Gerhana Bulan 17 Agustus 2008

Setelah gerhana matahari pada tanggal 1 Agustus 2008, maka di bulan yang sama (Agustus) terjadi gerhana yang kedua. Gerhana Bulan insya Allah akan terjadi besok tanggal 17 Agustus 2008 (di Indonesia). Wahh asyik juga .. malam 17-an, tirakat sambil nonton Gerhana Bulan.

Secara global gerhana bulan terjadi pada tanggal 16-17 di seluruh belahan dunia. Gerhana ini hanya sebagian (bukan Gerhana Bulan Total), namun mendalam dan sangat berarti. Dapat disaksikan dari seluruh bagian dunia, kecuali Amerika Utara.

JIka Gerhana Matahari hanya dapat dilihat secara langsung oleh sebagian kecil manusia, gerhana bulan dapat disaksikan oleh siapapun yg ingin melihatnya. Peta berikut memperlihatkan bagian/ daerah mana di dunia yang akan dilewati gerhana, serta ketika bulan terbit atau tenggelam selama fase-fase gerhana. Hanya Amerika Utara saja yg tak terkena gerhana. Berikut peta bumi yang akan dilewati oleh Gerhana Bulan ini,

.

Bulan memasuki “penumbra” bayangan bumi saat 18:23 Universal Time (UT) atau 01:23 wib (tengah malam). Ketika semakin banyak bagian rembulan masuk ke bayangan bumi (penumbra), maka terjadinya gerhana akan terlihat.

Bulan akan masuk ke bayangan gelap (umbra) saat 19:36 UT (02:36 wib), gerhana bulan sebagian pun mulai. Puncak gerhana terjadi 94 menit kemudian, pukul 21:10 UT (04:10 wib). Pada saat ini 81% bulatan rembulan berada di dalam umbra. Kemudian pelan-pelan rembulan meninggalkan umbra. Umbra lepas pukul 04:45 wib setelah lebih dari 3 jam sejak dimulainya gerhana. Bulan meninggalkan fase penumbra saat 06:57 wib. Sudah pagi dan di sebagian kawasan di tanah air, bulan sudah tenggelam.

Menurut ramalan astronomi, dalam waktu dekat tak ada gerhana bulan, sampai Desember 2010.


.

Berikut kami simulasikan peristiwa Gerhana Bulan 17 Agustus 2008 ini (perhatian .. file besar). Dari lokasi Jogjakarta, antara jam 01.20-06.00 wib. Namun lebih baik kalau melihatnya secara langsung.

Wallahu a’lam.

.

Sumber text dan gambar: http://www.skyandtelescope.com/

7 thoughts on “Gerhana Bulan 17 Agustus 2008

  1. wah asik banget tuh…
    aku rencananya naik gunung pd tgl 15 agus
    dan mnggkin sampe tgl 17.
    brarti aku bs menyaksikannya di puncak gunung donk..
    insyaallah.

    –> Jangan lupa bawa kamera ..

  2. Subhanallah, dua kejadian alam terjadi dalam kurun waktu yang tidak begitu lama, apakah ini hanyalah kebetulan belaka ataukah suatu pertanda dari Tuhan akan terjadinya sesuatu yang luar biasa, mungkin sudah saatnya umat manusia untuk lebih mendekatkan dirinya kepada Tuhan, saya yakin ini ada hubungannya dengan Pertanda datangnya hari kiamat…

    Wallahu a’lam..

  3. Pingback: scratchz’s code » Blog Archive » Gerhana Bulan di Hari Kemerdekaan RI

  4. Pingback: Gerhana Bulan 17 Ogos 2008 bersamaan 15 Syaaban « TarBiyyaTuL QaLbI

  5. Pingback: Bahasa Indonesia « Top Posts

Leave a comment