10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

Iseng-iseng ingin mengetahui pondok pesantren terbaik di Indonesia. Hanya ada satu artikel dari sebuah forum (kaskus). Itu pun tidak ada kriterianya, sehingga sangat subyektif, dan saya kira lebih pada terkenal tidaknya. 

Anyway.. ke 10 peringkat ini menurut saya ok-lah, kebanyakan cukup terkenal. Ini adalah versi Kaskuser (lihat sumber di bawah).

Jika anda punya usulan pondok pesantren lain, silakan tambahkan di komentar. Mohon disertai alasannya. Atau anda punya usulan kriteria/faktor apa saja yang perlu ditinjau dalam menilai kualitas sebuah pondok pesantren, silakan tulis di bawah.. sebagai masukan bagi kami, atau pembaca lain yang ingin study lebih lanjut. 

Di samping nama pondok, saya berusaha menampilkan madzab dan faham  ajarannya. 

.

10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia (versi Kaskuser)

1. Pondok Pesantren Langitan (Syafi’iyah, Asy ‘ariyah)

Pondok Pesantren Langitan adalah salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Berdirinya lembaga ini jauh sebelum Indonesia merdeka yaitu tepatnya pada tahun 1852, di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur. Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektar.

http://langitan.net/

2. Pondok Pesantren GONTOR (non madzab)

Pondok Gontor didirikan pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur oleh tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari. Tiga bersaudara ini adalah KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie, dan KH Imam Imam Zarkasy dan yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti.Pada awalnya Pondok Gontor hanya memiliki Tarbiyatul Atfhfal (setingkat taman kanak-kanak) lalu meningkat dengan didirikannya Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiah (KMI) yang setara dengan lulusan sekolah menengah. Pada tahun 1963 Pondok Gontor mendirikan Institut Studi Islam Darussalam (ISID).

http://gontor.ac.id/

3. Pondok Pesantren Daar El-Qolam (non madzab)

Pondok Pesantren Daar el-Qolam (معهد دار القلم للتربية الإسلامية) adalah sebuah pondok pesantren berlokasi di Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten yang didirikan pada tanggal 20 Januari 1968. Pesantren ini adalah gagasan Haji Qasad Mansyur yang direalisasikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief (1942-1997). Setelah K.H. Ahmad Rifa’i Arief meninggal dunia pada tanggal 15 Juni 1997, pondok ini dilanjutkan oleh K.H. Drs. Ahmad Syahiduddin, K.H. Adrian Mafatihullah Karim dan Hj. Enah Huwaenah. Hingga Maret 2009, Pondok Pesantren Daar el-Qolam merupakan pondok pesantren terbesar sedaerah Banten, dengan jumlah santri 4298 jiwa.

http://www.daarelqolam.ac.id/mp/welcome.aspx

4. Pondok Pesantren DARUNNAJAH (non madzab)

Pada tahun 1942 K.H. Abdul Manaf Mukhayyar mempunyai sekolah Madrasah Al-Islamiyah di Petunduhan Palmerah. Tahun 1959 tanah dan madrasah tersebut digusur untuk perluasan komplek Perkampungan Olah Raga Sea Games, yang sekarang dikenal dengan komplek Olah Raga Senayan. Untuk melanjutkan cita-citanya, maka diusahakanlah tanah di Ulujami.

Tahun 1960, didirikan Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Islam (YKMI), dengan tujuan agar di atas tanah tersebut didirikan pesantren. Periode inilah yang disebut dengan periode cikal bakal, sebagai modal pertama berdirinya Pondok Pesantren Darunnajah.

http://darunnajah.com/

5. Pondok Pesantren Tebuireng (Syafi’iyah, Asy ‘ariyah)

Pondok Pesantren Tebuireng adalah salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh KH. Hasyim Asy’arie pada tahun 1899. Selain materi pelajaran mengenai pengetahuan agama Islam, ilmu syari’at, dan bahasa Arab, pelajaran umum juga dimasukkan ke dalam struktur kurikulum pengajarannya. Pesantren Tebuireng telah banyak memberikan konstribusi dan sumbangan kepada masyarakat luas baik, terutama dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia.

http://www.tebuireng.net/

6. Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin (Syafi’iyah, Asy ‘ariyah)

pada 24 Nopember 1925 didirikan pondok pesantren di Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, yang kemudian dikenal dengan nama pondok pesantren Kesugihan. Kepemimpinan ponpes ini kemudian dilanjutkan oleh KH Ahmad Mustholih dan KH Chasbulloh Badawi, putra pendiri.

7.Ponpes Asy Syafi’iah Nahdatul Wathon (Syafi’iyah, Asy ‘ariyah)

Maulana al-Syaikh Tuan Guru Kyai Hajji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

Muhammad Zainuddin Abdul Madjid belajar di Tanah Suci Mekah selama 13 tahun kemudian kembali ke Indonesia atas perintah dari guru beliau yang paling di kagumi, yakni Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath, pada tahun 1934. Setiba di Pulau Lombok beliau mendirikan Sekembali dari Tanah Suci Mekah ke Indonesia mula-mula beliau mendirikan pesantren al-Mujahidin pada tahun 1934 M. kemudian pada tanggal 15 Jumadil Akhir 1356 H/22 Agustus 1937 M. beliau mendirikan Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI). Madrasah ini khusus untuk mendidik kaum pria. Kemudian pada tanggal 15 Rabiul Akhir 1362 H/21 April 1943 M. beliau mendirikan madrasah Nahdlatul Banat Diniah Islamiyah (NBDI) khusus untuk kaum wanita. Kedua madrasah ini merupakan madrasah pertama di Pulau Lombok yang terus berkembang dan merupakan cikal bakal dari semua madrasah yang bernaung di bawah organisasi Nahdlatul Wathan. Dan secara khusus nama madrasah tersebut diabadikan menjadi nama pondok pesantren ‘Dar al-Nahdlatain Nahdlatul Wathan’. Istilah ‘Nahdlatain’ diambil dari kedua madrasah tersebut. Beliau aktif berdakwah keliling desa di Pulau Lombok dan mengajar.

http://www.nahdlatulwathan.org/

7. Pondok Pesantren Al Mu’min (wahabiyah)

pondok Pesantren Al Mu’min adalah sebuah pesantren di Ngruki, Solo yang didirikan oleh “enam serangkai”: Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Rosywadi, Abdullah Baradja, Abdul Qohar H. Daeng Matase, dan Hasan Basri.
Pondok ini berdiri sejak tahun 1974 di lokasinya hingga sekarang, di selatan terminal angkutan dalam kota Surakarta, Terminal Tipes, namun berada di wilayah administrasi Desa Cemani, Grogol, Sukoharjo. Setahun sebelumnya ia merupakan sebuah kelompok pengajian kekeluargaan (usrah). Unit dakwah awalnya adalah sebuah siaran radio non-komersial.

8. Pondok Pesantren Al Khairaat (Syafi’iyah, Asy ‘ariyah)

guru besar alalamah sayid idrus bin salim aljufri pendiri sebuah yayasan lembaga pendidikan islam alkahirat, beliau di lahirkan di taris, hadramaut pada14 sya’ban 1309 H bertepatan dengan 15 maret 1881 M, ulama hadramaut yang berhijrah ke indonesia dan menetap di palu (sulawesi tengah). yayasan alkahiraat, yang kini telah memiliki cabang lebih dari 1800 madrasah dan sekolah, terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, MA, hingga Universitas.

9.Pondok pesantren Putri Al Kenaniyah (Syafi’iyah, Asy ‘ariyah)

Pondok pesantren ini diresmikan pada tanggal 4 Sya’ban 1414 H/ 16 Januari 1944 M, oleh para Alim Ulama, diantaranya adalah mantan presiden RI ke 4 Bapak KH. Abdurrahman Wahid, KH. Syamsuri Badawi dan KH. Zayadi Muhajir serta beberapa tokoh masyarakat disekitar Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur.

10. Pondok Pesantren La Tansa (non madzab)

Pondok Pesantren La Tansa adalah sebuah pondok pesantren modern yang terletak di daerah Parakansantri, Cipanas, Lebak, Banten. Pesantren ini didirikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief (Almarhum) yang bertindak juga sebagai pemimpin pesantren Daar el-Qolam (Pasir Gintung, Jayanti, Tangerang) saat itu. Kini, setelah pendiri wafat, Pesantren La Tansa dipimpin oleh K.H. Adrian Mafatihullah Karim, MA dan K.H. Sholeh, S.Ag, MM. Lembaga ini bernaung di bawah Yayasan La Tansa Mashiro, yang juga didirikan oleh Drs K.H. Ahmad Rifa’i Arief.

.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4475167

About these ads

348 thoughts on “10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

  1. Assalamu’alaikum,,,, Ustadz Org Awwam

    Yang pasti,,,,
    Pesantren Terbaik : Pesantren Islam Salafiyyah, Ahlu Sunnah Wal Jama’ah….
    (he,,,he,,,he,,,)

    Mohon maaf, jika selama berinteraksi di sini saya rewel,,,
    Mohon maaf jika ada kesalahan kata saya (pasti ada lah)
    Baik yang disengaja maupun tidak
    Baik secara langsung maupun tidak langsung
    Sekali lagi mohon dimaafkan.

    Marhaban Ya Romadhon 1432 H….

    Salam Sungkem dari Semarang.
    Haris Samaranji

    –> wa’alaikum salam wrwb. sama-sama. wahh saya bukan ustadz, ilmu ini masih sedikit. Semoga kita diberi ilmu yang manfaat, yang membawa kita kebahagiaan dunia dan akhirat. amien.

  2. Aneh…kriterianya memang tidak jelas…justru penulisnya menunjukkan minimnya informasi tentang pesantren

    –> iyaa mas .. monggo silakan dikritisi dan tambahkan. Kita sharing informasi.

  3. alzaytun ko ga masuk,,itu kabarnya terbaik se asia tenggara dan terbesar

    –>jika anda punya data tentangnya .. silakan paparkan. Saya sendiri tak tahu begitu paham ajarannya. Dan kuat kabar pesantren ini tersangkut NII.

    • assalamualaikum…pada umumnya pesantren itu baik tanpa terkecuali……hanyalah orang yang TIDAK PAHAM sehingga bisa menilai sesuatu itu negatif (astaghfirullah..)
      jangan BURUK sangka dengan Al Zaytun ….Alzaytun merupakan aset UMAT ISLAM BANGSA INDONESIA yang bisa dibanggakan…..jangan mendengar kan ocehan orang yang HANYA BISA KOMENTAR NEGATIF ….ingat !!!!!sesama umat islam saking menjaga menghargai jangan menuduh..ITU dosa……sebelum komentar tentang al zaytun pelajari dengan hati iklas wassalamualaikum…
      ……salam unuk saudaraku sekalian

      • assalaamualaikum…..kita tahu pesantren yg bersangkutan dari sisi lainnya…….saya punya teman yg mengajar disana….kondisinya ternyata menghawatirkan……beliau mengajar lebih dari satu mata pelajaran,….dan terkadang menjadi badal untuk guru atau ustadz yg lain bila berhalangan…tapi kontribusi terhadap pengabdian beliau nihillll…mana?…katanya pesantren terbaik se-Asia tenggara?………..wallohu a’lam

    • tahu gk ponpes di daerh kediri, lirboyo dan ploso???? apa itu ponpes yg amat bagus di indonesia dengan sistem kesalafannya

      • saya punya saudara di kediri, dan pernah melihat melihat lirboyo, tp masak pondok” gt rokok’n semua?
        harusnya pondok kn memberi contoh yg baik, kok malah pada rokok’an semua apalagi itu pas bazaar pondok atau wktu acara silat di pondokannya gt
        hadeuuhh parah.. –zzz

        innalilahh

      • assalamualaikum..masih banyak ponpes yang bagus… penulis nya aja minim dalam hal sejarah ponpes2 di jawa khususnya..
        untuk ibu yg diatas>> rokok jgn dijadikan ponpes itu tdk brkualitas., mayoritas ulama, kyai yg duduk di MUI mngeluarkan fatwa fatwa jg banyak yg ngerokok.. anda cuma mngatas nama kan individu aja x,,, boleh di tes kualitas lulusan ponpes ponpes salaf di jawa timur..

        –> wa’alaikum salam wrwb. Mungkin anda benar.. saya minim dalam hal sejarah ponpes2. Tapi tolong bantu, menurut anda yang kaya sejarah ponpres.. urutkan sesuai kriteria anda. Akan lebih baik jika ada alasan yang meyertainya. Terima kasih.

  4. Assalamu’alaikum…Ustd…

    Ane tambahin lagi nih stad, Pondok Pesantren Lirboyo,sebuah desa yang terletak di Kecamatan Mojoroto Kotamadya Kediri Jawa Timur. Berdiripada tahun 1910 M.. Diprakarsai oleh Kyai Sholeh dan dirintis oleh KH. Abdul Karim.

    http://www.pondokpesantren.net/ponpren/index.php?option=com_content&task=view&id=37

    –> wa’alaikum salam wrwb. terima kasih. Menurut anda.. maaf .. menurut anda, kenapa Pondok Pesantren Lirboyo pantas dimasukkan sebagai terbaik.

    • assalamu’alaikum…

      aku setuju lirboyo masuk …???
      cba aj antum2 ke sana pasty antum terkesan dengan satri2 di sana…??

      • wduh ada ada aja nih pesantren lirboyo itu pesantren yg masyhur buuu.. masa ga tau..org liberal x nih..

      • waduh pa Thoriq jangan emosi begitu dong, mosok ga tau tentang ketenaran suatu pesantren dibilang liberal, sempit amat,,

        –> bener mbak/mas.. komentar tak berbobot justru meruntuhkan nama almamaternya. Lebih baik diberikan alasannya, tidak sekedar terkenal saja. Kl alasan hanya sekedar terkenal, perasaan pesantren di kampung saya itu sudah terkenal seantero negeri. Padahal ….. Mohon maaf.

    • saya lebih cenderung ke salaf,knp?karena pendidikan salaf mengikuti ulama2 terdahulu,jd ilmu kitab kuningnya itu jd ciri khas salaf,sedang pendidikan modern tinggal mengikuti zaman tanpa menghapus pendidikan inti.

    • ass…menurut saya bukan berarti yang terbaik maka harus berbiaya mahal contohkan saja uang masuk liboyo 23jt perbln 2jt kediri.bandingkan saja dengan al_khoirot walaupun murah tapi tidak murahan patut diacungkan jempol karena tidak ada uang masuk,uang bangunan dan juga uang daftar ulang setiap tahunnya.
      tempatnya liboyo yang esklusif saya rasa menjadikan dia yang terbaik

      • intinya , kalo MUI sudah menfatwakan Rokok itu Haram , berarti ya haram.. ga usah dibantah dg dalih ini itu. kalau ponpes masih tidak melarang masalah rokok , bagaimana bisa dikatakan baik , jelas-jelas ga mampu menerapkan hukum syar’i. apapun alasan anda tetap saja rokok haram, kalo mslh sekecil ini aja anda tidak bisa menilai bagaimana dg ibadah lainya… masya Allah. smoga anda di berikan Hidayah….

  5. ASS,Mohon maaf ?apakh semua ponpes diatas juga mengajarkan b.inggris juga,…

    –> silakan kunjungi website-nya, atau hubungi alamat/hp-nya.

  6. Assalamu’alikum Wr Wb
    Affwan, seharusnya Pondok Pesantren Ahlus Sunnah wal Jama’ah saja yang anda khususkan dalam tulisan anda, karena lahirnya Pondok Pesantren di prakasai dari Ulama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, dan Pon-Pes yang diluar Aswaja sebenarnya bukan Pon-Pes tetapi pendidikan Islam berbazis Boarding School, serta masih banyak lagi Pondok Pesantren yang besar dan berumur tua serta terbaik dari Pon-Pes Aswaja yang belum anda muat. sekali lagi afwan. Syukron.

    –> wangalaikum salam wrwb. Kritikan balik. Dari pada mengatakan seharusnya begini begitu, alangkah baiknya jika anda sendiri yang menuliskannya di sini (menurut versi anda). kami akan sangat berterima kasih.

    • ya seharusnya minimal dipisahkan dulu kepada 2 kategori: pesantren taqlidi (salafi/tradisional), dan pesantren alhadits (modern)… semua pesantren diatas itu ahlussunah semua akhi, bukan syiah, bukan khawarij dan bukan juga mu’tazilah, jabariyah, qodariyah.

    • ni yg nulis berbahaya ………………..atas dasar apa dulu?….prestasi?……lama pendirian?…..kontribusi terhadap ummat/….atau yg mana?…..hati2 bro…….soal penilaian haarus berdasarkan penelitian lembaga tertentu yg memiliki konsentrasi dasar penilaian yg jelas dan dapat dipertanggung jawabkan…..jangan seenak udelnya aje…….

    • Pada dasarnya semua pondok pesantren itu sama tapi kemasannya yang berbeda…………intinya untuk kemajuan ummat dan kemajuan bangsa, jadi tidak perlu didebatkan mana yang baik dan mana yang terbaik……..adapun yang 10 diatas itukan cuma riset aja dan kalau ditulis pesantren tebaik se indonesia tidak akan muat untuk ditulis he he eh

    • Saya awam tentang ponpes dan sangat terbantu sekali dengan artikel ponpes ini karena rencana anak saya akan saya sekolahkan di ponpes. Bagi yang punya pengalaman atau informasi lebih alangkah baiknya memberikan informasi yang sebaik-baiknya jangan hanya berkomentar yang pedas-pedas seperti itu tapi mana informasi ponpes terbaiknya…karena saya lihat itikad baik penulis dan penulispun diawal sudah menyebutkan kalo beliau menrima kritik dan saran dan juga tambahn dari saudara-saudara sekalian yang mengetahui lebih banyak tentang ponpes terbaik di Indonesia dan saya sangat mengharapkannya untuk referensi saya mencarikan ponpes terbaik untuk anak saya.

  7. ass.

    seharus nya pesantren jamiatul quro masuk soalnya muridnya adalah pemenang koriq dan hafiz juara 1 seindonesia

    –> www .. alamat di mana?

  8. assalamu’alaikum,wr.wb
    afwan sya mau tnya apa mksudnya dengan “non Madzab”??soalnya sya tertarik pd psantren tp msh awam ttg seluk beluk psantren,,n sya ingn mengetahui’y lbh dalam lg ttg khidupan psantren,,
    syukron

    –> wangalaikum salam wrwb. Sepengetahuan saya, non madzab berarti tidak diajarkan fiqh madzab tertentu secara tegas, dan lebih ditekankan ke bahasa (Arab)-nya. Penggalian madzab fiqh (mungkin) dilakukan secara mandiri, atau ketika melanjutkan ke pesantren lain.

    • ASS, ini saya lg ^^

      menurut hemat saya, ini yang di ajarkan di DAAR EL-QOLAM.
      memang tidak di ajarkan fiqih madzhab tertentu secara tegas, akan tetapi bukan hanya di tekankan ke bahasa arabnya.
      melainkan semua madzhab dan pemahaman terhadapnya di ajarkan (walau tidak secara tegas).

      untuk lebih jelasnya, silahkan datang langsung ke pondok yang bersangkutan

    • Sebenarnya kalau disebut Pondok Pesantren Non Mazhab itu kurang pas, mungkin bisa ditulis Pondok Modern atau Pondok Salafi, soalnya Pondok yang diatas ditulis non mazhab sebenarnya bermazhab, bahkan ke empat mazhab yang 4 itu dipelajari dipondok tersebut. jd santri mempunyai kebebasan memilih dari ke 4 mazhab tersebut.

  9. salam
    pesantren daroel qolam, darunnajah semua itu adalah pondok yg didirikan oleh para alumni pondok gontor
    banyak yg bertentangan bahwasanya ahlusunnah waljama’ah yg di benarkan
    namun siapakah ahlu sunnah waljama’ah ??? dekatnya ialah mereka yg berpegang teguh kepada al qur’an dan sunnah
    bukan orng yg mengibarkan bendera berlambangkan ahlu sunnah wal jama’ah dan pastynya allahu a’lam bissowab
    menurut kami pribadi gontor adalah pondok terbaik di dunia dari sistem dan ke mandiriannya
    karna itulah yg keluar dari pengakuan beliau syaikhul azhar tanthowi rahimahumullah
    untuk bahasa yg di gunakannya adalah bahasa ingris dan arab
    dan untuk kurikulumnya memakai kurikulum yg di telah di sepakati oleh pondok gontor sendiri
    allahu a’lam bissowab
    syukran

      • setiap pon pes mempunyai ciri khas sendiri,dan gontor mempunyai ciri yang berbeda dari umumnya, terus terang aq salut dg gontor, tapi aq tidak mengabaikan pon pes lainnya , karena semua pon pes di seluruh indonesia atau dunia sangat berpengaruh terhadap kehidupan masayarakat

  10. assalamu ‘alaiklum ustadz
    sampean jarang ngintip pesantren di sumatera yaa, saya liat nggak ada tu…. jangan 10 tadz tambah lagi 10 atau lebih, sebab buaanyak yang kepengen masuk pondok, kalau bisa tidak terlalu jauh, jadi kan lebih mudah nyarinya, sukroooonnn yoo tadz

    –> wa’alaikum salam wrwb. silakan sumbang sebuah nama di sini. Syukur lengkap dengan data-datanya.

    • Ponpes Al-Ittifaqiyah aliyas PPI di Inderalaya Kab. Ogan Ilir, Ponpes Raudhatul Ulum di Saka Tiga Ogan Ilir onok web site kok, besar semua itu

      –> alamatnya bang? alamat websitenya sekalian. terima kasih info-nya.

  11. ass.
    klo ma’had hafidzul qur’an (menghafal al qur’an) yg bagus & berkualitas di mn khi Y?
    trm ksih

    –> kata orang .. al munawir krapyak Jogjakarta. namun silakan konfirm dulu..cocok nggaknya.

      • Pesantren Ilmu Alquran di Singosari-Malang ada program untuk tahfidz.. akan tetapi PIQ (Pesantren Ilmu Alquran) lebih tgas mengajarkan ke arah tashih dan tahsin.. bagaimana cara membaca alquran yang baik dan benar secara tajwid dengan mengacu kepada Rasulullah.. karena dalam cara baca alquran pun ada beberapa imam, bukan hanya dalam fiqih saja… dan selain alquran ada banyak lagi pelajaran yang diajarkan.. seperti Bhs Arab, Nahwu, Shorof, Fiqih, Ushul Fiqih, Hadist, Mustholahul Hadist, Balaghoh, dan masih banyak yang lainya.. untuk info lebih lanjut monggo kunjungi situsnya di http://www.piqsingosari.com.. syukron

    • Madrasatul Qur’an tebuireng, depan pondok tebuireng pas itu bagus,
      al bukhori solo juga bagus
      al munawariyah bululawang malang juga bagus

    • kalau menurut saya mendengar tentang Qur’an, PPTQ Al-asy’ariyyah wonosobo bisa masuk, namun Al-munawwir, krapyak, yogyakarta juga bsa masuk jga

  12. Assalamu’alaikum wr wb…
    apakah saya bisa meminta alamat Pondok Pesantren Daar El-Qolam…kebetulan saya baru tinggal di Tangerang.dan saya berkeinginan ingin memasukan anak2 saya ke pondok pesantren.
    terima kasih

    • Alamat ponpes Daar El Qolam di jalan raya Serang Desa Jayanti dekat Balaraja Tangerang, Banten.
      Alamat Ponpes Latansa Cabang dari Daar El Qolam di Desa lebak gedong Cipanas Lebak, Banten
      Anak, dan ke Ponakan saya juga disana.

    • alamat pon-pes Daar El-Qolam adalah di Desa Pasir Gintung kec. jayanti kab. Tangerang ( keluar pintu tol balaraja barat lalu belok kiri arah ke serang dari situ 12 km) klo Pon-pesa Latansa di Desa Bujal/Gajrug – Lebak- rangkas bitung (perbatasan kab.rangkas bitung lebak dengan jasingan bogor.)

  13. assalamualaikum
    subhanallah pondok-pondok peantren disana , sangat membuat saya tertarik untuk masuk dan mendafatar d sana !
    dan sungguh sangat beruntung bagi mereka yg lulus dari 10 pondok pesantren tersebut

    • ASS,

      menurut hemat saya, kompeten atau tidaknya alumni dari sebuah pesantren, bukan karena tempat kelulusannya, melainkan karena diri dia sendiri.
      maksud saya, setelah lulus, apa yang akan dia lakukan, terus menjaga apa yang telah di ajarkan di pesantran, atau melupakannya.
      Pondok pesantren hanya tempat mendidik, hasilnya itu tergantung yang di didik.
      Wallahu’alam bisshowab

  14. Ass.. Pon-pes Darussalam martapura yg brdiri pd thn1914 dikota intan serambi mekah martapura kab.banjar kalsel.adalah slh satu ponpes salafiyah terbaek d indonesia krn sukses mencetak para ulama solihin berkelas dunia. wallahua’lam bisshawab.

    –> setuju.. jadi teringat syaikh Muhammad Arsyad al Banjari.

  15. kalo ponpes yang mencetak pemain sepak bola andal atau yang mengakomodir anak bakat sepak bola tapi juga hebat akademiknya serta mudah banget menghapal alQurannya dimana ada ga?

      • kan daar el-qolaam pondok alumni gontor,, guru2nya juga sebagian besar alumni gontor,, yg baru tamat kmi atau sederajat sma sudah ditugaskan untuk mengabdi diseluruh penjiru indonesia termasuk di daar el-qolaam,,,,

  16. assalamu’alaikum, salam kenal oh iya ada tuh pesantren di sumatra selatan nama ponpesnya musthofawiyah di daerah purba baru dia bermazhab syafi’i

    –> wa’alaikum salam wrwb. salam kenal juga. terima kasih info-nya.

    • Tolong Minta data ponpes al-khairat dong mas,karna gak jelas daerah ponpes itu di-jabotabek atau diluar jawa & websitenya-pun gak tercantum..?

  17. Assalammualaikum tumpang tanya boleh kah orang melaysia masuk pondok pesantren di indonesia?tiada yg menghalang?dan ada tak yang mengajar seni bela diri sekali?saya umurnya 15 sekarang cuti sekolah kalau boleh mahu masuk disana kalau ibu ayah tidak mengalang…Assalammualaikum,

    –> wangalaikum salam wrwb. boleh dik ..

    • Di Gontor banyak anak dari malaysia, Thailand, Malaka, dan lain2. Bahkan anak saya sekamar yg dari Indonesia cuma di bawah 10, lainnya dari luar negeri semua.

      • Gundul is right,,,, But unfortunately…. Gontor.ac.id is down right now…..

        This Pesantren is very recommended…..

        Hmmm…

        How about if you try to gather information for another….

        for example…

        Pesantren Husnul Khotimah

        http://husnulkhotimah.com

        And this….

        Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran

        Jalan Raya Solo – Semarang Km. 45, Ds. Butuh, Kec. Tengaran, Kab. Semarang
        Telp. (+62298) 321658
        Faks. (+62298) 312456
        PO BOX 134 Salatiga 50700 Indonesia
        E-mail : info@pesantrenAlirsyad.org

        pesantrenAlirsyad.org

        I thought Gontor, Husnulkhotimah, and Al irsyad are great for your age…. :)

  18. terima kasih ya,ah ya tumpang tanya sekali lagi apa itu ilmu hakikat dan maarfiat adakah ia sama dgn ilmu tarekat? dan adakah ia diajar di pesantren?

    –> pertanyaan anda sungguh berat. sesungguhnya ilmu itu bertingkat-tingkat. Sebagai contoh, anda dapat melihatnya pada tingkat-tingkat (pembagian klas/level) di sekolah umum dan universitas.

    Demikian juga pada ilmu agama, hakikat adalah level tertinggi. Ada tingkatan-tingkatan untuk mencapai tahapan paling tinggi. Saya kutip dari sini.

    …bahwa menurut Najmuddin Al-Kubra adalah : “Syariat itu seperti sampan. Tharikat itu seperti lautan (atau jalan, orgawam), dan hakikat itu seperti mutiara. Maka barangsiapa yang menghendaki memperoleh mutiara, ia lebih dahulu menaiki sampan, kemudian ia masuk ke dalam laut dan kemudian berhasillah ia mencapai mutiara.” Barangsiapa mengurangi susunan tertib ini, pasti ia tidak berhasil mencapai mutiara.

    Apakah ia diajarkan di pesantren? Tidak semua, tapi ada (banyak) yang mengajarkan. Saya sarankan .. untuk seumur anda belajarlah syariat (fiqh) terlebih dahulu, baru kemudian ke tahapan-tahapan selanjutnya. Karena ilmu itu bertingkat-tingkat, kita dapat mencapai tingkatan (paling) tinggi hanya dengan melalui tahapan yg benar.

    wallahu a’lam.

  19. oh begitu, terima kasih atas maklumat yang saudara berikan semoga Allah Merahmati Saudara

    –> amien .. terima kasih. semoga demikian juga dengan anda.

  20. Saudare pun mohon doakan saye jugak masih banyak ilmu hendak dipelajari kalau kesampaian, Insya’allah

    –> amien. semoga Allah memberi anda ilmu yang manfaat dan barakah. Semoga Allah selalu memberikan petunjuk-Nya kepada anda. amien.

      • jumlahnya secara keseluruhan semua cabang ada lebih dari 15rb santri lebih (kalo ga salah yah, coba dicek lagi soalnya dah lama saya lulus darisana jadi kurang update)… tapi di gontor pusatnya kurang lebih ada 4000an santri…

        sejujurnya, setiap orang yang masuk pesantren itu pasti ada masa dimana ketidakbetahan itu datang, faktornya bisa jenuh, ada masalah, pelajarannya terlalu banyak, dan berbagai hal yang bisa datang dari mana saja… solusinya, nikmatilah cara hidup di pesantren, karena hidup di pesantren itu adalah cara hidup paling unik yang pernah saya rasakan… tapi mayoritas teman2 saya menyatakan bahwa mereka ga langsung betah… (kaget karena pertama kali jauh dari orang tua)

        kalo mau masuk ya masuk aja, ntar nilai sendiri gimana keadaan disana!!

        ~alumni gontor~

  21. syukron ya Akhiii,, barangkali akhi bisa cari tahu tentang pomdok pesantren yang da di kramat watu serang banten,, yaitu ponpes Madarijul Ulum. spesialisasi ilmu alat dan tahfizd..1!!! salah satu yang tertua dan terbesar di banten.. terimakasih..!!!

  22. Assalamu’alaikum…

    Ka, penilaiannya berdasarkan kriteria apa saja?
    Saya mau b’bgi cerita sedikit tentang al-zaytun.

    Di Al-zaytun diajarkan pelajaran sewajarnya seperti sekolah luar, pel. Umum and agama, bhkn di al-zaytun kita dpt mengembangkan bakat kita dalam olahraga dan seni, saya bersekolah disini merasa senang, muridnya hebat”,dan disini kita dapat menyalurkan bakat kita, karena disini kegiatan ekskulnya banyak sekali. sebenarnya menurut saya metode pembelajaran disini bgs, y… Tergantung diri kita jja. Tp saya bingung, k’napa al-zaytun jd buah bibir terus dlm hal negatif? s’mentara hal positifnya tidak diberitakan, padahal selama saya dalam ma’had, tidak ada apa-apa.
    Saya harap orang-orang tidak hanya menilai al-zaytun dari berita” yg sudah beredar saja, tetapi kenalilah secara langsung, ,, -thank you-

    wassalam…

    –> wa’alaikum salam wrwb. memang demikianlah berita yg beredar. Namun janganlah menyalahkan media saja. Siapa sumber berita? Itulah para alumni dan staf (pengajar) di sana.

    Jadi kalau beritanya buruk, saya kira memang demikianlah keadaannya. Kalau ingin menjadi baik, maka sumber berita (alumni dan satf akademika) harus membuktikan dirinya.

    maaf kl tak berkenan.

  23. ass…
    afwan akhi saya mau nanya antum dari pesantren apa ?
    n kenapa kok rata2 pesantren diindonesia banyak yg ngikut kurikulum gontor..
    n saya dengar2 kok banyak pondok salafi yg sudah mengambil guru dari alumni kmi gontor.apakah antum dari gontor jg?

    –> wass wrwb.
    bukan .. saya bukan alumnus gontor.
    Kalau perintis pesantren (ada yg) dari gontor wajar kan dia menerapkan kurikulum almamaternya.

  24. gontor tidak terlalu istimewa pintar2 amat ngak bodoh2 amat jg ngak,sebab banyak santri dari gontor dapat biasiswa dari jama’ah islmiyah MADINNAH MUNAWAROH SAUDI ARABIA jadi WAHABY DONG kalau gitu

    • Yang paling pintar itu adalah Sukirno HAdy…..

      Tidak semua yang kuliah di Saudi itu otomatis jadi Wahaby bahkan banyak dari mereka tidak sepaham dengan paham wahaby itu, ada beberapa temen saya kuliah di sana dan masih sepaham dengan saya, malahan mereka lebih mengetahui kekeliruan wahaby itu dibandingkan kita.

      Itu disebabkan basic/ dasar pendidikan mereka dari kecil di pesantren di Indonesia jadi mereka lebih bisa meneliti dan menyaring lebih mendalam.

    • bedanya gontor dengan yang lain yang utama adalah gontor mengajarkan pendidikan murni (mental, pola pikir, dan sejenisnya…) SUKINO gimana c melihat gontor ko dari yang kuliah di Saudi? setiap tahun yg ke beasiswa ke saudi paling 10 orang, tidak melebihi mesir (nyampe 30 orang), malaysia 10 dll… hampir rata di setiap negra timur tengah dan asia pasti ada..

  25. Assalamu’alaikum…

    ponpes yg baik, yg besar yg apa aja bukan itu yg di tuju tp yg bisa berman faat dunia aqerat

    tapi semua itu yg terbaik bagaimana kita bisa mendidik diri kita,agar hati yg menjadi pusat bisa mengarahkan kita ke jalan yg sebenarnya……..

    Amin………….Wassalamualaikum,WR.WB.

  26. assalamualaikum wr.wb
    mondok dimana aja silahkan.,.,mau nilai yang terbaik n gakx silahkan.,.yang terpenting ingat tujuan dari rumah : ” MONDOK UNTUK MENGAJI ”

    wassalamualaikum wr.wb

  27. Assalamu’alaikum….

    ustad… kira-kira Pon. Pes. “Wali Songo” Ngabar
    di peringkat brpa mnrut penelitian??????
    tlong di balas..!!!!!

    buat motivasi…. byr bsa jdi yg nmor 1…. syukron…

    Wassalamu’alaikum….

    –> wa’alaikum salam wrwb. maaf.. tidak tahu. Ada kurikulum tidak mas.. terus alumni di mana saja?

    • kalau kurikulum gk jauh beda ma gontor…. kita pndok alumni gontor pertama…
      kalau alumni dah tersebar di seluruh nusantara… dan di luar negeri juga banyak…
      mulai malaysia, singapur, australi, mesir, madinah, pakistan, austria dan kanada… dll…

      wassalam…
      mas dulu pernah mondok dmn sja????

  28. pesantren kami juga terbaik lo di tahun 2012
    PONDOK PESANTREN AL FATTAH
    SIMAN SEKARAN LAMONGAN JATIM telah berdiri sejak tahun 1946 dan kini telah memiliki lembaga formal TK hinggan perguruan tinggi dan sda meluluskan ribuan alumni diberbagai bidang. he he bisa dong dimasukkan
    mks

    –> website n alamatnya mas?

  29. Ass.wr.wb.

    Ane berpendapat, memang untuk menilai yang terbaik rada susah, tapi menurut ane semua pesantren bisa dibilang the best, karena banyak mengajarkan ilmu agama, yang mendasari para santrinya berjiwa islam dan berkarakter akhlaqul karimah yang mantab.
    Jadi Semua pesantren is the best.

    Salam
    Nur H

  30. Alhamdulillah masih banyak orang yang peduli dan bangga sekolah di Pondok Pesan tren.
    Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.amiin..

  31. Wahaby bukanlah Madzhab, tapi merupakan pergerakan islam di Arab yg di pimpin oleh Muhammad bin Abdul Wahab untuk memurnikan ajaran islam kembali pada Qur-an dan Hadits. Karena saat itu di Arab sudah banyak orang2 islam yg lalai dgn tuntunan islam yg sesungguhnya, yaitu Qur-an dan Hadits. Jadi, mnurut saya Madzhab itu dari dulu hanya ada 4 Madzhab, yaitu: MALIKI, SYAFI’I, HANAFI dan HAMBALI. ma’af ini hanya skdar masukan. mohon pengertiannya. syukron.

  32. Ada usulan nich…Program Unggulan di PONPES tsb apa aja, berikut prestasinya…
    kalau boleh sy ada masukan PONPES yg dapat dimasukkan dlm daftar PONPES TERBAIK DI INDONESIA. (Mhn diringkas sendiri)
    1. PONPES Al-Ashriyyah Nurul Iman (Boarding School)
    Pelopor Pendidikan Gratis
    Pendiri : Assyekh Habib Saggaf bin Mahdi bin Assyekh Abi Bakar bin Salim, yang lebih akrab dengan panggilan “Abah” di kalangan santri PP Al-Ashriyyah Nurul Iman dan masyarakat sekitarnya adalah sosok ulama, guru dan pendidik yang penuh inspirasi, memiliki integritas keilmuan lahir dan bathin, dan pandangan modern tentang bagaimana mewujudkan masyarakat yang sejahtera, yang lepas dari belenggu kebodohan dan kemiskinan. Jauh sebelum para politisi bangsa kita menggembor-gemborkan sekolah gratis sebagai slogan kampanyenya, ulama keturunan Yaman kelahiran Dompu, Nusa Tenggara Barat ini sudah memulai gerakan pendidikan bebas biaya. Saat ini tercatat lebih dari 18.000 santri belajar secara gratis di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman yang didirikanya. Dilahirkan dua hari menjelang hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 15 Agustus 1945, beliau menghabiskan masa mudanya dengan menuntut ilmu di Pesantren Daarul Hadits Malang.
    Di Pondok Pesantren Daarul Hadits, Malang, beliau diterima oleh sang pengasuh pesantren, Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih al-Alawy. Beliau nyantri di pesantren ini dengan sangat cemerlang selama dua tahun tujuh bulan. Setelah itu beliau melanjutkan mengajar Fiqh dan Nahwu selama kurang lebih tiga belas tahun.
    Setelah mengabdikan diri di Pondok Pesantren Daarul Hadits Malang, beliau berguru ke Masjid Sayyidina Abbas di Aljazair selama lima tahun dan i’tikaf di Makkah selama lima tahun. Kemudian beliau melanjutkan pendalaman ilmu agama berturut-turut di Bahrain. Sebelum kembali ke tanah air, beliau juga pernah mengajar di beberapa negara seperti Italia, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Brunei Daarussalam. Beliau juga sempat memperdalam ilmu tariqat di Irak.
    Setelah beberapa lama di Irak, beliau memutuskan untuk kembali ke tanah air. Sang guru tariqatnya yang beraliran Syadziliyah, merekomendasikan agar beliau memperdalam tariqat di Mranggen, Demak.
    Setelah beberapa lama, beliau pulang ke kampung halaman dan mengamalkan ilmunya dengan mendirikan pesantren Ar Rahman yang hingga saat ini masih berdiri.
    Berbekal keilmuan dan pengalaman yang beliau miliki, sesampainya di tanah air beliau kembali mendirikan Pesantren Daarul Ulum di Surabaya yang banyak menerima murid dari Singapura, Malaysia, Brunei Daarussalam serta Afrika, sebelum akhirnya pindah ke Jakarta dan mendirikan Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman di Desa Warujaya, Parung hingga saat ini. Sosok yang senantiasa berjubah putih ini memiliki komitmen yang kuat untuk kemajuan dunia pendidikan. Cita-citanya dalam mewujudkan pendidikan gratis adalah mimpi yang menjadi kenyataan di tengah kondisi bangsa yang terpuruk akibat krisis moneter di tahun 1998. Bagi Abah, jawaban tepat atas semua kekacauan yang terjadi pada bangsa ini adalah pendidikan. Pendidikan yang baik akan melahirkan SDM yang tangguh, profesional dan berkualitas, sehingga ke depan masyarakat Indonesia akan menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengelola secara baik dan bertanggung jawab atas setiap potensi yang Allah karuniakan pada bangsa ini.
    Seluruh hidupnya adalah pengabdian untuk dunia pendidikan. Komitmennya yang kuat terhadap pendidikan mencerminkan integritas antara ilmu dan amal. Begitulah seharusnya sosok seorang pendidik, Abah mengamalkan betul apa yang pernah disabdakan oleh Rasulullah, “khoiru man yamsyi fauqal ardli al mualim”, sebaik-baik orang yang berjalan di muka bumi ini adalah guru. Menurut Abah kata “mualim” memiliki makna yang lebih luas dari guru yaitu pendidik, karena seorang pendidik tidak hanya bertanggung jawab pada pengembangan intelektualitas muridnya namun juga bertanggung jawab pada perkembangan seluruh aspek kehidupan muridnya.
    Di kalangan santri Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman, Abah dikenal sebagai sosok yang tegas dalam menerapkan kedisiplinan. Bagi Abah, tugas santri hanyalah belajar dan belajar, tidak perlu memikirkan biaya pendidikan, makan, listrik, tempat tinggal dan lain sebagainya, semuanya telah difasilitasi oleh Pesantren, tidak ada uang sekolah, uang buku, uang makan, uang asrama ataupun lainnya, semua kebutuhan pokok yang diperlukan santri sudah disiapkan oleh pesantren. Sungguh merupakan model pendidikan yang mensejahterakan, model pendidikan masa depan untuk bangsa, semua itu lahir dari sentuhan emas sosok kharismatik Abah yang betul-betul menjiwai pendidikan.
    Menurut Abah, seorang manager pendidikan harus tahu betul apa yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pendidikan. Bangsa kita masih lemah dalam mengatur dan melaksanakan pendidikan, padahal kalau kita mau mengacu pada al-Qur’an dan meneladani ajaran Rasulullah Saw, maka semuanya akan berjalan dengan baik. Berdasarkan keilmuan dan pengalaman serta pengamatan Abah yang memiliki kecintaan yang sangat tinggi terhadap al-Qur’an, perpaduaan antara model pendidikan dalam negeri dan model pendidikan luar negeri, antara keilmuan umum dan keilmuan agama yang saling melengkapi saat ini diterapkan di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman.
    Selain itu, sarana dan prasarana pendukungpun dilengkapi sedemikian rupa, mulai dari ruang kelas laboratorium, dan program-program pengembangan ekstra dan intra kurikuler yang lengkap, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan harus dilakukan secara menyeluruh dalam dunia pendidikan. Sebagai sistem, pendidikan harus diselenggarakan secara utuh agar tidak terjadi kesenjangan yang bisa mengabaikan tujuan dan fungsi pendidikan.
    Hingga saat ini, di usia beliau yang sudah mencapai tujuh puluh tahun, aktivitas mengajar masih dijalaninya. Setiap pagi ba’da subuh, Abah memberikan pengajian umum kepada seluruh santri dan masyarakat sekitar. Dengan kepandaiannya pula dalam menguasai Qiraah Sab’ah (bacaan al-Qur’an dengan riwayat tujuh imam, Red), beliau selalu dinantikan oleh para jamaahnya di Singapura.
    Sementara Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman yang menekankan kedisiplinan, meningkatkan kekuatan pribadi dengan ilmu agama dan umum serta life skills berbasis kompetensi, pesantren ini juga memadukan sistem madrasah dan sekolah umum serta pengajian kitab-kitab klasik. Saat ini, Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman semakin pesat berkembang dan sudah memiliki unit-unit usaha mandiri yang bisa mencukupi kebutuhan warga pesantren, seperti pabrik roti, produksi air minum hexagonal, peternakan dan pertanian. Tak ada kata berhenti dan tak ada kata menyerah dengan ketaqwaan kepada Allah dan kepasrahan diri sepenuhnya segala ikhtiar terus dilakukan untuk mewujudkan cita-citanya dalam membangun dunia pendidikan yang baik bagi agama dan bangsa ini. Target Abah dari jumlah santri yang ada saat ini diharapkan ke depan bisa mencapai 40.000 santri. Karena Allah memilih satu orang di setiap 40.000 orang sebagai wali majelis, yaitu orang yang dikasihi oleh Allah dan dikabulkan doa-doanya. Semoga Allah mewujudkan setiap impian dan cita-cita beliau dan memberikan kepada kita semua keberkahan dunia dan akhirat, amin. (Sumber http://www.kemenag.go.id/Pontren)
    Banyak kalangan intelektual yang telah memberikan telaahnya kepada pimpinan Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman, As-Syekh Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abu Bakar bin Salim, seorang tokoh masyarakat, ulama kelahiran 15 Agustus 1945 di Dompu Nusa Tenggara Barat, putra pasangan dari Habib Mahdi bin Idrus dengan Syarifah Balqis. Pasalnya, ketika kondisi pendidikan di Indonesia tengah carut-marut dan walaupun banyak berbagai lembaga pendidikan dan yayasan besar dan berkualitas namun tak sepenuhnya memihak rakyat kecil, justru beliau berani memberikan terobosan baru dengan menyelenggarakan pendidikan gratis untuk semua kalangan. Dan tidak sampai disitu, saat banyak pesantren-pesantren besar dan berkualitas berlomba keunggulan, Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Imanlah yang mendapat predikat tinggi sebagai “Pondok tauladan di seluruh Indonesia”. Itulah yang membuat banyak tokoh dan para cendekiawan nasional maupun internasional sampai berdecak kagum dan ingin memandang langsung Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman yang saat ini berjumlah kurang lebih 18.000 santri. Atas prestasi besar ini As-Syekh Habib Saggaf bin Mahdi Bin Syekh Abu Bakar bin Salim, atau lebih akrab dipanggil santrinya dengan sebutan “Abah” acapkali mendapat penghargaan dari pemerintah maupun non pemerintah, salah satunya silver award sebagaiHuman Resourced award.
    Dalam memperjuangkan Yayasan Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman yang menyelenggarakan lembaga pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, TK, SD, SMP, SMA, dan Sekolah Tinggi ini Abah beserta istrinya, Ummi Waheeda binti Abdurrahman dimana beliau ikut andil mendampingi perjuangan beliau, baik dalam perintisan pesantren, proses belajar mengajar sampai pengembangan pesantren. Dalam arti lain, Ummi adalah bagian terpenting dalam diri Yayasan.
    Saat ini estafet kepemimpinan Yayasan Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman telah digantikan oleh Ummi Waheeda, orang nomer dua perintis sekaligus pendamping setia almarhum As-Syekh Habib Saggaf bin Mahdi Bin Syekh Abu Bakar yang wafat pada hari Jum’at tanggal 12 September 2010. Dan reputasi Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman yang besar dan megah masih harum dimata dunia internasional. Semoga tetap jaya dan sentosa.

    Al Ashriyyah Nurul Iman Boarding School
    Address:
    Jl. Nurul Iman Rt.01/01 No.01
    Kec. Parung Kab. Bogor Po.Box 107-SWG 16500
    Jawa Barat
    Indonesia

    E-mail: habibsaggaf@nuruliman.or.id

    Telephone: +62 251 7165512
    Fax: +65 251 8542878

    2. PONPES YANBU’UL QUR’AN
    Program Unggulan : Tahfidzul Qur’an

    Profil dan sejarah Singkat
    Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an (PTYQ Dewasa) merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal di bawah naungan Yayasan Arwaniyah. Lembaga pendidikan yang berupa pesantren salaf ini menitiktekankan pada pengajaran Al Qur’an, yaitu meliputi tahsin (pembenaran bacaan), tahfidh (hafalan) dan qiro’ah sab’ah.
    PTYQ dewasa atau yang biasa disebut PTYQ pusat, terletak kurang lebih 1,5 km dari pusat kota Kudus dan tidak jauh dari kompleks makam Sunan Kudus. Tepatnya berlokasi di Jl. KH.M Arwani, kelurahan kajeksan, Kudus.
    Cikal bakal pesantren ini berawal dari pengajian yang diampu oleh KH. M. Arwani Amin yang telah dimulai sejak tahun 1942 di masjid Kenepan. Di Masjid ini beliau menerima para santri yang ingin belajar Al Qur’an baik bin nadhor maupun bil ghoib. Pengajian ini sempat terhenti pada rentang waktu antara tahun 1947 s.d 1957 disebabkan kesibukan beliau menuntut ilmu Thariqoh di pesantren Popongan, Solo. Setelah tahun 1957 pengajian itu pun kembali berlanjut. Pada th 1962, KH. M. Arwani menempati sebuah rumah baru di kelurahan Kajeksan, maka tempat pengajian pun turut dipindahkan tak jauh dari rumah beliau yang baru yaitu di masjid Busyro latif.
    Seiring berjalannya waktu, santri yang belajar pada beliau semakin bertambah. Beliau pun berniat untuk mendirikan sebuah pesantren untuk menampung para santri agar mereka bisa lebih mudah dalam belajar. Akhirnya pada tahun 1973 didirikanlah sebuah pesantren Al Qur’an yang diberi nama “Yanbu’ul Qur’an”. Nama Yanbu’ul Qur’an yang berarti mata air (sumber) Al Qur’an dipilih oleh KH. M. Arwani sendiri yang dipetik dari Al Qur’an Surat Al Isra’ ayat 90. Dengan nama tersebut diharapkan PTYQ bisa benar-benar menjadi sumber ilmu Al Qur’an.
    Paling tidak ada empat tujuan pokok didirikannya PTYQ saat itu, pertama, menyediakan pemukiman bagi para santri yang ingin belajar dan menghafal Al Qur’an. Kedua, memudahkan kontrol kepada para santri dan memperlancar keberlangsungan proses belajar mengajar. Ketiga, menjaga kemurnian Al Qur’an. Dan keempat, turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.
    Pada tanggal 1 Oktober 1994 KH. M. Arwani berpulang ke rahmatullah. Sepeninggal beliau pengelolaan pesantren dilanjutkan oleh putra-putra beliau, KH. M. Ulin Nuha Arwani dan KH. M. Ulil Albab Arwani, serta seorang murid kesayangan beliau yaitu KH. Muhammad Mansur Maskan (alm).
    Saat ini terdapat kurang lebih 200 orang santri putra yang belajar di pesantren ini. Mereka datang dari berbagai kota dan dengan latar pendidikan yang berbeda-beda. Untuk menjadi santri di PTYQ dewasa, pendidikan minimal calon santri adalah lulusan SLTP/Mts atau yang sederajat. Mereka juga harus mengikuti tes masuk terlebih dahulu berupa tes lisan, tulisan dan praktek membaca Al Qur’an. Pendaftaran setiap tahunnya dibuka pada bulan Syawal (tanggal 11-25) dan kegiatan belajar mengajar bagi santri baru dimulai pada awal bulan Dzulqo’dah.
    PTYQ juga membuka kesempatan bagi santri-santri dari pesantren lain untuk belajar Al Qur’an. Setiap bulan Ramadhan, PTYQ menerima santri puasanan dan mengadakan kelas makhroj bagi mereka selama tujuh belas hari yaitu tanggal 1 hingga 17 Ramadhan.
    ==========================
    Kegiatan Belajar Mengajar
    Kegiatan belajar mengajar di PTYQ dewasa putra dimulai sejak subuh hingga menjelang malam. Kegiatan rutin yang berkenaan dengan Al Qur’an diantaranya adalah setoran hafalan pada KH. M. Ulin Nuha Arwani, yang dimulai dari ba’da Subuh hingga selesai. Santri yang mengikuti kegiatan ini adalah para khotimin yaitu santri yang telah mengikuti ujian akhir/masalan; dan santri yang telah setor minimal 20 juz kepada KH. Ulil Albab Arwani
    Berikutnya adalah setoran hafalan pada KH. M.Ulil Albab Arwani, dimulai pukul 05.30 s.d selesai. Para santri diperbolehkan setoran hafalan Al Qur’an kepada KH. Ulil Albab bila telah selesai belajar makhroj selama kurang lebih 8 bulan atau telah mendapat rekomendasi dari ustadz kelas tahsin dan departemen pendidikan. Pada jam ini pula para khotimin yang melanjutkan belajar qiro’ah sab’ah menyetorkan hafalan qiro’ahnya.
    Selanjutnya jam wajib madrasah pagi. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00. Diampu oleh ustadz yang telah ditunjuk dan dilaksanakan di kelas sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Penentuan jenjang kelas didasarkan pada jumlah juz yang telah disetorkan kepada KH. Ulil Albab Arwani.
    Adapun jenjang kelas madrasah pagi dibagi menjadi:
    a. Kelas Persiapan A
    yaitu kelas makhroj, tahsin dan bin nadhor
    b. Kelas persiapan B
    ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 1-8
    c. Kelas I
    ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 9-14
    d. Kelas II
    ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 15-23
    e. Kelas III
    ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 23-30
    f. Kelas Mudarosah
    Ditempati para Khotimin dan santri-santri yang telah mengikuti tes kelas mudarosah yaitu mampu membaca 30 juz bil ghoib.

    Sebagai penunjang hafalan Al Qur’annya, kepada para santri juga diajarkan beberapa kitab klasik tentang tafsir (tafsir jalalain), tajwid (Ahkamul Tajwid), asbabun nuzul, fiqih (Kasyifatu Saja), Tasawuf (Risalatul Mu’awanah) dan Adab (Nashoihul Ibad).
    Disamping kegiatan rutin di atas, para santri juga melaksanakan kegiatan praktis seperti mudarosah, pembacaan barzanji, tahlil, ro’an (kerja bakti) dll. Selengkapnya kegiatan santri di PTYQ pusat dapat dilihat dalam web.

    Office : Jl. KH. Muhammad Arwani, Kelurahan Kajeksan No. 24 Po. Box 124 Kudus 59332 Telp./Fax : (0291) 431610 – 445161
    Website : http://www.arwaniyyah.com E-mail : admin@arwaniyyah.com, arwaniyyah@yahoo.com
    Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Putra/Putri (Pusat) Telp. (0291) 431610 – 442816 – 445758. | Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Telp. (0291) 443777. | PP. MUS-YQ Putra Kwanaran Telp. (0291) 436055. | PP. MUS-YQ Putri Kerjasan Telp. (0291) 442907. | MTs Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog. | Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kanak-kanak Putra Krandon Telp. (0291) 435652. | Pondok Tahfidh Yatama Utsman Bin Affan (putra) Krandon. | TBS RTQ-MIQ-MI Balaetengahan (0291) 434156.| TBS MPTs Kajeksan | TBS MTs (0291) 434 555. TBS MPA-MA-MADIPU (0291) 445 474. | TBS MAK Kajeksan (0291) 330 5209.

    • Salam, Saya beserta suami saya ingin sekali mengikuti dan mendalami Ugama tercinta saya (Islam).
      Kami adalah rakyat Singapura yang berumur 48 tahun hanya mengenali huruf Al Quran dan berpelajaran Inggeris. Saya sering mengikuti kelas2 yang diadakan di Masjid2 Singapura. Sering juga ke majlis tahlil, berzanji dan Marhaban (Maulidul Rosul)
      Kami berdua juga sudah bermuafakat akan tinggal di Indonesia, untuk mengikuti kelas2 agama. Adakah tempat buat kami di sana?

      • Bismillah…
        Wa’alaikum salam wr wb….
        ahlan wa marhaban biik, ma’ cik Jamalliah binti Ahmad…. :)

        I speak english not as well as singaporean…. so I will help you with ‘Bahasa Indonesia’… Please don’t hestitate to reply and ask if you are confusing with some words that i text…

        Kebanyakan pesantren di Indonesia hanya fokus pada penerimaan santri baru dengan usia 7 – 18 years old… (elementary, junior high, and high school age)… Dan menerima santri berusia dewasa/tua (< 30 years old) merupakan sebuah program yang tidak biasa (unordinary)….

        Saya sendiri bukanlah seorang yang lulusan pesantren, namun malam ini saya sudah melakukan gathering information dari kawan-kawan saya yang lulusan pesantren, mengenai pesantren mana saja yang menerima santri berusia dewasa/tua…

        Dan ini adalah hasilnya ( and These are the results) :

        Pertanyaannya adalah 'what kind of pesantren do you looking at'?

        Apakah pesantren yang mengejarkan mengenai Islam sekaligus menghafal qur'an (Islamic thougt and Tahfizhul Qur'an) ?

        Jika iya, maka pilihannya adalah:

        1. Rumah Tahfidz PPPA (Program Pembibitan Penghafal Qur'an) yang diasuh Ust. Yusuf Mansyur
        Here it is the contact :
        Phone. +6221 7345 3000
        Fax. +6221 7344 4875, 7344 4858
        SMS center +62815 1900 2828 (if u want to text)

        Adress: Kawasan Bisnis CBD Ciledug, Blok A3, No.21 Jl. HOS. Cokroaminoto, Karang Tengah, Cilledug, Kota Tangerang, Indonesia.

        For Your Info, tangerang city is very near from Jakarta city, just 1 or two hour by car… :)

        Just be carefull… jika ma'cik ingin menhubungi nomor phone indonesia, ma'cik harus mengawali dengan (+62)…. :)
        Ma'cik dapat menjelaskan kepada pihak pesantren, bahwa ma'cik adalah warga negara Singapore berusia 48 tahun yang ingin belajar mengenai Agama Islam dan menghafal Qur'an…… Please tell them every details about you, sehingga mereka bisa menyediakan program apa yang pas untuk ma'cik…..

        Ma'cik, do you know about Bandung city? Ada sebuah pesantren di kota bandung yang sangat bagus dan terkenal, hingga hampir semua warga Indonesia mengenalnya…. Pesantren ini bernama Darut Tauhid….

        2. Pondok Pesantren Darut Tauhid, yang diasuh ust KH Abdullah Gymnastyar

        Information, please call +62813 2173 2397 or +62878 2284 4468

        The Adress : Jl. Gegerkalong Girang No. 67 Bandung 40154 Indonesia.
        email :
        E-mail : humasdtbdg@yahoo.com

        aepsaepudin99@yahoo.co.id [ bagian layanan jama'ah]

        Facebook : http://www.facebook.com/daaruttauhiid

        Bandung is the capital of West Java province in Indonesia, and the country's third largest city, and second largest metropolitan area in Indonesia. Located 768 meters (2,520 ft) above sea level, approximately 140 km south eastern of Jakarta, Bandung has cooler temperatures all year-round than most other Indonesian cities….

        Next is….

        3. Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosat Islamiyah (STID DI) Al-Hikmah

        Jl Bangka IIIA No. 25 Pela Mampang
        Mampang Prapatan – South Jakarta

        Telp. +6221 – 7194402
        Fax. +6221 – 7198053

        And the last is…

        4. Ma’had ihya as sunnah tasikmalaya

        Untuk bahasa Arab dan keilmuan agama saya merekomendasikan ini.

        Phone Tlp/Fax: +62265 325 225
        Adress: Jl.Paseh Terusan BCA No.11 Tuguraja Cihideung Tasikmalaya 46125 Indonesia

        Ma'cik boleh mengambil Program NON-FORMAL
        BIDANG ILMU SYAR'I
        Seperti: Aqidah, Al Qur'an, Hadits, Fiqh, Tafsir, Faro'idh, Dakwah

        Informasi personal:
        Haryono Ibnu Umar :+6281320337399
        Ruchbudi : +6281323399120
        Ade Suherman : +6285223374218

        Demikianlah, rekomendasi dari saya, semoga bisa bemanfaat untuk ma'cik… Allah yahfazhukum….

      • Salam, Dik Ardi,

        Terima kasih kerana memberi penjelasan kepada saya. Ia telah banyak memberi
        manfa’at buat kami. Saya akan berbincang dengan suami mengenai tempat2 yang di
        sarankan Dik Ardi. Ibu mentua saya berasal dari Medan and Ibu saya mempunyai
        keturunan Jawa. Saya sering berulang alik ke Jakarta dan juga Bandung and juga
        mempunyai saudara di Tangerang, Jakarta. I will definately go to one of the
        recommended Pasentren earliest by end of this year. Insayallah.

    • assalamualaikum wr.wb…sy mau tanya pak…perkenalkan sy adalah single parent utk ke 3 anak saya yg semuanya jagoan….terusterang masalah pendidikan ke 3 anak saya selama ini semuanya saya dan dibantu orangtua (bapaknya lepas tanggung jawab). saya sangat tertarik dengan ponpes Al Ashriyyah Nurul Iman di Bogor, berdasarkan keterangan dari bpk, bhw ponpes tsb gratis, mungkin ini bisa membantu untuk melanjutkan pendidikan bagi putra pertama saya. mohon info pendaftaran dan apakah betul tdk pakai biaya sekolah?…mohon penjelasannya yang lebih detil..sekian trimakasih…wassalam.

  33. gilaa… bangga bangedt gua sekolah di Daar el-Qolam… sekolah terbesar di Banten.. ke 3 di Indonesia… huuughh.. ajiib.. apalagi gue punya temen2 SHINE yang seru n ghokiill abiesss…

    • gua lebih bangga alumni gontor,,, soalnya alumni gontor baru tamat kmi atau sma dah ditugaskan ngabdi di daar el qolaam, bahkan diseluruh penjuru indonesia,, jadi insyaallah dah teruji kemampuannya

      • saya mw tanya di gontor nanti ny di ajarin ilmu buat nyembuhin org yg kesurupan jga gk coz saya jga santri gontor cabang

  34. Asslm wr wb…mau nanya nich..dah pernah surve ke ponpes Asslaam solo belum? Denger2 jg bagus lo..siapa th bs msk ke no.13.

  35. pondok pesantren al fatah, magetan,tenboro, juga besar bahkan di pondok itu santrinya beda dengan pondok pada umumnya,karna di pondok itu santrinya berasal dari nusantara, mulai dari sabang sampai marauke ingsayallah ada, bahkan yang dari luar negara banyak,seperti misal malaysia,thailand,kamboja,dll. bermahzab as’syafi’i

  36. afwan ini pesantren terbaik versi siapa? apa yang jadi kriteria ini yang terbaik? sebab menurut saya al irsyad tenggaran juga salah satu yang terbaik. selain diakui oleh universitas islam madainah (berkurikulum madinah) juga paling banyak alumnusnya sitiap tahun yang diterima di madinah lipia dll…

  37. assalamualaikum sahabat/iah sekalian…

    saya seorang pelajar dari sabah, malaysia… saya sangat teringin mau belajar d pesantren sekitar indonesia. tp sy xtahu mcm mn mau bt.. harap teman2 dapat membantu saya… saya insan yang masih kurang dalam ilmu agama…

    • Wa’alaikum salam wr wb…..

      Brother, how old are you?

      I highly recommended you to chek this out….

      Pesantren Husnul Khotimah

      http://husnulkhotimah.com

      And this….

      Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran

      Jalan Raya Solo – Semarang Km. 45, Ds. Butuh, Kec. Tengaran, Kab. Semarang
      Telp. (+62298) 321658
      Faks. (+62298) 312456
      PO BOX 134 Salatiga 50700 Indonesia
      E-mail : info@pesantrenAlirsyad.org

  38. assalamualaikum.. saya ingin menambahkan lagi, pesantren rsyidiah khalidiah,, bertempat d amuntai kalimantan selatan,, yg mana murid nya ada setiap tahun nya yg di kirim ke al ajhar kairo, dan salah stu murid nya pernah ada ya juara 2 dunia tahapiz al quran d mekkah…dan banyak mencetak para guru2 agama, dan ulama ulama

  39. assalamualaikum,saya salah satu alumni ponpes el-salafy dasrussalam gondang,ponpes saya kecil dan tidak menggunakan kurikulum modern,letak terbaik bukan karena gedung besar dan mewah,kurikulum modern,no offense..wassalam

    • assalamualaikum wr wb..
      kepada saudara hero..
      mo tanya neh…ponpes el salafy darssalamm it dimaana???soalnaa ada juga ponpes sanan gondang…
      apakah samaa atwkh bedaa…

      syukran,,,
      wassalam..

  40. assalamu’alaikum wr.wb.
    Menurut saya tambahkan bahasa setiap hari di gunakan di pondok tersebut agar generasi muda insya allah bwanyak yg mondok .
    Sekian terimakasih.

  41. tlg kalo dasarnya informasi knapa ndak didasari benar2 menguntungkan pencari info yg lengkap dong,dan jelas

  42. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ,terimakasih ….atas semua informasinya……bagi saya info2 ini sangat bermanfaat, insya Allah anak saya yang pertama setelah lulus sd akan saya masukkan ke ponpes…maturnuwun..Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

  43. assalamu’alikum wr.wb
    kaypa halukum………..?
    pokok nya terbaik ng terbaik sesama pesanteren harus saling mendukung…….lianna
    alma’had tujuan nya kan sama yaitu ingin menciptakan manusia yg berakhlak yang baik…apa lg sesama umat islam di larang saling menjatuhkan ……semua pondok pesanteren itu baik…tapi yg terbaik pesanteren yg tidak keluar dari tuntunan agama…..terus pesanteren tu baik bukan di lihat dari bangunan nya atau pun dari lokasinya …tpi di ihat dari sikap para santri nya ,mencermin kan sebagai santri nggggggggg,syukron katsyiron,
    wassalamu’alaikum wr.wb

  44. Assalamualaikum wr wb

    Ane mau menambahkan pesantren terbaik di indonesia

    Pondok pesantren LIRBOYO (ahlus sunnah waljamaah)

    Pondok pesantren PLOSO AL-Falah (ahlus sunnah waljamaah)

    Pondok pesantren SARANG (ahlus sunnah waljamaah) jawa tengah

    Pondok pesantren BUNTET (ahlus sunnah waljamaah) Cirebon

    • betul betul semua pondok baik jika masih perpedoman dengan ahli sunah wal jamaah….lautan ilmu alat nahwu dan shorof jgn ragu lirboyo ngone

  45. Asww… Syeikh….
    smg langkah strategis yg masyayikh jalani dalam rangka mengevaluasi dan memotivasi pesantren di berkahi oleh Alloh Azza wa Jala…
    setahu ana ada pesantren yg tergolong tua di Nusantara ini… Ponpes Al Muwawwir Krapyak Yogyakarta yg begitu banyak mencetak para pejuang agama dan bangsa, Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an yang telah mencetak Ratusan Ribu Hafid Hafidhoh pemegang Ruyatil Islam… ana usul sebaiknya 100 pesantren terbaik… Syihab Ahmad Jamzuri

    –> www, itu pesantren favorite saya.

  46. Assalamu’alaikum wr.wb..
    Blh ikutn nanya ga?..
    Adik ana ingin mondok d ponpes modern yg bgus di daerah dkt Malang aja..
    Blh mnta saran tempatnya yg bgus dmana?..
    ana msh awam soalnya..
    Syukron katsir ats jwbanya.

  47. Assalamu’alaikum..
    Blh nanya ga?..
    Ana nyari pondok modern+skolah yg bgus bwt adik ana d daerah skitar Malang Jatim aja..
    Bsa mnta saran dmana aja ponpes yg bgus mnurut antum?..
    Syukron katsir atas jawabannya..
    Smoga Allah yg membalasnya,.

  48. saran saja,kalo kepingin anaknya pinter dibidang ilmu umum+bhs.arab,agama dll mending ke pesantren modern macam gontor
    tpi kalo kpengen anaknya jadi ustadz,kyai n pinter baca kitab kuning n kitab2 klasik mending ke pesantren salafy/tradisional,soale pesantren modern sama salaf itu beda…

    –> kalau saya .. sekolah iyaa, pesantren iyaa..

  49. ass.
    ada sbuah ponpes br dtenggarong – kukar – kaltim. namanya DARUL FALAH. meski br aja brdiri,tp santrix uda ckp bnyak.dr yg br SD,smpe yg uda tua.dr jawa,sulawesi,kalimantan,smpai NTT. bagusx dsni,santri tdk prlu mmikirkan biaya mondok,mkan, skolah/kuliah yg bs dblg WAH!!!!. sgt tepat u/yg pngen blajar agama,tp dr kluarg tdk mampu.
    alamat:
    ponpes bisnis terpadu darul falah
    jl. semeru gg.darul falah no.04 kel.maluhu kec.tenggarong kab.kutaikartanegara kaltim.

    siapa blg gratis itu tdk bermutu?
    wass.

      • yg saya tau ponpes salafiyah syafi’iyah sukorejo banyuputih situbondo jawa timur, memberikan keringanan bagi santrinya yg tidak mampu, walaupun biaya mondoknya sudah sangat murah. smg bermanfaat. trims

  50. Assalammualaikum,
    Apakah ada pondok pesantren yang menangani anak2 yang memiliki keterbelakangan dalam berfikir/kurang konsentrasi (bukan idiot)? Mohon infonya.

    Wassalam

  51. assalamualaikum daarel-qolamdan gontor dan la-tansa adalah pesantre yang is the best in the indonesia
    tetapi yang sangat internasional adalah daar el-qolam .
    karena dia sudah punya 3 kelas jadi daar el-qolam dia sudah ter,masuk pesantren sangat berbasis dunia kalah deh sama sman 33 dan 84 sama insan cendekia dan penabur…………………………………… daar el-qolam pesantren yang termulia dan terbak……………………………………………………………………………..by : syafnul

  52. daar el-qolam adalah sebuah berbasis pesantren yang memakai sistem internasional di jadi kalau pesantren yg terbaik adalah pesantren yang kayak bersaudara seperti daar el-qolam,gontor,la-tansa

  53. PESANTREN termasyhur di kota santri kudus jateng
    – pondok pesantren tahfidlul qur’an arwaniyyah Kudus jawa tengah.
    msh bnyk lagi ponpes salafiyyah sekaligus modern dkudus
    yg jelas ponpes di kudus nggx kalah terkenal dgn ponpes di jawa timur

  54. Assalamua’alaikum. . .
    PP. Sunan Drajat Paciran Lamongan adalah satu-satunya pondok pesantren peninggalan wali songo yakni kanjeng sunan drajat yang masih ada sampai saat ini dan salah satu pesantren ternama di jatim
    yang menggabungkan antara metode salaf dan modern. dan satu-satunya pesantren yang memiliki Radio + TV.

  55. apakah pondok pesantren salafiyah syafi’iyah sukorejo banyuputih situbondo jawa timur tidak masuk dalam 10 besar pondok pesantren di indonesia ? kalau dilihat dari jumlah santrinya, mencapai 20.000 (dari Mimbar Pendidikan Agama, terbitan kanwil Kemenag prof. jatim. edisi 307, april 2012).yg berasal dari seluruh indonesia, bahkan luar negri. dg lembaga pendidikan dari RA sampai PT (D2,S-1,S-2, Ma’had Aly) yg berjumlah lebih dari 30 lembaga pendidikan di dalamnya. yg memadukan sistem pendidikan klasik dan modern. mohon pencerahannya.

  56. maaf sebelumnya gan,,,,,,,,,,,,

    Saya dulu pernah ngajar di salah satu ponpes yang masuk sepuluh besar itu,,,,,,,,,
    saya out karena beda pandangan dengan bagiab pengajarrannnnnn,,,,,,
    mengapa,,karena santri itu kan dididik untuk jujur dan benar,,,,,,,,,tapi ustandnya malah banyak yang “nyeleneh” aneh aneh. ada acara serangan fajar (malaikat subuh) sang pembocor jawaban UN segala,,,,,,,,, sadis gan negeri temenan,,,,,,,,,, makanya untuk njenengan yang punya anak yg pengen sholeh-sholehah untuk cari pondok digali dulu kalo bisa dari orang dalam jangan katanya tetangga. Dan paling penting jangan PERCAYA BONGKOAN dengan ponpes,,,,,,,,, kwajiban ndidik anak itu orang tua bukan ustazd yang “dibayar”,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  57. Oya gan,,,,,,,lupa,,,,,,,,,
    Bukan lulusan mana yang penting,,,,,modern kah, salaf kah,,,,,,,,,,, tapi siswanya (santri) nya sendiri yang penting.Intinya pondok itu kan mencetak pendakawah2 ulung dan berahlak baik. Bukan menduduki kursi DPR, MPR, Bupati, atau lainnya. Jika dilihat dari komen nampak saling membanggakan diri. Saya sendiri tidak pernah mondok cuma lulusan SMA Negeri yang murah meriah dan UNN*Syang juga PT murah meriah, cuma ngikut ngaji sana sini. Toh hasil keluarannya saya lihat “lebih baik” sepintas dilihat dari sholatnya. Banyak teman saya alumni pondok pesantren yang tidak sholat malah menjatuhkan nama pondoknya. Dan biasanya alumni pondok itu taklidnya bukan main dengan Ustazdnya. Beda dengan yang sadar ngaji sendiri secara santri “mayoritas” dipaksa ortunya mondok karena “kelewat “badung. OK semoga berhasil anak didiknya dan Guru (Ustazd) jangan ngajari yang jelek dan jangn berpikiran ilmu itu hanya untuk murid tapi juga milik diri sendiri diajarkan dengan contoh.

  58. Assalamu’ alaikum Wr. Wb.
    Permisi Gan, saya mau bertanya.
    Kalau nyari pondok pesantren yang sedrhana tapi terkenal dan berkualitas tu dimana ya Gan…??

  59. waalaikum salam Wr. Wb
    menurut hemat saya semua pesantren yang notabenenya salafiyah semuanya sangat terjangkau, saya contohkan saja di daerah Banyuwangi jawa timur, pesantren tersebut berdiri sekitar tahun 1930 an maaf jika kurang tepat tahun nya oleh KH. iskandar almarhum yang sekarang di teruskan oleh putra putra nya.
    walaupun berbasis salafiyah namun utk kurikulum umum lumayan maju mulai dari dari Tk sampai sma, aliyah, smk, dan perguruan tinggi,

    nama pesantren nya “pon pes manbaul ulum desa sumber beras muncar banyuwagi, yang bentar lagi akan ada khaul KH iskandar pendiri ponpes tgl 27 rojab

    putra putra beliau ada yang mendirikan pesantren di antaranya : KH muhammad nur iskandar pengasuh pon pes Assidiqiyah kebun jeruk jakarta, dll

    menanggapi waktu mondok yang ideal, sebenarnya tdk terbatas waktu jika di persempit mungkin waktu yang ideal 6 tahun (usia ketika masa smp dan masa sma ) / jika tidak maka 4 tahun yaitu masa sma + 1 tahun utk perdalam ilmu kepesantrenannya
    yang saya bicarakan ini adalah dg kapasitas pagi sekolah umum smp / sma / yg lain sore dan malem sekolah pesantren nya.

    mudah mudahan yang sedikit ini bermanfaat amin .
    mohon maaf jika terdapat khilafnya.

    wassalam.

  60. assalamu’alaikum akhy,,
    afwan…
    ana mau nanya..
    di ponpes ihya ulumuddin tingkat aliyah putri kitab yang di pelajari apa aja yah ?
    skli lgai ‘afwan..
    syukran jazilan akhy…

    –> wa’alaikum salam wrwb. Mohon maaf .. Tadinya saya berharap alumnus ponpes yg bersangkutan yang memberi tanggapan. Setelah ditunggu sekian lama.. ok lah, berikut alamat hasil googling saya, (kl benar ponpes ini yang anda maksud)

    Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin
    Alamat : PP. Al Ihya Kesugihan I Cilacap 53274 Telp. (0282) 695032, 695829 Hp. 085291100797- 085291100767

    Silakan kontak sendiri. Semoga manfaat.

    • buat artna

      yang namanya pesantren nu yang dipelajari ya kitab kuning
      dan manakib syech abdul qodir jailani
      dan kalo dah lulus pasti dijamin bisa jadi imam tahlilan

      • mas sukirno, sebelum nya mohon maaf tidak sesimpel itu di pesantren. memang yang di pelajari kitab kuning namun masih banyak sekali yang bisa di pelajari di sana yang mungkin maaf kamu belum tahu

        untuk mbak ratna ayu permata, di ponpes manapun se indonesia kitab yang akan di pelajari (kitab kuning) terserah si santri menurut kemampuannya, adapun kitab kitab yang lain mengacu ke tingkatan masing masing santri (ula, wustho atau ulya) dengan kata lain tingkat pemula, menengah dan tingkat atas kurang lebihnya sd smp sma .

      • mas sukirno : iya,saya tau kitab kuning,malah itu yang saya incar,, tapi yang saya ingin tau apa nama kitab nya ,,seperti i’anah atau fathul mu’in,tafsir jalalen,kifayatul awwam,,dsb.. kalau kitab kuning tentu nya ponpes salafi atau ahlu sunnah manapun kebanyakan juga mempelajari,,

        untuk mas maskan,, maaf mas,,di ponpes yang saya ketahui,,kalo belajar formal nya di ajarkan oleh guru ustdz/ah dan d tentukan kitab yang akan di pelajari serta mabhas/pembahasan nya,,juga di ponpes saya saat ini.. saya bertanya seperti di atas hanya karena ingin tahu apakah ponpes yang akan saya masuki akan sealur(sepaham ) dg ponpes saya sekarang.. kalo beda paham kan susah gitu mas..

        syukran jazilan… :)

      • mb ratna, betul ponpes yang anda masuki sama dg ponpes2 yang lain baik dari dulu sampai sekarang, utk belajar formalnya memang di tentukan maksud saya misalnya di tingkatan ula ya—-awamil, di wustho —- jurumiyah, di ulya nya —-alfiyah dll dst.
        selamat belajar…mudah mudahan sukses.

  61. hamba Allah
    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    sya mau tanya, ponpes yang tepat untuk anak SMA yg sempat keluar dikarnakan kurang sregg/ nyaman dengan sekolah nya n dia sekarang sudah keluar pada smstr 2 awal. yg anehnya anak tersebut meminta pindah ke ponpes, katanya sih walau mengulang dari kelas 1 aliyah itu tidak masalah buatnya. ana bingung abg teman hrs bgemana, ana pngin bantu dia mencari ponpes yg tepat buat sia pastinya. mohon saran nya, syukron.

  62. Wah….pondokku ko ga masuk ea…..kriterianya seperti apa sch lw boleh tau untuk dapat predikat terbaik?

    –> silakan pp anda tuliskan di komentar ini.

  63. Anda-anda yang merasa alumni Gontor jangan bangga pesantrennya masuk sepuluh besar atau tidak masuk… No 1 atau no 100. Sungguh tidak penting dan tidak merubah apa pun pada diri Pesantren (Gontor), Gontor besar bukan karena survey, tidak menjadi besar karena ditulis no 1… dan pasti orang gontor disana cuek aja. bukankah di gontor tidak pernah ada santri juara 1, rangking 1, santri terbaik dst?? pak kyai sangat tidak setuju itu. di gontor hanya ada juara 1 lomba nyanyi, lomba baris2, lomba pidato dst dengan kriteria tertentu.. JANGAN KATAKAN TERBAIK saja, (terbaik apanya??), katakan dia terbaik dalam pidatonya antar santri se Jatim, JADI JELAS dan bisa dipertanggungjawabkan.

  64. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya seorang wanita usia 24 tahun,, aslinya dari kota Jombang, dan saat ini saya masih bekerja sebagai tkw di hongkong dan butuh 2 tahun lagi finish, Mungkin usia saya sudah terlalu tua jika ingin masuk pesantren,,, tapi saya sangat ingin sekali mengabdikan diri di sebuah pesantren, saya ingin belajar lebih tentang agama Islam…
    Bisakah saudara2 beri tahu saya ponpes putri yang dapat menerima murid seusia saya??
    terima kasih sebelumnya bila ada yang mau menjawab… :)

    –> wa’alaikum salam wrwb. jadi santri kalong saja mbak. Pulang kampung, tinggal dekat ponpes atau masjid yg aktif, ikuti pengajiannya secara rutin. Insya Allah semoga mendapat ilmu barakah dan manfaat. amien. Kalau saat ini.. ikuti blog ini saja dulu …hehehe. Maaf.

    • Assalamu’alaikum Admin and semuanya..
      begini Min..
      saya gak ingin pulang kampung… karena di kampung ada seorang laki-laki yang terus mencari saya dan ingin menikah dengan saya, tapi saya gak ingin menikah di samping itu,,
      Mondok di pesantren adalah cita-cita saya sejak kecil, tapi waktu itu alm. Bapak saya bilang bahwa kluarga tidak memiliki cukup dana untuk masuk ke pesantren. Untuk itu sekarang saya memilih kerja di hkg, selain ingin membantu ibu, saya ingin mengumulkan dana untuk masuk pesantren.saya pun sudah terus terang pada keluarga saya bahwa saya tidak akan pulang sebelum sy mendapatkan ilmu tentang ajaran Islam, dan alhamdulillah.. pihak keluarga justru malah senang dengan keputusan sy.

      Pak Dedi Haeruzi..
      alamat pondoknya dimana ya Pak???

      terimakasih sebelumnya

  65. kriterianya kurang universal…masih ngelompok…dan khusus aku pribadi ,,ma’had salafi n berasaskan ahli sunnah wal jama’ah…adapun istilah terbaik menurut saya kurang tepat….

  66. Kalo menurut saya semua pondok pesantren di indonesia bagus bagus.. Dan Tergantung dari orangnya dia berprestasi ato tidak.saya punya banyak temen yang alumni pesantrennya tidak terkenal di indonesia tapi dia mendapetkan beasiswa kuliah di al-azhar cairo dan di yaumul qurro di mekkah sampe gelar DOCTOR.jadi yang bagus itu kualitas orangnya dan bukan pesantrennya.. :)

  67. adik saya mau mondhok si daerah jawa timur…..tp masih bingung gimana mau daftarnya….mohon bantuannya….minta kontak person yang bisa dihubngi…. hub yuni xxxxxxxxxx

    –> mbak yuni.. mohon maaf, nomer hp anda terpaksa saya sensor. Saya tidak tega kalau anda menerima panggilan/sms-an macam-macam yang mungkin tidak bertanggung jawab. Jika ada pembaca ingin membantu.. biarlah melalui blog ini saja.

    Coba mbak cari alamat ponpes yang diminati via internet, atau informasi lainnya. Catat no hp/alamat. Silakan kontak langsung ke ponpes yang bersangkutan untuk menanyakan hal-hal yang ingin anda ketahui.

    Semoga membantu. Mohon maaf kl tak berkenan.

  68. assalamu’alaikum pak ustadz…
    maaf pak saya mau tanya, setelah membaca blog bapak dan juga searching, saya melihat bahwa ponpes darunnajah sebagai alternatif tempat menimba ilmu bagi adik saya..
    nah, yg ingin saya tanyakan apakah pesantren darunnajah tsb cukup bagus utk adik saya yg mau lanjut ke tingkat SLTA?? mohon dijawab menurut sepengetahuan bapak krn saya sendiri kurang yakin klo hanya liat di website nya saja
    trus adakah rekomendasi ponpes lain di sekitaran bogor yg bagus selain 10 ist di atas??
    trima kasih…

  69. assalamu’alaikum pak ustadz…
    setelah membaca blog bpak dan sembari mencari2 info melalui google, saya tertarik dengan salah satu ponpes non mashab darunnajah..
    nah yg saya ingin tanyakan selain darunnajah ulujami jakarta selatan, darujannah mana lagi kah yg memiliki kesamaan dgn darujannah pusat ulujami jaksel mengingat bnyaknya cabang dr ponpes darujannah yg membuat saya bingung (menurut sepengetahuan bapak)
    trima kasihh…

    –> wa’alaikum salam wrwb. maaf .. ilmu ini masih sedikit, belum pantas dipanggil ustadz.

    Anyway.. silakan yang lebih tahu untuk menjawab pertanyaan mas/bapak ini.

  70. assalamu’alaikum
    saya mau tanya tentang bahasa seharihari bagi siswa baru PP Daar El-Qolam,apakah langsung mengikuti arab-english ?

    terimakasih :)

    • waalaikumsalam, mba nurul di daar el qolam itu kalau untuk santri baru diberi kesempatan berbahasa indonesia yg terpenting meraka tidak menggunakan bahasa daerah dulu,setelah itu selang beberapa bulan mereka wajib berbicara bahasa arab atau inggris sesuai kosakata yang telah mereka tau,trmks,wass

  71. Saya ingin tambahkan lagi pondok pesantren terbaik dan tertua di indonesia yaitu pondok pesantren sidogiri jawa timur. dirintis oleh salah seorang sayyid yaitu sayyid sulaiman dimakamkan di jombang.

  72. Ane mau tambah daftar pesantren tertua di indonesia:

    PESANTREN BERDIRI PADA TAHUN 1700-an

    Ponpes Sidogiri Pasuruan Jawa Timur (berdiri tahun 1718)
    Ponpes Jamsaren Jawa Tengah(berdiri tahun 1750)
    Pondok PPMH Gading Malang Jatim (berdiri tahun 1768)
    Pondok Pesantren Buntet Cirebon Jawa Barat (berdiri tahun 1785)
    PP Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura (berdiri tahun 1787)

    PESANTREN BERDIRI PADA TAHUN 1800-an

    Ponpes Tremas Paciatan Jawa Timur (berdiri tahun 1830)
    Ponpes Langitan Tuban Jawa Timur (berdiri tahun 1852)
    Ponpes Syaikhona Kholil Bangkalan (berdiri tahun 1861)
    Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung Jabar (berdiri tahun 1881)
    Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jatim (berdiri tahun 1899)

    PESANTREN BERDIRI PADA TAHUN 1900-an

    Ponpes Al-Munawwir Krapyak Jogjakarta (berdiri tahun 1911)
    Ponpes Musthafawiyah Purba Baru Sumut (berdiri tahun 1912)
    Pondok Modern Gontor Ponorogo Jatim (berdiri tahun 1926)
    PP Bata-bata Pamekasan Madura Jawa Timur (berdiri tahun 1943)
    PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo Jawa Timur (berdiri tahun 1950)
    PP Al-Khoirot Malang Jawa Timur (berdiri tahun 1963)

  73. Dibuka pendaftaran santri baru putra-putri,
    Di Pondok Pesantren “Yanbu’ul Qur’an” Kramat Penawangan Grobogan Jawa Tengah,
    Minimal lulus Sekolah Dasar, siap mengikuti program tahfidz Qur’an.
    info pendaftaran : 085727011333

  74. ass. Sblmnya ana mnt maaf, klu dibilang 10 yg trbaik seindo kyanya ga dch. Tp…. Klu sepulau jawa mgkin iya…. Dan dst cm 1 aja yg sulteng/palu. Apa ente tau pesantren yg ada di KALSEL/banjarmasin? Cb ente cri tau dlu. Krna ana prnah di jawa,palu dan di kalimantan. Dan ana ga brni ngmng trbaik yg ini atau yg itu,tp pda intinya ana prnah merasakan di pondok. Syukron wassalam ya akhie. Klu mau bls ke email ana, rulsyahrul63@yahoo.com

    –>www .. Silakan anda tulis pesantren2 yg Anda ketahui. Informasi Anda sangat berguna. Terima kasih.

  75. saya ingin nangis ketika baca komentar-komentar di sini. saya ingin mondok tapi tidak ada yang mendukung. dan saya berjanji ketika kelak saya sudah berpenghasilan sendiri saya akan membantu saudara2, adik dan keponakan saya untuk bisa masuk pondok. sampai detik ini saya tersadar bahwa ilmu dunia itu nomor 2, yg terpenting adalah ilmu akhirat terlebih dulu. tapi bukan berarti ilmu dunia harus ditinggalkan… dunia telah rusak, perlu ada pembinaan moral yang tangguh untuk penerus bangsa agar bangsa ini menjadi bangsa yg mulia selamat dunia akhirat

  76. Assalamualaikum saudara se Islam dari Indonesia, saya bangga sekali di Indonesia memang banyak melahirkan alim ulamak yang cukup hebat dan bagus. InsyaAllah mudah2an lebih banyak Hamka dan cendikiawan Islam moden lahir disana Amin. saya dari Malaysia berminat mau belajar di Pesantren Indonesia. Perlu ada kelayakan khusus? terutama bagi golongan yang pernah bekerja?

  77. Assalamulaikum. Minta tanya, di tempat saya tahun lepas berlaku kemalangan iaitu surau terbakar, dan apa yang menyedihkan satu kitab pengajian ilmu Islam karangan Hamka turut terbakar milik guru agama di surau kami (dan malangnya saya kurang pasti tajuk kitab tersebut), diharap saudara dari Indonesia boleh beritahu dimana boleh saya belikan kitab2 lama karangan Hamka? Terima kasih.

  78. Ass wrb..
    Pondok Pesantren berbeda dg Sekolah biasa atau pun Islam Terpadu… Di pondok tdk pernah berusaha untuk mjd no 1 atau pun 10. Semua penilaian datang dari pihak luar, saya pikir hanya untuk pengetahuan saja..
    Semoga kita tdk saling menjatuhkan Pondok pesantren..
    Bukti nya, di Google sulit cari info akurat tentang Pondok pesantren yg resmi. yg ada hanya info dari luar pondok.
    wassalam

  79. assalamungalikum,,,,,,,,,
    pesantren yang baik pa bila ada seorang pengasuh yang turun langsung terhadap kbijakn pesantren.
    karna sebenarnya pesantren itu baik dan didalamnya terdapatkebaikan pula danmelahirkan seseorang yang baik.
    mungkin ja pesantren yang menjadi yang terbaik itu karna fasilitas yang memadai dan gedung yang relatif besar,,,
    terimakasih
    wassalam,,,,,,,,,,,,,,

  80. dari tadi kok yang koment dari santri-santri pondok modern.sekarang silahkan yang ingin mondok di pondok salaf,disana di ajarkan memasak sendiri lho,jadi nanti lulusan nya jadi koki hebat.di ponpes salaf umum nya mengajarkan bahasa arab fashohah(fasih) dengan mengikuti aturan gramer nya melalui nahwu,shorof,balaghoh(sastra).arud(ilmu syair),mantiq(logika),fiqih,ushul fiqih,hadits,mustholahul hadits,tafsir alquran,tafsir hadits,tajwid,ilmu falak(astronomi).tauhid dan tasawuf,ahlak,dan ilmu-ilmu lain nya..
    kitab yang digunakan adalah kitab kuning,biasa nya para santri di wajibkan hapalan syair-syair impriti,alfiyah,dan jawahirul maknun..
    biasa nya madzhab yang di gunakan dalam ilmu fiqih adalah madzhab syafi’i,tapi bagi yang sudah profesional akan di ajarkan fiqih 4 madzhab.
    di bidang ilmu tauhid madzhab yang di gunakan madzhab asy’ariyah mauturidiyah
    dalam ilmu al quran kebanyakan mengikuti bacaan nya imam asyim riwayat khafs
    dalam ilmu tasawuf bermadzhab junaidiyah..

  81. banyak dari pondok-pondok salaf yang menjadi ulama hebat seperti syeh nawawi al bantani,kyai kholil mbangkalan..bahkan presiden sprti gus dur pun dari pondok salaf..di pondok salaf di ajarkan banyak disiplin ilmu keagaman,bahkan bahasa arab pun yang di ajarkan bahasa fashohah(bahasa arab fasih) bukan nya bahasa amiyah(bhasa arab umum).

  82. materi yang di ajarkan di ponpes assalafy
    nahwu,shorof,balaghoh(sastra).arud(syair).mantiq(logika).ilmu falak(astronomi).fiqih,ushul fiqih.hadits,mustholahul hadits,tafsir al qur’an,tafsir hadits.tauhid,tasawuf,ahlak,rebana(sholawatan di iringi musik) dan lain-lain…

  83. Salamun alaikum kaaffah.
    Pondok Modern Darussalam Gontor (KMI) sangat bagus dan luar biasa. Ane pribadi sudah banyak mencicipi kapur pesantren. Ane salut dengan kurikulum Islamic Training Teacher College (KMI Gontor).
    La Tansa juga luar biasa dan unik. Cocok untuk menuntut ilmu baik umum maupun agama karena dijepit 2 gunung/ bukit (Jaya dan Gibas). Uniknya, biasanya nama pesantren diawali dengan Daar atau juga Al- tapi La Tansa tidak.
    Pun Pesantren Daar ElQolam juga sangat bagus dan luar biasa. Karena temen, guru, orang tua pada perna belajar di sana. Juga ane perna ngalamin belajar di La Tansa “99”, Gontor, dan pesantren lainnya.
    Kalo mao bener, masuklah ke Gontor.
    Kalo mao bahagia, masuklah ke La Tansa
    Kalo mao beruntung, masuklah ke Gintung (Daar ElQolam)
    Kalo mao keren, masuklah ke Langitan.

    • Betul. Gontor bener bener bagus. Buktinya La Tansa dan Daar ElQolam dan Gontor alumninya banyak yang sukses. Dan satu satunya pesantren yang di kelas putrera dan puterinya digabung dalam satu lokal kelas adalah La Tansa. Silahkan survey kalau tidak percaya.

      • Ponpes Lirboyo Kediri dengan Alfalah Ploso sama sama bagus. Karena diajarkan banyak kitab – kitab salafayah. Untuk pendalaman aqidah & tauhid sangatlah bagus. Jika di PM Gontor kita diajarkan kunci untuk mempelajari itu semua yaitu dengan pembekalan Bahasa Arab baik tulisan, perkataan, penerjemahan DLL. Di PP La Tansa pun seperti halnya PM Gontor. Ane uda perna jadi bagian Bahasa di PP La Tansa. Dan ga tau deh perkembangan Bahasanya sekarang di PP La Tansa. Dan Alhamdulillah dijamin bisa ngomong arab and english jika sudah lulus dari PM Gontor. Pun dijamin bisa melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan indah setelah lulus di Ponpes Al-Qur’an At-Thabraniyah Serang Banten. Karena banyak para Qori dan Qoriah yang berangkat dari sana. Contoh Alm Ustadz H. Chumaidi Hambali rekan duetnya Ustadz H. Muammar ZA.

  84. assalamu’alaikum,kawan-kawan………………saya mondok di daarul quran ketapang cipondoh tangerang,kita disana ngafalin qur’an dan belajar bahasa arab dan inggris.walaupun pondok ini umurnya masih sangat muda tapi banyak prestasi yang di peroleh.hidup daarul qur’an pimpinan kh yusuf mansyur……………..

  85. ass.wr.wb..
    klw aq boleh komen…
    kebanyakan yg anda sbutkan tu bkn lg salaf tp skrg tlah mnjdi pndok modern..
    yg mmuat berbagai lmbaga..
    yg murni salaf skrg cuma bisa di hitung dg jari..
    di antara x..
    pps.sidogiri yg anda lpkan…
    hehehe…

  86. Assalamu’alaikum wr.wb
    sblm’y saya mnta maaf, saya ingin mberin sdikit pndpt saya yg mudh”n mjadi ilmu bg kk” yg mbca’y,,
    Ponpes Darussalam Martapura Kalsel jg bagus, karna bpngaruh tdk sja khusus daerah Kalsel, ttp jg dsluruh Indonesia… bnyak Ulama ddaerah’daerah Indonesia yg Lahir dr pndidikn agama d’Ponpes ini..

  87. dalam keputusan derektorat jendral pondok pesantren Al-Mizan Rangkasbitung, juga salah satu pesantren terbaik 10 besar dan sudah diakui negri, jadi memiliki dua ijazah yaitu ijazah negri dan ijazah pondok…

    jadi sebenarnya pondok pesantren Al-mizan Rangkasbitung masuk salah satu 10 besar diatas, ada SKnya dari derektorat jendral

  88. assalamualaikum wr.wb,
    sy slh satu orgtua yg memprcykn pendidkn anak sy di salah satu pondok modern darussalam gontor.
    yg sy kesankan, adalh
    di pondok ini sangat tegas, tidak pandang bulu, dan sangat disiplin.komit yg tinggi thdp pendidkn karakter kemandirian, organisasi, sportifitas,leadership dan tidak memihak ke salah satu golongan.
    memberi peluang loncat kelas bagi yg brprestasi, memberi bnyk alternatif brprestasi non akademik. kurikulum dan ijazah unik/tersendiri.
    kebanyakn orgtua yg telah punya anak santri di sini…biasanya akan memasukkan adik2nya ke sini juga…bukan krn selembar ijasahnya, tp krn hasil pendidikn karakternya yg tdk mengecewakn.
    lulusan smp,sma, diploma, WNA bela-belain test masuk sini..walaupun belajarnya hrs sekelas anak lulusan SD..kalau memang terbukti lebih jago..bisa loncat kelas..
    lebih detail referensi lain bisa baca tulisan lain blog di bawah ini .

    http://imambachtiar.wordpress.com/2011/06/07/membangun-bangsa-munafik-indonesia/

    http://imambachtiar.wordpress.com/2011/04/02/pendaftaran-pondok-pesantren-modern-gontor/

    http://imambachtiar.wordpress.com/2011/09/19/belajar-di-pondok-modern-gontor-pengalaman-seorang-santri/
    http://imambachtiar.wordpress.com/2012/03/12/gontor-dari-dalam-1/

  89. “Ke Gontor Apa Yang Anda Cari ?”
    Pasca lebaran 2 tahun lalu sy survei ke beberapa lokasi Pesantren untuk anak2 sy. Kebetulan salah satunya ke Gontor. Setelah perjalanan beberp jam yg melelahkn, anak2 minta mampir ke Toilet terdekat.
    Eh…ternyata salah satu Pesantren yg kami survei Pondok Pesantren Modern Gontor sdh di depan mata. Kami pelankan mobil..dan mengamati di mana harus kami arahkan mobil…dan yg pertama kami baca ada tulisan “Ke Gontor Apa Yang Anda Cari ?” .Kalimat retorik tanpa sadar saya baca dg suara agak keras.
    Dan…spontan..anak2..sy bertetiak.
    “..Toilet..!!!”
    (Krn sdh dari lama di jalan gak mampir2, tanpa mencerna maksud pertanyaan tsb.)
    Kami ..terpingkal2 stelah mrnyadarinya…
    Buru2..mobil..di parkir ke tempat terdekat toilet dan lari….menuju toilet.

    Bbrp bulan setelah itu, Kami benar2 mendaftarkn ke sana. Dalam sambutan awal sebelum mendaftar, ditegaskn bahwa kalau ke Gontor untuk mencari ijasah..maka anda salah alamt.
    dijelaskn bahwa disana tempat memperoleh pendidikn. apa yg dilihat,dicontoh, di dengar, dilakukan dari sebelum subuh sampai jam 10 malam berisi pendidikn, dan itulah yg diharapkn bisa diperoleh dari gontor.
    bisa saja yg tidak sampai lulus penuh dari sana tapi sdh mencerna dan melekat karakter terdidiknya.
    … tidak sia2…

    • @aam wass. sy hny walisantri, setahu sy kl dari s1 masuk gontor, akan sama saja dg lulusan smp, masuk kelas intensif: tahun pertama menjalani kelas 1-2, thn kedua kls 3-4, thn ke 3 kls 5 ,thn ke4 kls 6 (akhir), terus+ pengabdian 1 thn. br dinytkn lulus.

    • bisa dibaca disini seorang ayah nyantri bareng satu angkatan dengan anak kandungnya.
      http://imambachtiar.wordpress.com/2012/03/27/gontor-dari-dalam-18-murid-ya-murid-guru-ya-guru/

      Ada seorang Wali santri yang sangat ingin agar anaknya nyantri di Gontor, lalu beliau yang sudah menjadi mantan anggota DPRD di Sumatra (saya lupa alamat lenkapnya) mengantar sendiri putranya yang baru tamat SD itu.

      Selama bulan Ramadlan orang tua ini ikut juga belajar baca Al-Qur’an dan Imlak (tulis arab). Lama kelamaan tumbuh kesadaran beliau sendiri bahwa ilmu-ilmu inilah yang selama ini belum dia miliki sehingga dalam tugasnya-tugasnya sebagai wakil rakyat tidak berjalan baik. Pendek cerita beliau ikut mendaftar menjadi santri dan kedua-duanya LULUS. Sayangnya si ayah abjaad kelasnya lebih rendah dari anaknya sendiri yang masih ingusan itu. Sampai disini cerita ini sudah sangat luar biasa. Tapi itulah Gontor: Murid ya murid, semua sama saja dan tidak akan dibedakan hanya karena salah satunya melahirkan yang lainnya.

      Cerita ini merebak dan menghebohkan penduduk Gontor, lebih special lagi pada waktu pekan perkenalan, nyaris semua orang ingin tahu detik-detik demi detik bagaimana kedua bapak anak ini menjalani kehidupan sama-sama menjadi santri. Ada yang takbir, ada yang tasbih ada yang haru bahkan banyak juga yang senyum sampai ketawa melihat keduanya beriringan pergi makan ke dapur umum.

      Paling mencolok adalah ketika makan malam bakda Isya’; yang satu keluar dari gedung Kibar dan yang satu keluar dari gedung sighor. Di tengah lapangan basket di depan BPPM itu mereka bertemu, lalu si anak menjalani tugas ke-anakannya sejenak (Assalamu’alaikum dan cium tangan) dan setelah itu mereka beriringan bagaikan teman-teman sejawat dan seangkatan. Dahsyaaaat.

      Ada satu hari yang momentnya paling banyak ditunggu-tunggu yaitu ketika kelas si Bapak harus bertanding dengan kelas si anak dalam rangkaian Khutbatul Arsy. Ini bagian lomba yang wajib semua anggota kelas ikut tanpa kecuali yaitu Tarik Tambang.

      Semua anggota dari kedua kelas tentu serius memenangkan kelas mereka, nah bagaimanakah gerangan hati kedua bapak beranak ini? Hanya mereka dan Allah yang tahu…saya sendiri tidak tega melanjutkan tontonan yang sudah lama saya tunggu2.

      Kemudian saya dengar ceritanya bahwa kelas si Bapak mula-mula menang dan ternyata si anak terlihat senang sekali. lalu pada ronde kedua kelas si anak yang menang tapi ternyata si anak malah menangis. entah bagaimana ceritanya dan prosesnya akhirnya kelas si Bapak memenangkan pertandingan tarik tambang itu.

      Mungkinkah di sini telah terjadi kesepakatan tak tertulis dan tak terencana dari kedua regu itu untuk memilih bagaimana agar tak seorangpun ada yang menangis?

      Walsantor terhormat, jika demikian miliu di Gontor itu akankah seseorang bisa tidak betah, tidak senang dan tidak bahagia di dalamnya? Menjadi murid atau jadi guru?

  90. ass.wr.wb..
    Anak saya rencana tahun depan mau saya pondokan di Gontor (sekarang baru kelas 5) berdasarkan informasi yang saya terima dari teman saya (yang mendaftarkan anaknya tahun ini 1433H) , tahun ini calon santri yang tidak lulus test kurang lebih ada 700 orang,sebagian besar terkendala dengan test imla’ (dikte bahasa arab) mungkin dari sahabat atau para ustadz yang tergabung disini bisa memberi pencerahan, bagaimana menguasai ilmu imla’ tersebut atau ada buku panduan khusus tentang imla’,mengingat saya sendiri belum mahir tentang bahasa arab.terimakasih atas pencerahannya.

    Wassalam

    • wass. maaf sy hny walisantri, beberapa bulan sebelum test, bisa ikut calon santri untk belajar materi2 dasar test,
      anak sy 1 hr setelah ikut UNAS, tnp menunggu penggumuman lgsung sy daftarkn di calon santri dg bawa foto+ akte kelahirn + Kk

      • Maaf Pak Ako, kira2 mulai bulan apa ya kelas untuk calon santri ini? karena saya berniat mendaftarkan putra saya ke Gontor.
        Karena saya rasa putra saya juga lemah untuk test Imla nya.

        Terima kasih

  91. Subhanallah ternyata banyak yg peduli dengan pendidikan islam,
    Bahkan makin banyak, seiring berjalannya waktu itu berarti masyarakat dah mulai menyadari pentingnya pedidikan islam kepada anak2 adapun lembaga yang tepat untuk untuk menempatkan adalah pesantren, kepercayaan masyarakat terbukti dengan banyaknya yang memasukkan anak2 ke pesantren walaupun dengan latar belakamg yg bermacam2,
    Kebetulan saya juga pernah duduk di pesantren yaitu gontor
    Alhamdulillah dengan kekuatan dan izin Allah GONTOR makin bertambah maju seiring berjalannya waktu sampai saat ini gontor sudah memiliki kruang lebih 18 cabang yang tersebar di seluruh indonesia di jawa sumatra sulawesi dan poso, dan 5 diantaranya adalah pesantrn putri,

    Perkembangan gontor iitu dpt dilihat dari banyakmya santri yg mendaftar tahun ini yg mendaftar ke gontor putra sudah 3000 lebih dan itu sangat melebihi kapasitas yg ada untuk caolon pelajar gontor sebenarnya hanya msmpu menampung sekitar 2000 saja tapi tahun ini sungguh luar bias, dan di putrimencapai kurang lebih 2000,
    Adapun santri yg mendaftar dari berbagai golongan dan daerah, bahkan dari luar negri mencapai 150an anak yg terdiri dari berbagai negara diantaranya malaysia thailan brunai jeddah new zaland bahkan ada yg dari jerman ,
    Mungkin cukup sekian untuk sekedar menambah informasi

    Adapun yg mau coment atau kritik silahkan kunjungi twitter saya di: elhabiburrahman

  92. Pasantren yang terbaik adalah yang santrinya mengenal Allah.. Awalluddin Makrifatuallah.. Bermula Agama mengenal Allah..kalau tdk mengenal Allah berarti…. hehehhee… tidak akan pernah khusuk dalam shalatnya..maka ia pasti lalai mabuk dgn shalatnya tegakkan shalat ingat aku kata Allah, Mustahil sesuatu yang tidak pernah kita lihat bisa kita ingat.. he9x.. pasti yang ingatnya yang lain lain.., apakah sudah khusuk?? beamal beribadah tanpa berilmu…(jawab)..apakah betul yang kita saksikan dalam syahadat kita Allah dan Muhammad?.. tidak berbohongkah>>:) Hadis Qursi barang siapa yang menyembah Allah tanpa makna ingkar, karena sesuatu zat, sifat, af al pasti punya asma. Hehehe.. syurga anak dibawah telapak kaki ibunya, surga istri dibawah telapak kaki suaminya, surga kepala rumah tangga dimana.? hehehe dibawah telapak kaki Ulama Hu warisatull ambiya.yang dimaksud Ulamahuwarisatulambiya adalah yang dapat mengenalkan diri Allah dan Muhammad, kalau tdk dapat mengenalkan diri Tuhan dan Muhammad bukan ulamahuwarisatulambiya, itu makanya serahkan dirimu kepada Tuhanmu yang hidup yang tiada mati, untuk apa..? untuk menuntut ilmu sampai liang lahat ilmu itu ada di dalam dada bukan didalam kitab/buku karena alquran ayatnya banyak yang kurang tidak pas 6666 ayat, kurang banyak kemana hilangnya..?? coba silahkan di hitung sodaraku..

  93. Assalamualaikum wr. wb

    Saya bermaksud mengirim ke pondok pesantren, anak saya setelah lulus SMP, sekarang dia kelas VIII.. Apakah tidak terlambat? Apakah lulusan pesantren juga bisa mengikuti SNMPTN atau PMDK lainnya ke Universitas negeri ? Jika mungkin, fakultas apa saja yang bisa menerima lulusan pesantren ? Maaf, jika pertanyaan saya menunjukkan kurangnya pengetahuan saya tentang pesantren. Terima kasih

    Wassalamualaikum wr.wb.

    –> wa’alaikum salam wrwb. Tidak ada kata terlambat. Jika ingin mengikuti SNMPTN atau sejenisnya, masuk pondok yang ada SMA-nya (atau Madrasah Aliyah).

    Atau bisa juga masuk pondok yang dekat SMA. Nanti sambil sekolah (pagi siang), sambil mondok (sore malam). Sekarang banyak yg model begini. Karena kita bisa memilih sekolah yang bagus, dan di kota yg sama dapat memilih pesantren yang bagus pula.

    Semua fakultas bisa dimasuki, asal lolos SNMPTN.
    Semoga putranda sukses bu.. jadi anak saleh, dan berilmu yg berkah dan manfaat. amien.

  94. Tentunya membutuhkan kriteria tertentu untuk dikatakan baik atau bahkan terbaik, sudahkah standardisasi tersebut dipakai dalam menentukan pemeringkatan tersebut, dan dalam pelaksanaannya dilakukan oleh beberapa tim yang bersifat independent sehingga menjamin hasil pemeringkatan tersebut. Peringkatan sangat bagus dilaksanakan sebagai sarana Fastabikhul Khoirot..yang sudah baik memberi contoh yang belum dan yang belum segera memperbaiki kekurangannya agar nantinya semua output Pesantren maupun madrasah menjadi kader bangsa yang mumpuni.

  95. saya ingin bertanya apa nama ponpes yang terdapat universitas ,dan jika saya kuliah di ponpes apa pekerjaan itu menjamin

  96. Assalamu alaikum, wr,wb.
    Saya IrwanGunawan859@yahoo.com menurut hemat saya sebaiknya anda keliling Indonesia dulu baru menuliskan berita yang focus and fact for the general people, because whenever it’s not right can make us guilthy.
    In my opinion the part of “PONDOK PESANTREN’ in the world devided three as the general :
    The first (Pondok Modern), that study for islamic and add the culttural modern in their curriculum. The second (Pondok Natural) that study about islamics without get the other culture, and this is the basic condition for the students without interupt by the others especially the parts of the organisations. And the third (Pondok for Da’wah) that study of islamics and just focus the ordering from Allah SWT and following the Rasullulloh Saw. That’s all I think for me. I’m so sorry whenever my writing make you ……and for the others just saying that you know.

    • semoga mereka juga paham bahasa asli dari hukum2 sunnah tsb… bukan sekedar menghapal terjemahannya… supaya murni hafalan hadis dan ayat2nya

  97. assalamualaikum..saya dari malaysia..saya mahu mendalami ilmu Allah di indonesia..dimanakah pesantren yang boleh saya dalami ilmu dengan baik di indonesia..terima kasih


    –> coba simak ini.

    • dekat rumah saya ada pesantren,namanya pesantren salafiyah syafi’iyah sukorejo situbondo jawa timur santrinya dari malaysia juga ada, jumlah santri sekrang sudah sepuluh ribuan, disana ada madrasah dari tingkat nol sampek ma’had aly, juga ada sekolah umum seperti sekolah dasar sampek perguruan tinggi. santri delegasi ma’had aly bulan kemarin dapat penghargaan terbaik pertama seindonesia dalam pendalaman ilmu tafsir oleh M.quraish Shihab.uniknya disana santri kalau mau sekolah umum (sd-pt)wajib merangkap sekolah madrasyah jadi sehari sekolah 2 kali, santri dilarang keras memanfaatkan hp (punya, pinjam, pegang hp) dll, pndok pesantren sidogiri pasuruan jawatimur juga sangat bagus.

  98. assalamualaikum menarik jg nih,kalo bisa antum simpulin smua komentar diatas dalam bentuk buku,kalo bisa usul judulnya: pesantren2 terbaik diindonesia versi internet,disana dpt dikelompokan pesantren berdasarkan sistem,atau berdasarkan program unggulan,berdasarkan umur pesantren,jumlah santri terbanyak,alumni yg diterima di PTN,atau lanjut ke luar negri,berdasar prestasi. Stau saya sudah ada seorang ust yg bikin tesis S2 nya di Al Azhar University bliau sudah meneliti 100 pesantren se tanah air,kmudian disimpulkan secara ilmiah,kemudian dg bertolak belakang dari penelitian itu bliau bikin pesantren baru Ar risalah di padang sumatera barat. Cuma sy blm baca tesis tersebut, satu pertanyaan yg mengganjal dlm benak saya: bagaimana bisa membandingkan pesantren yg berbeda beda? Sebagai orang membanding kuat mana kerbau dr pada pohon? Sy kira sangat penting membuat sbuah buku ttg perbandingan pesantren,krn sy liat selalu saja diakhir tahun ajaran banyak orang tua yg kebingungan mencari pesantren yg terbaik bg putra putrinya.

  99. askum.
    pesantren itu baik baik, kalo gak ada pesantren entah gimana indonesia !
    skrang klo mau jujur disekitar kita anak smp sudah doyan zina uda jarng yng perawan, minum, berani pada guru ato ortu dan komplek deh masalahnya. yg sy tahu yang nyantri itu lebih banyk perempuannya sekitar 60-70 % dari laki laki artinya orang tua merasa tidak aman sekolah diluar pesantren, apalagi pesantren skrg uda maju selain ada sekolah madrasyahnya juga ada sekolah umumnya,

  100. Assalaamu’alaikum wr wb.
    Ingin punya anak hafal Al-Qur’an ?
    Daftarkan putra-putri anda di Pon-Pes Yanbu’ul Qur’an
    Kramat Penawangan Grobogan Jawa Tengah
    Minimal lulus Sekolah Dasar
    Info.085727011333
    Semoga bermanfa’at, terimakasih.

  101. assalaamu’alaikum wr wb
    saya seorang mu’alaf tepatnya 6 bln yg lalu
    saya skarang tinggal di cepu jawa tengah sebelumnya di bali
    saya pengen sekali belajar islam lebih dalam lagi
    ada pesantren buat mu’alaf gak
    mohon infonya di 08xx xxxx xxx
    terima kasih
    wassalam

    –> wa’alaikum salam wrwb. semoga petunjuk dan kebahagiaan selalu menyertai anda. Mohon maaf.. no hp anda saya samarkan, untuk menghindari dari kejahatan orang2 yg tidak bertanggung jawab.

    Silakan bagi yang ingin membantu melalui blog ini saja. Sekedar info.. coba lihat ini.

    • itulah sebagian kecil dari alumni kami… ditempa di tempat keras, membentuk watak mereka susah diatur, mau memimpin terus… semoga kawan2ku tidak mengambi langkah yang salah… dan tetap memegang teguh jiwa gontornya

  102. Saya berencana untuk memasukan anak-anak saya usia 10 dan 12 thn ke pasantren utk menambah ilmu agamanya dan mendisiplinkan mereka, apa pasantren yang recomended sampai (setara) lulusan SMU? karena setelah itu saya berencana utk melanjutkan pendidikan mereka ke AKADEMIK PELAYARAN. Terimakasih informasinya. wasalam

  103. Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung. Pendirinya KH. Abdullah Gymnastiar.
    Salafush Shaleh, Ahlussunah wal Jamaah dengan penguatan Tauhiid & Akidah. Pendekatan Hi-Tec & berbaur dngan msyarakat. Patut dipertimbangkan.

  104. bangsa ini sudah kehillangan ahlaknya banyak para pejabat merasa bangga kalau bisa koruptor baik korupsi materi maupun non materi, menurut saya bahwa pesantren adalah lembaga yang paling tepat untuk mendidik anak2 kita agar menjadi manusia yang kaffah, paripurna terutama pondok pesantren yang berpaham salaf disana diajarkan tentang ahlak bangsa indonesia tidak bisa bangkit karna telalu banyak penduduk indonesia yang tidak punya ahlak, maka dari itu mari kita masukan anak2 kita ke pondok2 pesantren khususnya yang berfaham salaf, karna dipondok tersebut diajarkan ilmu dunia dan akherat,

  105. Semua Pesantren memang bagus, karena visi dan misi mereka berorientasi pada kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun semuanya memiliki kadar dan ukuran kualitasnya. Menurut saya, KMI/ PM Gontor Ponorogo dan Tebu Ireng serta Lirboyo adalah sangat bagus. Bukannya saya promosi meskipun saya perna bermukin di Gontor Ponorogo, La Tansa Banten, Pesantren Al-Qur’an Ath thabraniyah Serang dan Tapak Sunan Condet Jakarta Timur.

  106. mari belajar di negeri rasulullah … ahlussunnah wal jama’ah bukan golongan yang ekstremis dan naif seperti wahaby .. tetapi mereka yang bisa mengislamkan dunia modern … bukan menghapus ajaran agamanya karena dianggap memberatkan tetapi menegakkannya diantara orang2 yang menganggap enteng agama tersebut … dan di arablah (mungkin) kita temukan hadis2 dan ajaran2 islam orisinal … karena bahasanya arab, bukan terjemahan yang kadangkala hanya dikira-kira maknanya.

    intisari dari tausiyyah ayahanda K.H. Abdullah Syukri zarkasyi, M.A.

  107. ass.
    pak mnrut saya salah satu pesantren terbaik di Indo adlah YPP Darul Hikam yang brada di kiangroke banjaran bandung.
    Alasannya karena pesantren ini selain ilmu agama berdasarkan salafi yang di ajarkan di pesantren ini juga terdapat:
    1 otomotif (pertama yang ada dipesantren)
    2 tata boga
    3 wira usaha jamur
    4 futsal
    5 kapuera
    6 taekwondo
    7 silat
    8 lengser
    9 nasyid
    10 marawis
    11 marchingband
    12 badminton
    13 muhadhoroh
    14 paduan suara
    15 paskibra dan pramuka
    16 club arabian
    17 club english
    18 club jepang
    19 lab bahasa
    20 lab komputer
    21 dan banyak lagi

    selain itu sejarah darul hikam:
    1 pendrinya KH A Jumhur: mempunyai darah dr prabu siliwangi dan kyai termasyur. Dan istrinya keturunan nabi
    2 pesantrn darul hikam adlh cabang dr pestrn sukamiskin.
    3 darul hikam langsung diakui univ. IAIN bdg, IKIP bdg, pasundan, padjajaran dg dibantu pr alumni darul hikam yg menjadi rektor di univ tersebut
    4 darul hikam adalah pesantren tertua dan paling berpengaruh di bdg selatan
    5 slalu diberi penghargaan dr pr dewan negara

  108. ass. wr. wb pon pes AL FATTAH. TEMBORO .JAWA TIMUR kn besr tuh pk ustad kok gk trmsuk dftar . pk ustad pdahal . sya . dulu prnah mondok di tmboro 3 thun . krang lbih pk ustad………………….

  109. kok bisa ya? ponpes al mukmin ngruki solo, yg lulusannya jadi teroris, nembak polisi, , ustadznya abu bakar ba’asyir dipenjara. masuk yang terbaik. apa sudah terbalik otaknya…

  110. semua orang inggin menjadikan pondok yang telah mereka jejaki menjadi ponpes yang terbaik…
    jadi sebenarya semua pondok pesantren itu baik…
    tetapi bukan berarti yang bukan pesantren tidak baik…
    semua pendidikan itu baik…
    apalagi ponpes ASSALAFI AL FITHRAH 99…
    horas PAF99
    am2u

  111. pesantren sudah lama masih bisa juga masuk internet ya tapi gak masalah kan yang penting bagus nya kalau baru ngak bagus ya sama saja

  112. Assalamualikum ..
    Menurut pendapat saya yg awwam masalah Pesantren , baik atau bagus nya sebuah pesantren , lihat saja para alumni nya, …moralnya dimasyarakat, baik atau bagusnya sebuah Pesantren ditentukan oleh keberhasilannya mendidik moral santrinya menjadi lebih baik dan berguna di masyarakat dan bangsa… jadi gak perlu komen yg macam2…
    Oh ya … mana PP AL amien Prenduan Madura..?, ni nulis ginian lagi ngantuk saya rasa…10 yg ente tahu aja judulnya….
    wassalaam…

  113. pesantren apa itu semua !
    Itu semua pesantre bayarnya mahal ! Uang muka nya aja juta’an pesantren apa itu !
    Lihat di parung bogor pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman, tidak ada biaya apapun untuk mondok semuanya gratis di tanggung oleh pondok, ini baru namanya pondok pesantren !
    Dan harusnya Al Ashriyyah Nurul Iman menjadi panutan pondok-pondok yang lain, dan menjadi pondok nomor satu segala hal nya di Indonesia maupun dunia

  114. assalamualaikum wr wb…Alhamdulillah…saya senang sekali baca artikel ini karena masih ada yang peduli tentang pendidikan islam terutama pendidikan di ponpes…klo saya perhatikan banyak sekali yang jadinya berminat untuk mendidik anaknya keponpes…saya punya usul untuk admin agar dibuat forum khusus yang membahas kelebihan- kelebihan dari ponpes-ponpes yang ada diindonesia tp dengan syarat yg kasih komentar minimal pernah mondok di ponpes tersebut, biar data lebih valid karena saya lihat diatas yg komen banyak sekali dari kalangan santri…
    kami orang awan ingin mengetahui lebih banyak tentang dunia ponpes terutama pengalaman2 dari santrinya yg pernah merasakan kehidupan diponpes…trims..wass…

    –> wa’alaikum salam wrwb. setuju mas.. justru di komentar ini diharapkan muncul komentar-komentar yang kondusif, membangun dan informasi ttg pesantren-pesantren lain.

  115. Assalamualaikum wr. wb…
    Bismillahirrahmanirrahiim..
    Demi menciptakan keimanan dan kerukunan umat serta membersihkan diri daripada segala macam keterpurukan
    yang menyebabkan kegelisahan bangsa, kami dari sekretariat Yayasan Pondok Pesantren Dimyathi yang beralamat
    di Cidahu, Serang – Banten, mengajak para saudara muslimin dan muslimat untuk mengikuti ISTIGHOSHAH AKBAR
    yang diselenggarakan setiap Sabtu Malam Minggu Pertama Awal Bulan. Dipimpin langsung oleh
    KH. Muhammad Murtadlo Dimyathi yang merupakan penerus dari pada junjungan kita ABUYA DIMYATHI.
    Mulai dari jam 20.30 WIB s/d selesai waktu setempat, gratis tanpa dipungut biaya.

    Wassalam
    Panitia

  116. Mau pesantren yang gratis tidak di pungut biaya sama sekali.

    1.Di cirebon namanya pesantren arriyadhoh daruttawabin panguragan wetan deket makam wali allah syekh manggelung sakti pengasuhnya kyai khotim dan kyai amin

    2.Di banten pesantren Cipulus di daerah ciomas pengasuhnya kyai munfasir..

  117. mau pondok yang indah???

    pondok daar el qolam saja.soal nya pondok sana mempunya kapasitas yang bagus dari ruang lap.bicara bahasa dan leb pembuatan robot.dan sudah banyak lo orang yang lulus dari situ yang sukses.

  118. KOK yang terkenal pondoknya bukan kualitas para santrinya….?
    ikutin orang LDII dunk ulama x pada di tugasin sampai ke plosok.bahkan luar negeri. wlpn saya bukan orang LDII tapi saya salut.atas kualitas santrinya

  119. maaf gan. kyaknya judulnya kurang lengkap tuh, takut orang2 salah persepsi mendingan judulnya ditambahin “versi kaskuser”. soalnya klo begitu doang kriteria, dan datanya harus akurat dan sesuai. nanti ada yang ngebata lagih. just suggestion. hehehe.

    –> oh iyaa .. ide bagus. Saya tambahkan yaach

  120. Mmbanggakan pesantren tmpt ngaji itu bagus, yg lbh bagus gmn crnya agr qt bs d bnggakan oleh pesantren qt. Tp ingt qt ngaji bukan untuk mmbanggakan diri, dmnapun qt mondok kalo ga dpt hidayah Alloh hasilnya negatip.. Gak usah jor2an.. Yg pntng hati di tata

  121. Psantren sbgai pengajar p’jalanan h!dup..
    Al-itqon Qiroatussab’ah
    salafiyah
    cimerak
    pangandaran..ma’f cara tk bg!tu mgerti

  122. Assalamu’alaikum…

    Terimakasih banyak untuk artikel nya… Terlepas dari lengkap atau tidaknya, paling tidak sudah menambah wawasan saya untuk memilih sekolah bagi putra putri kami.

    Mdh mdh an anak anak kami menjadi anak anak sholeh/ sholehah, selalu berpegang pada Al Qur’an dan Hadits.
    Santun dalam bertutur kata, menghargai sesama dan selalu menjaga tali silaturahmi dengan sesama muslim/ muslimah.

    Jangan sampai anak anak kami termasuk dalam golongan yang menyombongkan diri.
    Karena dilihat dari sudut manapun, tidak ada manusia yang sempurna..

  123. salam’alaik..
    rasanya ketinggalan jaman, saya baru tahu kalo ada info tentang 10 pesantren terbaik. saya yakin pesantren yang sudah di sebutkan adalah pesantren yang memang terpilih dan juga hebat, saya belum pernah nyantri tapi, saya sering kali mendengar saat orang- orang membicarakan tentang pondok pesantren mereka mengenal, pondok pesantren LIrboyo, terkenal dengn kitab kuningnya. jadi saya penasara, mungkin tahun depan bisa masuk nominasi he he

  124. Hati-hati juga takut kalau salah masuk ponpes yang kiai nya mengajarkan kesyirikan pakai jimat,mantera2,dan bersekutu dengan jin……..mengajarkan ajaran sesat/menyimpang dari Al-Qur,an dan sunnah yang Sohih dan dari salafaus sholih dulu…..ada juga ponpes yang kiainya cabul nauzubillah…………..yang jelas kita harus teliti.

    –> ada juga yang teroris.. ustadz-nya mengajarkan kekerasan pakai senjata,dan bersekutu dengan bom. Mengajarkan ajaran sesat/menyimpang dari Al-Qur,an dan sunnah yang Sohih dan dari salafaus sholih dulu. Yang ustadznya cabul juga ada.. ngecer istri di mana-mana. Benar mas.. kita harus teliti.

  125. ass.wr.wb..untuk pnulis blog ini, sya harap sbelum membuat sebuah cerita, sbaiknya dengan dasar bukti yg kongkrit, dn pinta pertimbangan kepada beberapa pihak sebelum dipublikan. semua pondok adalah baik, yg tidak baik dimana pemingpin pondok hanya bisa mengajarkan membaca dan menulis. wass

    –> www. mohon masukan pertimbangan anda.

    • alamat pon-pes Daar El-
      Qolam adalah di Desa
      Gintung kec. jayanti kab.
      Tangerang ( keluar pintu tol
      balaraja barat lalu belok kiri
      arah ke serang dari situ 12
      km) klo Ponpes Latansa di
      Desa Bujal/Gajrug – Lebak-
      rangkas bitung (perbatasan
      kab.rangkas bitung lebak
      dengan jasingan bogor.)
      salam hangat.. saya alumni darqo 2. angkatan ke 4.

  126. Saya hanya menambahkan sedikit link tentang pesantren sirojuth tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan Jawa Tengah.. silahkan dibuka di link berikut : sirojuththolibin.net Saya adalah alumni Pesantren tersebut juga alumni Pesantren MUS-YQ Kudus yang sdh disebutkan dalam forum ini.. saya sekarang sebagai dosen Pendidikan Bahasa Arab UNNES Semarang Jawa Tengah.. dan saat ini sedang menempuh pembelajaran bahasa Mandarin di Huaqiao University Xiamen China. info di tulisan ini sangat bermanfaat dan akan lbh bermanfaat kalo terus kita tambah info tentang dunia pesantren di Indonesia dengan deskripsi singkat profil nya .. tentang mana yang terbaik biar pembaca yang menilai. karena sebuah penilaian pasti ada unsur subjektifitas…

  127. Assalamu’alaikum wr.wb
    ana punya kandidat yg cocok untuk ini.
    ada sebuah ponpes di parung bogor, lengkap’a di cise’eng, desa waru jaya RT 01 RW 01 NO 1, yg bernama Al-Ashriyyah Nurul Iman yg di pimpin oleh Al-alamah al-arif billah as-syeikh al-habib sagaf bin mahdi bin syeikh abu bakar bin salim (keturunan langsung syeikh Abu bakar bin Salim shohibul inat)
    pesantren beliau mendalami tafsir jalalain, dan lebih menekankan bahasa asing (terutama arabiah)
    dan pesantren ini gratis dri segala biaya

    bersambung…

  128. Lanjutan’a.
    dan di pesantren ini telah tercatan memiliki santri sekitar 17.000 orang.
    dan setiap tahun selalu bertambah.
    di pesantren ini tidak terlalu berfokus terhadap 1 mazhab…
    seluruh 4 mazhab di pakai oleh pesantren ini…
    dan ke unggulan di pesantren ini adalah ada universitas’a sendiri dan tanpa di pungun biaya sepeserpun (kecuali administrasi awal masuk pesantren tpi seterus’a gratis)
    bgian konsumsi para santri di beri makan 3x sehari…

    bersambung lagi…

    • Lanjutan’a lgi…
      kualitan ilmu di pesantren ini sudah tidak dapat diragukan lgi karna sudah banyak lulusan pesantren ini menjadi ulama besan atau orang sukses…
      bahkan pimpinan/pembina pesantren al-habib sagaf pernah berkata ” siapa yg lulus dari pesantren ini, di pasti akan menjadi ulama besar atau orang sukses, dan jika itu tidak terjadi maka kencingilah kuburan ku” ujarnya kepada santri”a.
      dan yg unik’a dri pesantren ini adalah pesantren ini memiliki industri sendiri…

      Bersambung lgi…

      • dan industri” pesantren ini adalah…
        1.pabrik roti
        2.pabrik minuman dalam kemasan yg bernama OINTIKA
        3.pabrik kecap
        4.pabrik tahu dan tempe
        5.pabrik pupuk kandang
        6.percetakan
        7.majalah
        dan yg menakjubkan’a di pesantren ini ada al-Qur’an terberat di dunia dan yg membuat’a adalah 9 ulama besar dan salah 1’a adalah pimpinan/pembina pesantren itu sendiri yaitu al-alamah al-arif billah as-syeikh al-habib sagaf bin mahdi bin syeikh abu bakar bin salim.

        dan saya adalah lulusan sana :-)
        wassalamu’alaikum wr. wb.

      • mas rizqi abizar,,,saya bisa minta no hp ny?mau tanya2 ponpes yang mas maksud,,,
        oya untuk tmn2 ada yang th gk ponpes gratis?maklum materi kelas bawah

  129. banyak pesantren dijawa yang tidak kalah bagus jangan mengklasifikasikan ngawur, tambak beras jombang,lirboyo kediri,sarang rembang,itu juga pesantren2 tua

  130. Waduh…ini dialog pada ngunggul ngunggulin ,pesantren,,,,,,,mau moderen mau apa aja,,,yang penting ,gk kluar aturan agama aja,,,,,,sya juga,,di tasikmalaya,jabar bnyak pesantren yang besar gak di unggul unggulin,,malahan,,juara juara salapiyah,,ada di sini,,,sperti,,alpiyah,,kan dari sini juara nasionalnya,,,dan juara dunia qiroqtil quran,kan dari tasik……

  131. ass.wmt wbt.,
    Terimakasih saudara penulis, walaupun ada banyak kritikan dan usulan di sini tapi saya rasa senarai yang diberi beserta dengan tautan web pesantren berkenaan adalah sudah cukup baik bagi saya memulakan pencarian pesantren bagi anak perempuan saya. JazakAllah

  132. Assalamu’alaikum… Maaf yang ada di forum ini … saya santri langitan dengan alamat Pondok dsa Widang Kec. Widang Kab, Tuban . biarpun pesantren berbeda kultur budaya dan bentuk pengajaran namun tetaplah satu bahwa yang terpenting ajaran itu benar sesuai dengan sunaturrosul. Baik yang ada di lirboyo, ploso, mambausholihin gresik, atau gontor yang modern itu semua tidak lepas dari bentuk kultur kebutuhan masyarakat akan ajaran islami .. dan dari semua ma;had itu para pendirinya dulu pernah nyantri di pesantren langitan. semoga barokah ..amin

    • Assalamu,alaikum… Saya dari Malaysia berumur 17tahun.. Apa bisa kalau saya mahu belajar di pesantren Indonesia? Syarat2nya apa ya? Mohon penjelasannya.. Apa saya masih bisa mendapat pekerjaan yang bagus? Saya benar2 ingin tahu…

      –> wa’alaikum salam wrwb. coba tanya langsung ke pesantren yang diminati.

  133. assalamu’alaikum.menurut saya baik sekolah umum atau ponpes sama2 punya nilai lebih dan kurang, kembali ke pribadi masing2 yang menjalani. yang terpenting adalah mereka harus punya akhlak dan amanah yang baik…jika ini bisa.Insya Allah akan baik semuanya. begitu juga dengan pengamalan terhadap yang menghafalkan Al-quran.
    untuk itu ada yang ingin saya tanyakan mengenai ponpes tsb terutama yang berada di kota malang atau surabaya, karena sy berniat menyekolahkan anak saya selepas lulu SD ini.mohon informasi jga bagaimana dengan Rumah Tahfidz yang berada di malang dan ponpes yang ada kurikulum umum dan agama serta melihat dari fasilitas dan kualitas serta biaya, bukan berdasarkan brosur tapi juga output siswanya selepas dari sana.terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s