Gus Dur: Astaghfirullah Rabbal Baraya

Aku memohon ampun Ya Allah, Maha Penerima Taubat,

Aku memohon ampun Ya Allah daripada segala dosa,

Tambahkan kepadaku ilmu yang berguna,
Berikanlah aku amalan yang dimakbulkan,
Kurniakan kepadaku rezeki yg meluas,
Terimalah taubat kami dgn taubat nasuha…

.

Ngawiti ingsun nglarasa syi’iran
Kelawan muji maring pengeran
Kang paring rohmat lan kenikmatan
Rino wengine tanpo petungan 2X

aku mulai, merapalkan syair
…dengan memuji, kepada tuhan
yang telah memberikan rahmat dan kenikmatan
…siang dan malam, tanpa hitungan (2x)

Duh bolo konco priyo wanito
Ojo mung ngaji syare’at bloko
Gur pinter ndongeng nulis lan moco
Tembe mburine bakal sangsoro 2X

wahai teman-teman; pria, wanita
jangan hanya mengkaji syariat saja
hanya bisa mendongeng, menulis, dan membaca
pada akhirnya, akan sengsara (2x)

Akeh kang apal Qur’an haditse
Seneng ngafirke marang liyane
Kafire dewe dak digatekke
Yen isih kotor ati akale 2X

banyak yang hafal qur’an-hadits nya
suka mengkafirkan kepada lainnya
kafirnya diri sendiri tidak diperhatikan
kalau masih kotor hati dan akalnya (2x)

Gampang kabujuk nafsu angkoro
Ing pepaese gebyare ndunyo
Iri lan meri sugihe tonggo
Mulo atine peteng lan nistho 2X

mudah terbujuk nafsu angkara
dalam perhiasan gebyarnya dunia
iri dan dengki atas kekayaan tetangga
karena itulah hatinya gelap dan nista (2x

Ayo sedulur jo nglaleake
Wajibe ngaji sak pranatane
Nggo ngandelake iman tauhite
Baguse sangu mulyo matine 2X

mari saudara, jangan lupakan
kewajiban mengkaji di semua runtutannya
untuk menebalkan iman tauhidnya
bagusnya pesangon, mulya matinya (2x)

Kang aran soleh bagus atine
Kerono mapan seri ngelmune
Laku thoriqot lan ma’rifate
Ugo hakekot manjing rasane 2 X

yang disebut shaleh, bagus hatinya
karena telah mapan, ilmu sirri-nya (ilmu rahasia ketuhanan)
lelaku tarekat dan ma’rifatnya
juga hakekat telah merasuk rasanya (2x)

Alquran qodim wahyu minulyo
Tanpo ditulis biso diwoco
Iku wejangan guru waskito
Den tancepake ing jero dodo 2X

al-qur’an qadim, wahyu yang mulia
tanpa ditulis bisa dibaca
itu wejangan guru yang waskita (ma’rifat)
ditancapkan di dalam dada (2x)

Kumantil ati lan pikiran
Mrasuk ing badan kabeh jeroan
Mu’jizat rosul dadi pedoman
Minongko dalan manjing iman 2 X

menempel, hati dan pikiran
merasuk di badan, semua jeroan (badan bagian dalam)
mukjizat rasul menjadi pedoman
menjadi jalan masuknya iman (2x)

Kelawan Alloh kang moho suci
Kudu rangkulan rino lan wengi
Ditirakati diriyadohi
Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X

terhadap Allah yang maha suci
harus berangkulan siang dan malam
ditirakati, diriyadhahi (bersusah-payah)
dzikir dan suluk (jalan menuju tuhan) jangan sampai terlupa (2x)

Uripe ayem rumongso aman
Dununge roso tondo yen iman
Sabar narimo najan pas pasan
Kabeh tinakdir saking pengeran 2X

hidupnya tenang, merasa aman
adanya rasa (aman), tanda kalau beriman
sabar, menerima, walaupun pas-pasan
semua itu ditakdirkan oleh tuhan (2x)

Kang anglakoni sakabehane
Allah kang ngangkat drajate
Senajan ashor toto dhohire
Ananging mulyo maqom drajate 2X

mari laksanakan, semuanya
Allah yang akan mengangkat derajatnya
meskipun terlihat rendah tata lahirnya
tapi (sebenarnya) mulia kedudukan derajatnya (2x)

Lamun prasto ing pungkasane
Ora kesasar roh lan sukmane
Den gadang Allah swargo manggone
Utuh mayite ugo ulese 2X

apabila meninggal, nanti diakhirnya
tidak kesasar roh dan sukmanya
di gadhang (sukai-angkat) oleh Allah, surgalah tempatnya
tetap utuh mayitnya, juga kafannya (2x)

.

Shalawat Badar

Artikel ada di sini.

.

Syair Al I’tiraf dilantunkan oleh KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

.

14 thoughts on “Gus Dur: Astaghfirullah Rabbal Baraya

  1. Saya suka semuanya ‘ terima kasih kepada sahabat yang telah menghimpun dan memuat di situs semoga dapat amalan baiknya yang setimpal akan seperti sungai yang mengalir terus menerus

    –> amien amien amien. terima kasih doanya. semoga demikian juga dengan anda. amien.

  2. semoga akhi diberikan Amal baik dalam menyiarkan ajaran agama ini, terima kasih atas kumpulan video gus durnya… matur nuwun mas…

    –> amien.. terima kasih doanya. Semoga demikian juga dengan anda. amien.

  3. Ngomong-ngomong, terkait penghinaannya terhadap Al-quran, apakah si buta Gus Dur yang tengah membusuk ini sempat tobat sebelum mampus?

    –> Omongan/komentar seseorang menunjukkan derajatnya. Ingat .. jari telunjuk hanya satu yang menuding sasaran. Jari-jari yg lain menunjuk dirinya sendiri.

    mohon maaf kl tak berkenan.

    • Ibnu Lahm, nama anda secara harfiyah adalah anak seonggok daging. Saya nggak tahu anda ini anak daging yang mana. melihat komentar anda, ada kemungkinan anda adalah anak daging yang busuk, sebusuk ucapan anda. Anda mgkn mewakili org awam yg kuper dan tidak tahu persoalan. Selain hy apa yg anda dengar dan anda lihat lewat media, atau org2 anda sendiri.

    • Istighfar Lahm…Semoga suatu saat Allah SWT berkenan mempertemukan ana dg antum & menelankan ludah antum yg busuk itu sekaligus menyucikannya sehingga antum insyaf lebih nista mempunyai hati buta…..

  4. Buat Admin, jawablah berdasarkan rumusanmu bahwa omongan seseorang menunjukkan derajatnya. Bagaimana menurutmu derajat Gus Dur yang ngomong bahwa Al-Quran buku paling porno sedunia? Ayo jawab! Jangan asal membela si Buta yang hidupnya banyak menyakiti hati umat Islam itu.

    –> saya tak begitu mengikuti beritanya. Ada beritanya.. ada bantahannya. Jadi tak bisa dijadikan pegangan. Kl hadits .. dlaif.

    Menurut saya .. kok kelihatannya anda benci sekali. Jangan begitu mas lah.. Lamaran anda ditolak po bgmana toohh mas?

  5. @Admin. Aneh. Ente tinggal di bumi mana, kok nggak tahu menahu ketika si buta gemuk buruk itu bikin heboh. Jelaslah aku benci sekali dan jijik pada kyai kesayanganmu itu. Cobalah pikir yg jernih. Bagaimana bila bini atau anak perempuanmu yg kau sayangi dituding sebagai pelacur? Marahkah kau, atau memuji dan menyanjung orang yg menuduh itu? Apalagi Al-Quran yg dihina. Tahukah kau hal itu bikin sakit hati orang yang beriman? Paham? Alhamdulillah, Allah sudah memberikanku rejeki yang berlimpah. Tak ada niatku untuk melamar pekerjaan.

    –> Jangan gitu lahh mas .. nanti kl keadaan membalik, sampeyan malu sendiri lhoo. Ingat yachh .. benci = benar-benar cinta. jijik = jinak-jinak kucing.

  6. @Michael. Nama anda sendiri seperti nama seorang kafir. Pengen tahu, anda beragama Islam atau kafir Kristen? Buat Admin, apakah orang (yang dicurigai) kafir boleh berkomentar juga di sini?

    –> boleh. Lahm itu nama Jerman.

  7. to Ibnu Lahm..

    berdosa atau tidaknya seseorang, itu adalah urusan seseorang itu dengan Tuhannya..
    bukan hak seorang Ibnu Lahm memutuskan dia ke surga atau ke neraka.

    lagipula, kalau memang seseorang telah “salah”, bukankah kewajiban kita sebatas menasehati sesuai kemampuan??
    ajaran mana sih yg menggunakan caci maki untuk menyadarkan orang?? ajaran mazhab anda mengajarkan “caci maki” begitu ya??

    • @Wawan. Ente tampaknya lebih suka menggunakan kata Tuhan daripada ALLAH ya.

      Kamu benar, hanya Allah yang berhak menentukan surga dan neraka seseorang. Dan Allah sudah memberitahukan kita tentang hak-NYA ini di dalam Al-Quran: bahwa setiap orang yang memperolok-olok Allah, Rasul, agama Islam dan Al-Quran, maka ia KAFIR setelah imannya. Dan di Al-Quran pulalah Allah telah memberitahukan kita bahwa setiap KAFIR akan kekal di neraka.

      Mazhab saya menyuruh saya mencintai Islam dan membelanya dari orang-orang yang merongrong dan mencacinya.
      Lalu apa mazhabnya si kiai buta kesayanganmu itu yang mencaci Al-Quran? Ayo jawab!

      Kamu sendiri, wahai Wawan si kurang ilmu, apakah mazhab anda menyuruh anda membela para pencaci Islam?
      Apakah mazhab anda juga yang menyuruh umat Islam (baca: pasukan Banser NU) menjaga keselamatan para kafir penyembah salib di malam Natal? Tampaknya anda dan mazhab anda tidak bisa membedakan mana musuh mana kawan.

  8. sayir: “mudah terbujuk nafsu angkara, dalam perhiasan gebyarnya dunia..”

    => Hehehe… gitu ya Mbah DUR, ente mengunjungi 90 NEGARA hanya dalam setahun masa pemerintahan ente. Oh ya, ente bawa ke mana bantuan Sultan Brunei yang milyaran itu?

    syair: “suka mengkafirkan kepada lainnya, kafirnya diri sendiri tidak diperhatikan..”

    => Ngaca, DUR! Ente nggak sadar akan kekafiran ente sendiri akibat hinaan ente bahwa Al-Quran buku paling porno sedunia!

    syair: “apabila meninggal, nanti diakhirnya. tidak kesasar roh dan sukmanya. di gadhang (sukai-angkat) oleh Allah, surgalah tempatnya. tetap utuh mayitnya, juga kafannya”

    => Denger-denger, kuburan ente ambruk, DUR. Kecian..

    • Dul…Dul… memaknai arti sebuah gaya bahasa/majas saja antum ga paham, gimana bisa selantang itu bunyinya ,,,sekedar saran buat antum…ngaji & belajar dulu yg bener baru nanti mata & pikiran antum bisa melihat suatu hakikat yg tersirat daripada sekedar kulit pembungkusnya….hehehe

  9. becik ke titik olo ketoro (yang baik akan kelihatan pada akhirnya, dan yang jelek juga demikian) alhamdulillah setelah gus dur wafat, mulai pemakammnya sampai sekarang, detik ini ribuan muslimim muslimat yang menziarahi dan mendoakan beliau, tidak hanya itu dari saudara-saudara yang non muslimpun turut menghadiri……setelah satu tahun pemekaman, makam beliau diperbaiki, alhamdulillah jasad dan kafan beliau masih utuh seperti sediakala waktu dimakamkan pertama kali….allhummagfirlahu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s