Potret Galaksi Terjauh dan Tertua

Kamis, 14 Feb 2008,
Potret Galaksi Terjauh dan Tertua

Sumber:http://jawapos.com/

Teleskop Hubble Tangkap Jejak Alam Semesta saat Berusia 700 Juta Tahun
WASHINGTON – Teleskop Hubble dan Spitzer yang dipasang di luar angkasa terus mengeksplorasi jagat raya. Kemarin (13/2) kedua teleskop yang juga berfungsi sebagai kamera tersebut berhasil merekam galaksi tertua dan terjauh di alam semesta.

Galaksi yang diperkirakan berjarak 13 miliar tahun cahaya dari bumi itu diberi nama A1689-zD1. Para ilmuwan meramalkan bahwa galaksi tersebut terbentuk saat alam semesta baru berusia sekitar 700 juta tahun. Bentuknya jauh berbeda dengan Galaksi Bimasakti karena termasuk di antara formasi yang kali pertama terbentuk di alam semesta ini.

“Ukurannya lebih kecil dan tipis. Galaksi itu memiliki dua pusat dan memiliki formasi bintang-bintang yang lebih ekstrem,” jelas Holland Ford, profesor astronomi dari Johns Hopkins University, AS.

Untuk melihat objek sejauh itu, para astronom menggunakan metode yang disebut lensa galaksi. Metode tersebut mengandalkan sekelompok galaksi yang letaknya lebih dekat dengan Bumi untuk digunakan sebagai lensa tambahan dan berfungsi memperkuat daya pandang teleskop Hubble maupun Spitzer.

Gaya gravitasi yang kuat di sekitar kluster galaksi akan membelokkan cahaya yang datang dari belakangnya sehingga menimbulkan efek pembesaran jika objek yang jaraknya sangat jauh itu dilihat dari Bumi. “Dalam pengamatan kali ini, galaksi tertua tersebut dapat terlihat sepuluh kali lebih terang karena efek itu. Jutaan objek yang terletak di belakang kluster terlihat ratusan kali lebih tajam,” sambungnya.

Meski hanya dalam gambar hitam putih dan buram, jelas Ford, rekaman tersebut merupakan foto paling jelas untuk melihat objek dengan jarak sejauh itu. Dengan teleskop lebih canggih, termasuk Hubble generasi baru -yang rencananya diluncurkan pada 2013-objek-objek seperti itu akan menarik untuk dipelajari. “Ada sejumlah karakteristik tertentu pada galaksi ini. Di masa depan, sepertinya, susunan galaksi ini akan terbentuk seperti Bimasakti,” tegas Ford

Kluster A1689-zD1 itu kekuningan dengan sejumlah cahaya ungu dan putih yang berpendar mengelilinginya. Formasi galaksi baru tersebut ditemukan di sekitar formasi bintang yang lebih dulu terpetakan dan dinamakan Abell 1689.

Estimasi jarak A1689-zD1 tersebut juga didasarkan pada Abell 1689 yang berlokasi di titik dua miliar tahun cahaya dari Bumi. Gambar hasil proyeksi Hubble dan Spitzer saling mengover untuk menghasilkan sudut pandang yang lebih detail. “Akhirnya, hasil gambar Hubble ini dapat menembus lokasi yang tak terjangkau kinerja teleskop mana pun di muka bumi,” sambung Rychard Bouwens dari University California yang tergabung dalam tim peneliti tersebut.

A1689-zD1 itu diperkirakan terbentuk di era “masa kegelapan”, yaitu masa di antara terbentuknya galaksi awal setelah Big Bang (ledakan besar) terjadi. Para ahli Astronomi percaya bahwa A1689-zD1 termasuk di antara sekian galaksi yang berperan untuk mengakhiri “masa kegelapan” tersebut.

Para ahli astronomi kini mempersiapkan materi penemuan baru itu untuk diperdalam dalam penelitian lanjutan setelah teleskop generasi terbaru penerus Hubble bernama James Webb Space Telescope (JWST) diluncurkan pada 2013. Selain JWST, saat ini para ilmuwan dunia sedang merancang radio teleskop Atacama Large Millimeter Array (ALMA) yang segera dituntaskan pada 2012. “ALMA dan JWST akan menjadi kombinasi yang sangat sempurna dalam usaha memahami alam semesta ini secara utuh,” tulis mereka dalam sebuah jurnal ilmiah. (AP/Physorg/zul/ruk)

19 thoughts on “Potret Galaksi Terjauh dan Tertua

  1. saya sangat tertarik dengan apa yang anda tahu tentang galaksi.
    saya ingin bertanya, apakah ada kehidupan di galaksi lain tersebut?

    –> Yang jelas .. Allah Maha Pencipta berhak untuk menciptakan makhluk (hidup) – Nya di mana saja. Namun manusia (kita) sampai saat ini belum mengetahui apakah ada kehidupan di sana atau tidak. Wallahu a’lam.

  2. pada saya kehidupan di luar sana memang ada, perasankah anda dengan kata2 berbunyi “TUHAN MAHA AGUNG YANG MENCIPTA ALAM SEMESTA DAN SEMUA MAKHLUK”…. itu sudah cukup memyakinkan saya bahawa bukan hanya kita dan alam kita yang kerdil ini sahaja di bawah kekuasaannya, tetapi “MAHA AGUNG” membawa maksud yang teramat luas dan besar akan kekuasaan dan kemampuannya… Cuma kita dibataskan untuk mengetahui kerana kita adalah manusia yang susah untuk dijangka hati dan keinginannya… mungkin jika manusia mampu melangkaui batasan itu akan terjadi sesuatu yang dahsyat.. mungkin cerita PERANG GALAKSI (STAR WARS) yang hanya selama ini sekadar angan manusia akan menjadi sesuatu yang nyata.. sesungguhnya tuhan itu MAHA MENGETAHUI akan buruk dan baik sesuatu…

    • saya malah merasa yakin kalau yang berdiam di alam semesta ini bukan cuma kita (manusia), tetapi ada makhluk lain selain manusia yang hidup di seluruh pelosok penjuru alam semesta.

  3. demikianlah Allah SWT yang maha gagah hendak mempertontonkan maha karya-Nya, supaya tertutup pintu bagi manusia untuk bersifat sombong.

  4. Itu baru dimensi alam materi, belum lagi dimensi lain yang masih belum terlihat dengan indra kita

  5. i love ALLAH AZZA WAJALLAH…yg MAHA GAGAH PERKASA….SANG pencipta MAHA karya…..di pertontonkanx….segala MAHA karyax yg super sempurna….agar kita ….tak sombong dan angkuh….karena kita hanyalah setitik debu….di padang pasir jagat raya ini…..yg MAHA luas

  6. Aku tertarik sekali dgn artikel ini,
    apa benar ga laksi tertua& terjauh ini memang benar keberadanya?

  7. saya semakin yakin kalau di galaksi lain ada mahluk lain yang hidup seperti kita.. wallahu a’lam..
    saya smakin tertarik mempelajari tentang dunia galaksi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s