PT DI Rakit Pesawat Eurocopter

Sebenarnya bangsa kita itu tak bodoh. PT DI dulu mampu membuat berbagai pesawat (termasuk CN 250) yg laku keras. Diakui mutunya oleh negara2 lain. Dan itu asli dibuat oleh anak-anak bangsa sendiri. Perusahaan ini sempat oleng terkena badai krisis ekonomi (98). Sempat PHK besar2an, namun untung tak dijual sama bu Mega. Waktu itu (bahkan mungkin sampai kini), Singapore telah mengincarnya.

PTDI adalah termasuk salah satu pabrik pembuat (bagian2) komponen pesawat komersial (Boeing ? .. lupa). Kini perusahaan ini bangkit pelan-pelan. Kepercayaan yg telah diberikan semoga tak sia-sia. Amien.

Sebenarnya kita mampu, sebagaimana bangsa lain mampu.

PT DI Rakit Pesawat Eurocopter
Senin, 20 Oktober 2008 – 18:21 wib

A Nabhani – Okezone

JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mendapatkan pesanan perakitan pesawat helikopter super puma jenis MK II dari Eurocopter dengan nilai perjanjian kerja sama senilai USD42 juta.

Perjanjian kerja sama ini difokuskan pada perakitan buntut dan body pesawat yang nantinya akan dipasarkan di luar negeri. “Kerja sama ini merupakan peluang bagi PT DI untuk ekspansi usahanya di bidang helikopter dan memenuhi permintaan pasar dunia. Jenis super puma sendiri adalah produksi dalam negeri yang paling laris di luar negeri,” kata Direktur Aerostructure Budiman Saleh, kepada wartawan, di Gedung BUMN, Jakarta, Senin (21/10/2008).

Kerangka kerja sama ini juga akan dilakukan dalam bentuk pelatihan di antara kedua belah pihak dalam jangka waktu tiga tahun meliputi penempatan tim Eurocopter di Bandung sebagai tehnical assistant serta pertukaran pengetahuan dan teknologi. Rencananya kerja sama ini akan dimulai pada tahun 2011.

Sementara itu, Dirut PT DI Budi Santoso mengatakan, kerja sama ini sebagai bukti bahwa pihak luar sudah mempercayai kemampuan PT DI sebagai mitra penting yang dibutuhkan dalam industri komponen pesawat terbang.

Di tempat yang sama, Deputi Perdagangan Industri Strategis (Piset) BUMN Sahalal Lumban Gaul menuturkan, kerjasama ini bisa lebih luas bukan saja pada bidang perakitan helikopter tetapi jenis pesawat lainnya dan PT DI diharapkan bisa memenuhi seluruh kebutuhan dunia dan masuk dalam jaringan internasional.

“Untuk itu kita akan support dan akan mengawasi kerjasama ini dengan harapan PT DI mampu memenuhi pesanan dari waktu yang ditentukan,” ungkapnya.

Dirinya juga meminta agar PT DI bisa mengembangkan usahanya melalui kerjasama dengan swasta untuk permodalannya dan tidak mengharapkan suntikan dana dari pemerintah. (ade)

.

Sumber: http://economy.okezone.com/

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s