nabi Besar Muhammad SAW dan para sahabat atas kebaikan akhlaq dan kelembutan budi pekertinya di atas cahaya arsy.

Amien yaa Rabbal ‘Alamien.

.

Doa Setelah Membaca Al Qur’an

Doa Setelah Membaca Al Qur\'an

Terjemah:

Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam.

.

Ku buatkan file PDF-nya. Mungkin ada yg ingin nge-print, atau menyimpannya ke dalam notebook/ HP,

doa-khatam-quran.pdf

.

.

Doa Khatam Al Qur’an versi 2

Doa ini biasanya terlampir pada mushaf al Qur’an edisi kecil. Saya ambil dari mushaf al Qur’an dengan terjemah per kata.

.

semoga manfaat.

About these ads

87 thoughts on “Doa Khatam Al Qur’an

  1. Assalamualaikum. Mohon izin untuk copy paste di blog saya.Mohon balasannya. Terima kasih

    –> silahkan. mohon link-nya yaa mas.

  2. thanks for the du’aa. may allah bless you and cherish you more in the month of ramadhan.

    UIAM, malaysia

    –> Amien amien amien.. yaa rabbal ‘alaamien.

  3. Ana baru tahu do’a khataman seperti ini, kalau bisa kita dapatkan hadist sebagai rujukannya, karena bisa membawa kita kepada hal-hal yang tidak di ridhai Allah. Contohnya mengenai syafaat dari setiap huruf dalam al Qur’an (ini tuntunan dari siapa ?).
    Syukron.


    –> Maaf .. kalau ditanya haditsnya, ku tak tahu. Dan kemungkinan besar tak ada. Bukankah Al Qur’an turun berangsur-angsur. Dan ketika ayat terakhir turun (yg berarti telah sempurna seluruhnya), maka sahabat Abu Bakar ra menangis .. sadar bhw umur baginda Nabi saw tak kan lama lagi. Maka bagaimana mungkin Nabi saw mengajarkan doa khatam Al Qur’an, sedangkan al Qur’an belum turun seluruhnya.

    Maka doa ini adalah doa ajaran para ulama, yg sangat bertakdzim kepada al Qur’an. Ku tak tahu pengarang aslinya. Ada beberapa (banyak) versi doa khatam al Qur’an, ini adalah salah satunya.

    Bukankah doa yang mustajab di antaranya adalah setelah mengkhatamkan al Qur’an. Maka berdoa apapun boleh .. bahkan ijabah. Termasuk doa ini. Dan setiap orang punya gaya bahasa sendiri dalam bertutur (berdoa), antara lain dengan gaya huruf2 itu. So .. what’s matter.

    Bagi ku .. Allah Maha Pemurah dan Maha Pengasih. Allah swt sangat berkasih sayang pada makhluk-Nya, apa lagi makhluk yg diridloi-Nya. Apa lagi sehabis membaca kalam-Nya. Allah swt suka hal2 keindahan. Maka gaya bahasa yg mengungkapkan keindahan bahasa .. apa salahnya. Allah tak bengis .. tidak akan menyiksa manusia hanya karena berdoa macam-macam yg tak diajarkan baginda Nabi. Ku yakin dengan kasih sayang-Nya.

    Anyway … jika anda tak begitu suka dengan doa ini, tak masalah kok. Silakan cari doa yg lain. Masih ada kok doa khatam al Qur’an yg lain. Coba cek di mushaf anda, jangan2 berbeda. Insya Allah semuanya mustajab. Atau bahkan anda pakai teks doa sendiri .. tanpa ajaran siapapun, bhs indonesia lagi, dengan puisi2 .., atau to the point saja seperti misalnya .. minta suami yg cakep.

    Wallahu a’lam.

    • manda-manda.terlalu detil pertanyaan u.ga prnah mnghargai apa yg uda ulama2 terdahulu bwt.pikiran u terlalu sempit.apa2 hrs ada hadist’a.emng seberapa hebat’a dri mu akan memahami hadits?

    • Saudari Manda :

      Dalil doa hotmil qur`an :

      Dalam Kitab AL_musannaf karangan Abdullah bin Muhammad dalam bab Fadoil Quran, fasal Barangsiapa berdoa dengan Al-qur`an disebutkan hadits berbunyi :

      حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ عَلِيٍّ قَالَ : مَرَرْت بِأَبِي جَعْفَرٍ وَهُوَ فِي دَارِهِ وَهُوَ يَقُولُ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي بِالْقُرْآنِ اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ اللَّهُمَّ اهْدِنِي بِالْقُرْآنِ اللَّهُمَّ اُرْزُقْنِي بِالْقُرْآنِ .

      ” Doa Abu Ja`far : Ya Alloh ampunilah hamba dengan sebab Al-qur`an, Ya Alloh sayangilah hamba dengan sebab Al-qur`an, Ya Alloh berilah hamba petunjuk dengan sebab Al-qur`an, Ya Alloh berilah hamba riski dengan sebab Al-qur`an.

      Dalam kitab Fadoil Al-quran karangan Al-qosim bin salam dalam bab Keutamaan hatam Al-quran disebutkan hadits :

      حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ ، قَالَ : أَنْبَأَنَا الْعَوَّامُ ، قَالَ هُشَيْمٌ أَحْسَبُهُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ ، قَالَ : قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ : ” مَنْ خَتَمَ الْقُرْآنَ فَلَهُ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ ” ، قَالَ : فَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ إِذَا خَتَمَ الْقُرْآنَ جَمَعَ أَهْلَهُ ثُمَّ دَعَا وَأَمِّنُوا عَلَى دُعَائِهِ .

      dan

      حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُثْمَانَ الْخُرَاسَانِيُّ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ ، عَنْ هَمَّامِ بْنِ يَحْيَى ، عَنْ قَتَادَةَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ : أَنَّهُ كَانَ ” يَجْمَعُ أَهْلَهُ عِنْدَ الْخَتْمِ ” .

      Dalam kitab yang sama dalam Bab keutamaan membaca dan mendengarkan Al-quran, disebutkan hadits :

      حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عُبَيْدٍ الطَّنَافِسِيُّ ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ السَّبِيعِيِّ ، عَنْ أَبِي الأَحْوَصِ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ ، قَالَ : ” تَعَلَّمُوا الْقُرْآنَ وَاتْلُوهُ ، فَإِنَّكُمْ تُؤْجَرُونَ فِيهِ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَا أنا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ ، وَلَكِنْ أَلِفٌ ، وَلامٌ ، وَمِيمٌ ” ، حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ ، قَالَ : أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ ، أَنَّ عَاصِمَ بْنَ بَهْدَلَةَ ، أَخْبَرَهُ عَنْ أَبِي الأَحْوَصِ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ ، مِثْلَ ذَلِكَ ، إِلَّا أَنَّهُ قَالَ : ” أَلْفٌ ، وَلامٌ ، وَمِيمٌ ثَلاثُونَ حسَنَةً ” ، حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ ، عَنْ شُعْبَةَ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ ، عَنْ أَبِي الأَحْوَصِ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ ، مِثْلَ ذَلِكَ .

      Dalam kitab tanwirul qulub halaman 70 disana ada hadits tentang keutamaan membaca al-quran hingga membaca satu hurufpun dari huruf2 Al-quran.

      Silakan Saudari Manda terjemahkan sendiri karena saya lihat Saudari mahir dalam bahasa Arab atau saudari buka kitab yang sudah saya tunjukkan. Terimakasih.

  4. Alhamdulillah…
    Boleh saya print out ya akhi, buat do’a khatam qur’an bersama teman-teman
    mohon izin dan balazan….

    —> Tentu saja boleh … ada PDF-nya di bawah. Silakan.

  5. Terima kasih, atas artikel do’a khatam qur’an nya, semoga ini bermanfaat bagi umat islam dalam mengkaji isi alquran, wass,wr,wb

  6. terima kasih sobat ! teruslah berjuang menegakkan islam dengan akhlaqul karimah, semoga Alloh meridloi atas segala usaha sobat…. Dan mohon diperbanyak lagi do’a-do’a yang lain ! terima kasih wassalamu’alaikum wr. wb.

    –> Wa’alaikum salam wrwb. Terima kasih. Mohon doanya juga. Semoga kita tetap istiqamah dalam ridla-Nya. amien.

  7. Assalamualaikum wbt.

    Mohon untuk di copy untuk bacaan majlis khatam quran di ofis saya.
    Moga Allah memberkati saudara dan kita semua.

  8. assalamualaikum mohon copy ya doa khatam alquran ni..esok ada majlis khatam quran di sekolah saya..kena alunkun doa ini pula..alhamdulillah puas cari akhir nya jumpa kat sini ..terima kasih ya..moga diberkati Allah SWT..

  9. Salam,

    Terima kasih ya atas perkongsian ilmunya..anak baru berumur 7 tahun..dia minta saya carikan doa selepas baca Al-Qur’an seperti di sekolah agamanya..kata anak saya setiap kali baca doa tu dia rasa nak nangis…anak kecil masih belum ada dosa..masih suci hatinya..terima kasih ya atas kemudahan yang saudara sediakan..anak saya begitu gembira saya berjaya cari doa ini..

    semoga Allah merahmati saudara..

    Sekian dan salam

    Lina
    Bangi, Selangor, Malaysia

    –> Sama2 bu .. terima kasih doanya. Amien. Semoga demikian juga halnya dengan ibu lina dan keluarga. Amien.

  10. aku menangis setelah membaca al qur’an.
    apalagi setelah tw arti dr doa katam al qur’an ini.
    smg Allah selalu melimpahkan rahmat dan hidayah kpd semua kaumnya….. amiiin….!!

  11. assslkm ya kahi. terima kasih atas informasinya mengenai do’a2 khatam qur’an. sangat bermamfaat sekali. tapi ana mau tanya, sebenarnya kapan pertama sekali di adakan perayaan khatam qur’an n bagaimana sejarahnya. waslsm

  12. Assalamualaikum warahmatullah hiwa.robakaatuh

    mohon copy ya doa khatam alquran ni. Insyallah untuk dibaca apabila setiap kali nak khatam Al Quran nanti.

    Terima kasih

  13. Alhamdulillah… ijin untuk mengcopy.. tadi pagi kebetulan khatam Al Quran dan menyimak terjamahnya.. kebetulan Al Quran dan terjamahnya yg saya simak ini gak ada doa khatam Al Quran… Jazakallaahu khairan katsiira.
    Terima kasih.

  14. Assalamu’alaikum
    kiranya hanya ucapan terima kasih yang tulus dari hati ini atas keikhalasan akhi membagikan ilmu kepada kami,
    dan semoga Alloh memberi balasan dengan balasan yang lebih baik.
    amin….
    wassalamu’alaikum

  15. saya masih bingung dengan kesohihan ataupun riwayat sahabat atau ulama mengenai doa khatam quran ini, karena saya tidak mau mengamalkan sesuatu yang tidak mengerti pengetahuan tentangnya,,,(takut menambahi ibadah) tapi kalau doa versi sendiri Insya ALloh qt selalu bermunajat kapada Alloh….

    –> doa ini ada dilampirkan di dalam bagian akhir mushaf Qur’an. Silakan check. Doa versi sendiri juga dipersilakan. Namun mengenai menambah ibadah (istilah anda), bukankah doa versi sendiri itu juga menambah ibadah …

  16. assalamualaikum, saya baru mulai serius mempelajari islam, minta izin untuk mencopy paste doa ini, semoga alloh swt membalas mal ibadah ini ..amien

  17. Assalaamu “Alaikum..

    Saya mohon idzin copy do’a ini untuk beritahukan kepada kawan” saya yang telah khatam baca Al Qur’an-nya..

  18. assalaamu’alaikum…

    klo ada banyak pasti ada yang terbaik. … mohon izin tuk copy paste. klo ada lagi yang terbaik langsung minta izin copy paste lagi… smoga Allah memberi berkah.

    wassalaamuálaikum…

  19. @TS/orgamwan: thx untuk sharenya. Smg menjadi amal sholih anda.

    @Manda : Anda sangat berhati-hati menyanyakan apakah ini ada riwyatnya atau tidak. Ini sikap yang baik dan harus kita pelihara.

    Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya: “Apa hukum doa setelah mengkhatamkan Al-Qur’an dalam qiyamul lail di bulan Ramadan?”

    Beliau menjawab: “Saya tidak mengetahui sunnah dari Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai doa setelah mengkhatamkan Al-Qur’an dalam qiyamul lail di bulan Ramadan. Tidak juga dari para shahabat. Yang paling dekat dalam masalah ini adalah riwayat Anas bin Malik ketika beliau mengkhatamkan Al-Qur’an, maka beliau mengumpulkan keluarganya dan berdoa. Dan ini di luar shalat.” (Fatawa Arkanul Islam, hal. 354)

    Namun demikian perkara doa adalah hal yg berbeda dari ibadah seperti shalat. Bukankah kita boleh berdoa sesuai kebutuhan kita? bukankah kita boleh berdoa dalam bahasa kita sendiri? (dan tidak harus dalam bahasa arab).

    Jadi sepemahaman saya, paling baik adalah berdoa sesuai tuntunan rasulullah, namun jika ada hajat kita yg lain maka tiada mengapa berdoa sesuai kebutuhan kita selama doa itu baik dan diharapkan membawa kebaikan. Itulah yg saya pahami dari doa (termasuk khatam Qur’an ini).

    Namun demikian sekali lagi saya tekankan, perkara doa ini berbeda dengan perkara ibadah seperti sholat. Untuk sholat, semua bacaan dan gerakan harus sesuai (dan tidak boleh menyelisihi sedikitpun) dari rasulullah, para shahabat dan ijtihat para ulama salafus shalih.

    Wallahu’alam

  20. semoga Allah melimpahkan keselamatan dan keberkahan bagi Anda sekeluarga dan juga bagi orang-orang yang mencintai anda. Aamiin

    –> amien amien amien. terima kasih doa-nya. semoga Allah juga melimpahkan keselamatan dan keberkahan bagi Anda sekeluarga dan juga bagi orang-orang yang mencintai anda. Aamiin

  21. Salam.

    Saya sedang UPDATEKAN Personal Mission Statement diri saya untuk tahun ke 15.
    Izinkan saya ambil, guna untuk tujuan tersebut & sebarkan doa Khatam Quran ini (especially versi 2) untuk kebaikan bersama.

    Salam

  22. terima kasih khi…
    ane ijin copas & print out ya…..
    soal’y ada temen ane yg minta terjemahan’y tp ane agak kesulitan dikit….
    syukron katsir

  23. Saya hanya ingin menambahi atau membetulkan beberapa terjemahan yang kurqang tepat dari terjemahan dalam kalimat : ( seperti terjemahan di atas pada doa yang pertama )

    Ya Allah anugerahkanlah kpd kami kenikmatan/kemanisan bagi tiap2 hurup dari Al Qur’an, dan balasan bagi tiap2 juz dari Al Qur’an. Ya Allah jadikanlah hurup alif sebagai kelembutan, hurup ba barokah, ta taubah, tsa pahala, jim kecantikan, ha hikmah, kha kebaikan, dal dalil/petunjuk, dza kecerdasan, ra rahmah, za kesucian, sin kebahagiaan, syin syifaa/obat, shad kebenaran, dho cahaya, tho ketenangan (?), dzo keluasan, `ain ilmu, gho kekayaan, fa kemenangan, qo kedekatan, qaf kemuliaan, lam kelembutan, mim nasehat, nun cahaya, wa wushlah/sarana (?), ha petunjuk, ya keyakinan.

    pada kalimat yang diberi tanda tanya artinya penerjemah ada keraguan dalam menerjemahkan.
    Jadi menurut saya makna : tho ketenangan (?) ( وبالطآء طراوة ) artinya : Dan huruf tho sebagai kelembutan (ahlak) sedangkan pada kalimat sebelumnya : بالالف الفة bermakna : Dan huruf alif sebagai keramahan (ahlak). Kalimat وبالواو وصلةbermakna : Dan huruf wawu sebagai wasilah (perantara kebaikan ) .

    Kemudian pada terjemahan selajutnya :

    Yaa Allah berikanlah kami manfaat dengan Al Qur’an yang agung dan tinggikanlah derajat kami dengan ayat2nya dan terimalah bacaan kami dan maafkanlah segala kesalahan, kelupaan, perubahan kalimat dari tempatnya, mengawalkan atau mengkahirkan, penambahan atau pengurangan, penafsiran yang tidak sesuai denga apa yang Engkau turunkan, keraguan atau sahwun (?), sui ilhanin(?), dan terburu2 ketika tilawah, kemalasan atau kesesatan lidah

    Lihat juga yang bertanda Tanya (?) :

    Dan maafkanlah apa2 yang ada pada bacaan Al-Quran kami berupa kesalahan, lupa, memutarbalikkan kata dari tempatnya, mendahulukan atau mengakhirkan, menambahi atau mengurangi, menafsirkan tidak sesuai dengan apa (maksud) yang Engkau turunkan, kecurigaan, keraguan, kelalaian, kesalahan dalam melagukan Al-qur`an (Qiro`ah), dst….

    Semoga bermanfaat.

    –> terima kasih .. komentar anda menyempurnakan artikel.

  24. salam… nak tnya sikit berkenaan kalimah nasiina…
    knpa ada yang baca nasiina dan ada pula yang baca nusiina?
    adakah ada perbezaan dari segi makna doa dan adakah ia akan menjejaskan apa yang kita doa?
    minta jelaskan perbezaan maksudnya… kami lupa dan terlupa….

  25. bertukar pikiran, berdialog seperti ini bermanfaat sekali apa lagi mengharapkan keridhoan Allah, selain menambah ilmu kita dalam keagamaan sehingga semakin dalam, semakin banyak orang pintar yang berdialog disini, semakin banyak ilmu yang didapat ,semakin lurus jalan hidup kita, tak ada salahnya kita saling mengkoreksi karena yang sempurna hanya Allah semata, semoga tidak ada tidak ada yang tersinggung, semoga hati kita selalu terbuka

    –> amien .. mohon doa. Semoga istiqamah dan besok husnul khatimah.. amien.

  26. Ping-balik: Do’a Khatam Al-Quran « Ilmukuilmumu

  27. assalamualaikum….saya mw nanya pak tentang penulisan doa sebelum membaca al-qur’an ini yg bunyinya

    ya fatta khuya a’lim ya rozza khuya alim,ifta kholbi a’la qiroatil qur’aan
    penulisan huruf arab yang benar apa ea pak……..
    syukron

  28. السلام عليكم ورحمةالله وبركته
    ماشآءالله تبارك الله يااخي
    Iηđªн đoàηγª
    الدعاء سلاح المؤمن
    Doà ªđªlªн şєηjªτªηγª oгªηģ мυ`мiη, Moнoη iđźiη şªγª мªυ coþγ þªşτє 㪪..şмoģª الله‎ мєгªнмªτi мυ ªмiη,, τєгiмªкªşiн..

  29. Alhamdulillah.. saya temukan juga teks do’a yg merupakan kegemaran saya sewaktu saya kecil mengaji malam… Begitu lantunan do’a yang bila dinyanyikan mahsyur terdengar… subhanallah…
    Ini link ke-dua setelah sebelumnya saya temukan di link lain.. tank’s ya…

  30. Assalamualaikum.

    menurut situs ini:

    http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/3390-doa-khatam-al-quran.html

    http://almakassari.com/tanya-jawab/doa-khatam-al-quran.html

    tidak ada doa khusus untuk khataman quran. Jadi klo mengkhususkan doa yang biasa kita temui di quran cetakan indonesia, dan menganggap itu suatu ibadah khusus maka sy khawatir kita terjerumus kepada suatu kesalahan besar. Karena yang punya hak menciptakan doa khusus yang dengannya manusia mendapat pahala (karena membaca versi doa itu), dan menentukan waktu-waktu berdoanya hanyalah Alloh. Adalah tidak mungkin kan nabi ngarang-ngarang sendiri, karena semua ajaran agama yang disampaikan oleh nabi saw. adalah diwahyukan Alloh swt. maka nabi SAW hanyalah perantara, bukan pengarang agama islam ini. Jadi pada prinsipnya semua lafaz doa dan lainnya dari riwayat hadits sahih adalah versi Alloh swt, bukan karangan nabi.)

    Kalo Nabi saja tidak punya wewenang mengarang doa khusus, apalagi orang yang disebut ulama oleh para pemosting di atas. Maksud doa khusus adalah doa yang dikultuskan dengan pahala khusus yang akan diperoleh karena membaca verisi doa itu. Kalo sekedar doa pribadi yang sifatnya umum, semua juga tahu akan mendapat pahala.

    Terkadang kita mengkultuskan orang yang kita anggap ulama, sehingga kita memberikan wewenang kepada mereka untuk membuat ajaran-ajaran baru yang tidak pernah dilakukan oleh Nabi saw dan para sabahatnya. Lihat saja pembelaan orang-orang yang sedang dikoreksi kesalahannya.. Maulid karangan ulama, talkin karangan ulama, perayaan 3, 7, 9, 100, 1000 hari setelah meninggalnya seseorang karangan ulama, yasinan karangan ulama. Coba kita liat kita ke kitab imam mazhab yang empat, jika ada yang menganjurkan semua “ibadah” tersebut. Coba kita berkaca ke zaman nabi dan para sahabat. Apa para sahabat merayakan ulang tahun nabi saw baik sebelum atau sesudah nabi saw wafat. Apa nabi saw ditalkin waktu meninggalnya. Sahabat mana yang ditalkin setelah dikubur? Apa nabi saw dan sabahat Umar misalnya diselamatkan 3, 7, 9 hingga 1000 hari wafatnya. Apa setelah turunnya surat yasin dengan lengkap, para sabat yasinan berjamaah keliling setiap malam jumat? Bukankah hadits membaca yasin pada malam jumat adalah hadits dhoif? Yang sahih malah anjuran membaca surat al kahfi untuk dijauhkan dari fitnah dajjal laknatullah alaih. Tetapi baik hadits doif membaca yasin atau hadits sahih membaca al kahfi keduanya tidak menerangkan cara membaca berjamaah. (lihat bagaimana jauhnya kita dari agama islam ini sekarang)

    Demi Alloh. Kita umat islam sudah sangat jauh dari agama ini. Jangankan kita. Umat nabi Musa saja sudah membuat patung anak sapi (baca: membuat penyimpangan) pada waktu nabi mereka masih hidup (cuma ditinggal 40 hari saja!). Bagaimana kita yang ditinggal kurang lebih 1400 tahun?

    Janganlah kita mengulangi kesalahan umat nasrani dengan menjadikan “ulama-ulama” kita sebagai tuhan:

    “Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan”. (At-Tawba: 31)

    tentu tidak ada muslim yang menyembah ulama, tetapi yang dimaksudkan ayat di atas adalah mereka membiarkan rahib-rahib mereka mengarang-ngarang “ibadah” (sesuatu yang dianggap ibadah, padahal bukan) juga aqidah baru, lantas mengikutinya karena tidak tahu. Yang tahu juga tetap saja menjalankan “ibadah” itu karena berbagai alasan. Akibatnya agama nabi isa jauh menyimpang hingga menjadi agama nasrani sekarang. lihat saja. Apakah pernah nabi isa mengaku tuhan? lalu kenapa para rahib nasrani pada tahun 325 M mengangkat nabi isa menjadi tuhan?

    Demi Alloh. Penyimpangan itu memang sudah sunnatulloh. Semakin jauh ummat dari nabinya, maka kemungkinan adanya penyimpangan semakin besar. Tetapi …….

    Demi Alloh. Adalah sunnatulloh juga, akan tetap ada kaum yang menyerukan kepada kebenaran. Yang menyerukan pemurnian agama Islam kepada sehingga mendekati bagaimana cara Nabi saw dan para sahabat beragama. Karena Alloh hendak memelihara agama ini hingga sebelum kiamat tiba. Demi Alloh. Alloh akan tetap memelihara agama ini meskipun banyak orang yang hendak menyimpangkannya, baik karena tidak tahu atau karena niat lainnya.
    Tinggal kita sekarang berkaca. Apakah kita termasuk ummat islam yang “biasanya” atau yang “seharusnya”.

    Kalau kita termasuk golongan yang “biasanya” maka ketahuliah, maulid, talkin, perayaan/selamatan kematian 3 – 1000 hari, yasinan memang sudah biasa dilakukan ummat islam ratusan bahkan mendekati 1000 tahun. tetapi tidak ketika nabi masih hidup, ataupun zaman setelah para sahabat wafat.

    Kalau kita termasuk golongan yang “seharusnya”, maka banyak ulama yang memperingatkan kita bahwa maulid, talkin, perayaan kematian, yasinan dan masih banyak lagi lainnya yang tidak pernah dilakukan Nabi saw dan Para sahabat. Juga tidak pernah terjadi di masa tabiin dan tabiut tabiin.

    Dapat kita ambil kesimpulan, akidah nasrani sekarang adalah hasil bajakan para rahib nasrani yang mengatakan ini adalah agama, padahal tidak lain adalah hasil akal pikiran mereka semata. Begitu juga semua ibadah khusus yang sifatnya baru (belum pernah ditemui dilakukan nabi dan para sahabatnya) dapat kita katakan bajakan…

    maka,
    jangan pakai bajakan…….
    pakai yang asli, yang original dari nabi saw dan para sahabat…..

    Sekian dari saya. Semoga kita terhidar dari keburukan orang-orang yang tertutup hatinya dari kebenaran.
    wassalamualaikum.

    fb: JanganPakaiBajakan

    –> wangalaikum salam wrwb. setuju mas.. jangan pakai produk bajakan.

    Ada ciri-ciri sebuah produk itu asli/original. Kalau ada buku/software karangan orang amerika, belilah yang asli. Apakah anda pergi ke amerika sana, masuk rumah produksi/penerbit untuk beli langsung. Itu tidak mungkin mas..

    Anda pesennya dari sini/kota anda. Di sini pun yang melayani/kurir juga orang sini. Bukan orang amerika.

    Salah satu ciri orisinalitas adalah, jika anda pesan, anda bisa melacak jejak rekam sampai di mana produk itu, dan dalam keadaan bagaimana. Anda bisa menge-check kejujuran per item jasa pengiriman barangnya.

    Jika anda beli di toko, anda bisa check kejujuran si toko beserta distributornya.

    Kami tahu kejujuran sumber-sumber kami. Kami tahu status produk yang kami pakai, ambil dari mana, dan cara memakainya bagaimana. Tidak asal-asalan.

    Sedangkan wahabi, sudah terkenal hobi mencampur aduk, menggunting tambal karya ulama-ulama terdahulu. Maka berhati-hatilah thd produk-produknya. Kadang/sering produk yang palsu tampak LEBIH ASLI dari produk orisinal. Berhati-hatilah.

    mohon maaf kl tak berkenan. wallahu a’lam.

  31. Assalamualaikum warrahmatullohi wabarrakatuh,,Syukron katsiiron ya akhy wa ukthy dgn doa terjemah khotam AL QUR’AN ini semakin mantab,,smg pahala dilipatkan untuk kalian smua yg sudah mejabarkan makna dr doa khotaman ini, aamiin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s