Kesalahan Pemahaman Mengenai Konsep Ibadah

Kesalahan Pemahaman Mengenai Konsep Ibadah

Banyak kaum Muslim yang memahami makna ibadah hanya sebagai ibadah mahdah saja. Sehingga merasa dirinya telah menjadi Muslim yang paripurna jika telah menjalani rukun Islam yang lima saja. Atau merasa telah sempurna ke-Islaman-nya dengan cukup hanya berdzikir di masjid-masjid saja.

Padahal disekitarnya masih banyak masyarakat miskin, bodoh, terdzolimi, bodoh, danbahkan dirinya bagian dari hal tersebut karenatidakmau berusaha memperbaiki dirinya sendiri.

Sesungguhnya konsep Islam tentang ibadah meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, baik itu perkara dunia maupun perkara ukhrawi. Konsep ibadah dalam islam meliputi ibadah mahdoh dan ghairu mahdoh (ibadah khusus dan umum). Setiap perbuatan baik/mulia yang ditujukan untuk menggapai ridho Allah adalah ibadah.

Dalil-dalil yang menjadi dasar :

v Adz Zariyat : 56 à manusia dan jin diciptakan hanya untuk beribadah.

v Hud : 61 à Manusia diciptakan untuk memakmurkan bumi

v Al Mulk : 15 & An Nahl : 20 à Alam ini diciptakan untuk manusia dan Allah menyeru untuk menelusurinya dan memakan rizki dari bumi.

v Al Baqoroh : 30 & As Shad : 26 à Allah menjadikan manusiauntuk menjadi khalifah di muka bumi.

Tentang apa itu ibadah mahdoh (ibadah khusus) dan ghoiru mahdah (disebut juga ibadah umum), apa saja liputannya, lihat di artikel sebelum ini.

Ibadah khusus ialah semua amalan yang tercantum dalam bab al-Ibadaat yang utamanya ialah sembahyang, puasa, zakat dan haji. Ibadah Umum pula ialah segala amalan dan segala perbuatan manusia serta gerak-gerik dalam kegiatan hidup mereka, terutama dalam hubungannya dengan masyarakat.

Baca selanjutnya di sini.

Sumber dari: http://isparmo.blogspot.com/

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s