Sekolah Rubuh

Sudah sejak duluuuu.. sejak masih SD dulu, sering ku dengar cerita-cerita tentang bangunan SD yang cepat rusak. Kalau dulu yang terkenal cepat rusak adalah SD Inpress. Sekarang.. entahlah. Masih perlu data-data lagi. Namun berita ini membuat miris juga.

11/03/2008 09:52 WIB
Atap Kelas Baru Direhab 6 Bulan
Andrian Fauzi – detikBandung

Sumber : http://www.detikbandung.com/

Bandung – Rubuhnya atap kelas di Kompleks SD Babakan Surabaya Utara, Bandung, mengejutkan pihak sekolah. Baru 6 bulan lalu sekolah tersebut direhab.

Kondisi ini dijelaskan oleh Ketua Komite Sekolah Kurnia Solihat (38), kepada detikbandung, Selasa (11/3/2008).

“Bangunan yang roboh ini baru direhab enam bulan lalu. Kita sudah mengajukan untuk rehab secara keseluruhan, karena bangunan keseluruhannya sudah tua. Namun oleh pemborong yang ditunjuk oleh diknas, hanya diganti gentengnya saja, kuda-kudanya tidak diganti,” ujar Solihat.

Kompleks SD ini dibangun pada 1977 dengan total 15 ruangan. Dari pantauan detikbandung pada bekas rubuhan, kondisi genteng memang masih baru. Tetapi kayu kuda-kuda atap sudah sangat lapuk.

Akibat rubuhnya atap kelas ini, para siswa terpaksa digabung. Selain kelas yang atapnya rubuh, dua kelas di sampingnya juga terpaksa dikosongkan karena khawatir ikut rubuh. ( lom / ern )

11/03/2008 08:43 WIB
Brukk..SD di Bandung Ambruk
Andrian Fauzi – detikBandung

Bandung – Puluhan murid kelas 6 SD Babakan Surabaya Utara IX hampir saja menjadi korban, saat kelas tempat mereka belajar tiba-tiba ambruk. Brukkkkk..!!Para murid berteriak histeris sambil berlarian menuju tanah lapang di depan kelas.

Sekitar pukul 07.40 WIB, Selasa (11/3/2008) atau lima menit sebelum bel masuk berbunyi, 21 murid kelas 6 sudah berbaris di teras depan kelas. Tiba-tiba, sebuah plafon jatuh. Untungnya, guru Bahasa Inggris, Pak Akbar, menahan plafon tersebut.

Dia langsung berteriak ke arah puluhan murid yang melongo karena kaget. “Jangan masuk dulu, jangan masuk. Ayo pergi..pergi..,” teriaknya.

Selang beberapa saat, tiba-tiba atap dan sebagian tembok langsung ambruk. Brakk…suara ambrukan keras terdengar. Jeritan ketakutan para murid menggema. Untungnya baik Akbar dan puluhan murid sudah berlarian sebelumnya ke tanah lapang.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban luka, apalagi korban jiwa. Komplek SD Babakan Surabaya Utara di Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong ini, terdiri dari delapan SD. Dalam komplek SD ini ada 15 bangunan kelas yang rata-rata kondisinya memprihatinkan. ( ern / ern )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s